10 Tempat Wisata di Bandung Paling Menarik

10 Tempat Wisata di Bandung dan Sekitarnya yang Menarik - Bandung merupakan destinasi wisata akhir pekan yang favorit bagi warga Jakarta dan sekitarnya. Untuk bisa pergi ke kota Bandung ini, warga Jakarta cukup menggunakan jalan tol saja. 

Tentu dengan penggunaan jalan tol akan sangat mudah mengakses kota yang berada di daerah pegunungan ini. 

Bagi warga Jakarta yang mungkin tidak memiliki kendaraan untuk berwisata ke bandung, tidak perlu khawatir karena banyak sekali jasa travel yang menyediakan transportasi dari Jakarta ke Bandung.

Selain aksesnya yang mudah, Bandung juga mempunyai banyak tempat wisata menarik dan ramai dikunjungi wisatawan yang berdomisili di sekitar Bandung. 

10 Tempat Wisata di Bandung Paling Populer

Ingin tahu, apa saja tempat wisata di kota Bandung yang menarik dan wajib dikunjungi? Berikut ini adalah 10 tempat wisata di Bandung yang wajib dikunjungi untuk destinasi wisata Anda:

1. Kawah Putih Ciwidey

Kawah Putih Ciwidey
Kawah Putih Ciwidey
Kawah Putih ini terletak di Ciwidey, sekitar 50 KM di selatan Bandung, Wisata Kawah Putih Ciwidey merupakan salah satu objek wisata di Bandung yang paling populer, terutama bagi kalangan pecinta wisata alam. Sesuai dengan namanya, Kawah Putih Ciwidey adalah sebuah kawah vulkanik dengan tanah berwarna putih. Warna putih ini karena adanya kandungan belerang pada tanahnya. Keunikan utama dari kawab putih ini adalah warna airnya yang selalu berubah.

Baca juga: Wisata Alam Kawah Putih Ciwidey

2. Gunung Tangkuban Perahu

Gunung Tangkuban Perahu
Gunung Tangkuban Perahu
Gunung Tangkuban Perahu terletak sekitar 20 KM di utara kota Bandung yang merupakan gunung berapi yang ada di Lembang. Gunung Tangkuban Perahu memiliki keunikan tersendiri yaitu bentuknya yang menyerupai sebuah perahu terbalik, sesuai dengan legenda yang menceritakan bahwa Gunung Tangkuban Perahu berasal dari perahu yang ditendang oleh Sangkuriang hingga terbalik. Gunung Tangkuban Perahu adalah sebuah tempat wisata alam yang telah menjadi salah satu tempat wisata di Bandung yang paling terkenal.

Baca juga; 5 Tempat Wisata Alam di Bandung yang Menarik untuk Dikunjungi

3. Trans Studio Bandung

Trans Studio Bandung
Trans Studio Bandung
Trans Studio Bandung merupakan sebuah kawasan wisata rekreasi permainan yang lokasinya menyatu dengan Trans Studio Mall. Simpelnya Trans Studio Bandung adalah versi Dufan dalam ruangan. Trans Studio Bandung adalah salah satu kawasan wisata permainan dalam ruangan yang terbesar di dunia yang memiliki lebih dari 20 jenis permainan. Untuk harga tiket masuknya yaitu 150,000 Rupiah (Senin - Jumat), dan pada hari Sabtu dan Minggu harganya 250,000 Rupiah. Trans Studio Bandung yang selain menyatu dengan mall juga menyatu dengan 2 hotel kelas internasional, jadi Anda tidak perlu repot bila ingin menginap.

Baca juga: Wisata