15 Tempat Wisata di Tuban Jawa Timur Paling Menarik

15 Tempat Wisata di Tuban Jawa Timur Paling Menarik - Tuban merupakan salah satu kabupaten di Jawa Timur. Selain terkenal sebagai Bumi Wali, kota Tuban juga dikenal sebagai kota Seribu Goa karena letaknya yang berada pada deretan pegunungan Kapur Utara. Jadi banyak sekali tempat wisata Tuban meliputi wisata alam, religi, budaya, goa, pantai, keluarga dan lainnya. Jika anda berencana wisata ke Tuban, berikut 15 tempat wisata di Tuban yang menarik untuk dikunjungi.

1. Pantai Boom
Pantai Boom
Pantai Boom
Dulu Pantai Boom adalah bekas pelabuhan kuno pada masa Majapahit. Untuk mencapai pantai Boom ini sangat mudah karena terletak di sebelah utara alun-alun kota Tuban. Berbagai fasilitas juga sudah disediakan bagi para pengunjung. Tidak jauh dari pintu gerbang masuk ada air tawar yang mengalir terus-menerus. Konon katanya sumur tua ini adalah bekas peninggalan Belanda namun ada juga yang mengatakan peninggalan wali. Di kawasan pantai juga terdapat gazebo untuk bersantai sambil menikmati pemandangan sunrise atau sunset.

2. Pantai Sowan
Pantai Sowan
Pantai Sowan
Pantai Sowan terkenal dngan pemandangannya yang indah dan eksotis, dikelola oleh KPH Perhutani Tuban. Lokasinya berada di tepian jalan pantura, Dsn. Sowan, Ds. Bogorejo, Kec. Banjar. Tempat wisata ini dikenal dengan sebutan ‘Wana Wisata Sowan’. Di tepi pantai terdapat kawasan hutan yang ditumbuhi berbagai pepohonan dan luasnya sekitar 32 hektar. Pohon - pohon tersebut diantaranya seperti pohon klampis, trembesi, dan mahoni. Banyaknya pohon di kawasan wisata ini membuat suasana pantai terasa lebih sejuk dan cocok untuk tempat bersantai.

3. Pantai Cemara dan Wisata Mangrove
Pantai Cemara
Pantai Cemara
Seperti namanya, pantai yang tepiannya ditumbuhi pohon cemara yang rindang dan berjajar rapi memberikan pesona dan daya tarik tersendiri bagi para pengunjungnya. Disini Anda bisa menikmati indahnya pemandangan pantai. Selain itu terdapat juga Mangrove Center yang tengah dikelola oleh Bpk Ali Mansur.

Untuk mengunjungi lokasi wisata ini Anda dibebaskan dari biaya tiket masuk, namun akan dikenakan biaya penggunaan air bersih dan listrik saja. Tersedia berbagai failitas di sini seperti gazebo dan pondok yang dapat digunakan untuk pertemuan atau bersantai. Pantai Cemara relatif dangkal, ombaknya pun juga tidak begitu besar, sehingga aman untuk bermain air di area pantai. Anda juga bisa berkemah disini. Benar-benar tempat wisata yang asyik untuk menghabiskan waktu liburan Anda.

4. Pantai Remen
Pantai Remen
Pantai Remen
Banyak pantai di kab. Tuban yang menjadi destinasi menarik untuk dikunjungi. Salah satunya adalah Pantai Remen yang terletak di Ds. Remen, Kec. Jenu. Pantai ini menyuguhkan pemandangan pantai yang begitu menakjubkan dengan warna pasirnya yang putih cerah dan bersih. Disini Anda juga akan menemukan sebuah danau besar dengan pohon cemara laut yang tumbuh berderet seakan menyambut setiap kedatangan pengunjung.

Pantai yang pasir putih ini ternyata masih baru. Resmi dibuka pada tanggal 22 Pebruari 2015, dikelola oleh pemerintah Ds. Remen. Banyak sekali tenda-tenda para pedagang yang berjejer di sekitar pantai, meski terlihat sederhana namun tetap menyenangkan dan nyaman karena tempatnya tertata rapi dan bersih sebab pantai ini sangat menjaga kebersihannya, terbukti dengan disiapkannya sejumlah tong sampah disepanjang pantai. Jadi kalau mampir kesini jangan dikotori yaa..

5. Pantai Kelapa
Pantai Kelapa
Pantai Kelapa
Pantai Kelapa terletak di Panyuran, yakni sebelah timur kota Tuban. Di sini Anda bisa melihat rimbunnya berbagai macam bentuk pohon kelapa yang unik, karena pohon kelapa di sini tidak hanya berdiri tegak tetapi ada juga yang tumbuh landai dan melengkung. Bahkan pengunjung bisa duduk atau berdiri diatas pohon kelapa yang melingkung tersebut. Suasana di tempat ini sangat sejuk ditambah pemandangannya yang sangat indah pula. Seringkali tempat ini dijadikan untuk berkemah dan pelatihan segenap institusi di kota ini. Di sini Anda juga akan menjumpai penduduk lokal yang bekerja sebagai nelayan dengan berbagai aktifitasnya. Pantai Kelapa sangatlah indah dan masih sangat alami. Tak heran lokasi pantai ini sering dijadikan tempat untuk berkemah.

6. Goa Ngerong
Goa ngerong
Goa Ngerong
Letak Goa Ngerong persis berada di kaki bukit pegunungan Kapur, lebih tepatnya di Ds. Rengel, Kec. Rengel, Tuban. Akses menuju lokasi Goa ngerong tidaklah sulit, kurang lebih sekitar 30 menit dari pusat kota Tuban diakses menggunakan transportasi umum. Di dalam goa terdapat sungai yang didalamnya ada ribuan ikan. Pengunjung bisa melihat-lihat ikan-ikan yang berenang kesana kemari dan memberikan makan ikan-ikan dengan biji kapuk.

Layaknya sebuah magnet, tempat wisata yang satu ini memiliki daya tarik yang luar biasa. Selimut misteri di sekelilingnya menarik banyak orang ingin datang serta berpetualang menyusuri lorong-lorong panjang dan gelap ditemani kelelawar yang bergelantungan di dindingnya.

7. Goa Akbar
Goa Akbar
Goa Akbar
Goa Akbar merupakan Goa indah yang masih alami dengan beberapa sentuhan di dalamnya seperti  ikan-ikan mas dan kolam air tawar yang terpelihara dengan baik. Di depan Goa tumbuh sebuah pohon yang namanya pohon Akbar, sehubungan dengan itu sehingga goa ini diberi nama Goa Akbar. Goa Akbar adalah salah satu tempat wisata Tuban yang paling ramai dikunjungi. Lokasinya berada di atas bukit yang sulit dijangkau, berlokasi tepat di bawah pasar rakyat.

Masyarakat sekitar percaya bahwa dibeberapa ruang dalam goa digunakan sebagai tempat bertapanya Sunan Kalijogo dan juga Sunan Bonang. Disisi lainnya terdapat sebuah ruangan yang dapat digunakan pengunjung untuk ibadah sholat. Bagian ini adalah lantai dasar goa yang dilapisi keramik putih dan hitam yang maksudnya sebagai penanda barisan sholat.

Terdapat pula sebuah ruangan yang cukup luas, yang diberi nama Paseban Wali, dulunya dipercaya bahwa pernah digunakan para walisongo untuk berkumpul serta menyampaikan ajaran agama Islam. Stalaktit dan stalagmit seakan yang menjadi hiasan ruanganseakan menambah indah tampilan dalam goa. Ditambah dengan adanya beberapa batu besar yang ada di bagian depan ruang, seakan menjadi podium bagi pembicara.

8. Goa Kancing
Goa Kancing
Goa Kancing
Tak seperti goa pada umumnya, Goa Kancing ini punya ciri khas berupa lubang yang mirip seperti sumur dengan kedalaman sekitar 4 - 5 meter. Keunikan dari Goa Kancing juga terdapat pada dua tebing batu yang berada tepat diatas mulut gua. Bagi anda pecinta selfie atau hunting foto, goa di Tuban yang satu ini bisa menjadi tempat yang cocok.

9. Air Terjun Nglirip
Air Terjun Nglirip
Air Terjun Nglirip
Air terjun ini berlokasi di dusun Jojogan, Desa Mulyo Agung, Kecamatan Singgahan, Tuban. Berjarak sekitar 37 km dari pusat kota Tuban. Air terjun Nglirip merupakan salah satu destinasi populer di Tuban. Pemandangan alam pegunungan dan air sungai biru tosca semakin menambah keindahan dari air terjun Nglirip.

10. Air Terjun Lembah Bongok
Air Terjun Lembah Bongok
Air Terjun Lembah Bongok
Keberadaan air terjun Lembah Bongok memang belum banyak diketahui wisatawan, namun keindahannya tidak kalah dari wisata alam Tuban lainnya. Suasana di air terjun Lembah Bongok masih alami. Disini Anda bisa menikmati sensasi mandi dibawah aliran air terjun atau juga bisa panjat tebing untuk foto diatas air terjun. Jika Anda ingin berkunjung ke air terjun ini datang saja ke Desa Jetak, Kecamatan Montong, Kabupaten Tuban.

11. Pemandian Bektiharjo Tuban
Pemandian Bektiharjo Tuban
Pemandian Bektiharjo Tuban
Pemandian Bektiharjo di Tuban ini selain menjadi obyek wisata juga berfungsi sebagai sumber air minum. Tempat ini cocok untuk rekreasi bersama keluarga. Lokasinya berada di desa Bektiharjo, kecamatan Semanding, kabupaten Tuban. Akses menuju pemandian ini tidak sulit karena bisa menggunakan transportasi umum. Hal menarik di pemandian Bektiharjo salah satunya adalah adanya kera-kera yang ada di sekitar kolam. Namun Anda jangan khawatir dengan kera disini, karena mereka jinak.

12. Pemandian Air Panas Prataan
Pemandian Air Panas Prataan
Pemandian Air Panas Prataan
Konon sumber air panas alami di Tuban yang satu ini bisa menyembuhkan berbagai penyakit seperti gatal dan lainnya. Selain menikmati pemandian air panas yang suhunya mencapai 56 derajat Celsius, disini juga disuguhkan pemandangan hutan yang alami.

Tak hanya pemandian saja yang bisa dinikmati, di area belakang Pemandian Air Panas Prataan terdapat kebun binatang mini dan kawasan untuk kemah. Pemandian Air Panas Prataan terletak di Desa Wuker Harjo, Kecamatan Parengan Kabupaten Tuban.

13. Museum Kambang Putih
Museum Kambang Putih
Museum Kambang Putih
Museum Kambang Putih banyak menyimpan warisan budaya seperti benda yang ditemukan di Kabupaten Bojonegoro seperti koleksi wayang kulit dan wayang golek yang menegaskan keragaman suku dan agama masyarakat Tuban, koleksi uang pertama Indonesia, alat musik tradisional. koleksi fosil maupun benda-benda purbakala dan lainnya. Museum ini satu-satunya museum yang ada di kota Tuban. Museum Kambang Putih beralamat di Jln. Kartini, No. 03, Tuban, Jawa Timur.

14. Kwan Sing Bio
Kwan Sing Bio
Kwan Sing Bio
Klenteng Kwan Sing Bio merupakan tempat ibadah Tri Dharma yang megah dan menjadi salah satu ikon Tuban. Saat Imlek tiba, Klenteng ini akan banyak dikunjungi karena akan ada berbagai pertunjukan seperti barongsai, pertunjukan wayang titi, pesta kembang api hingga atraksi kung fu dan lainnya. Klenteng beralamat di Jl. Raya R.E. Martadinata, Tuban.

15. Makam Sunan Bonang
Terkenal dengan julukan Kota Wali, tentunya ke Tuban anda bisa berziarah ke makam salah satu Wali Songo yaitu Sunan Bonang. Makam Sunan Bonang di Tuban ini ada di Desa Bonang.

Posting Komentar untuk "15 Tempat Wisata di Tuban Jawa Timur Paling Menarik"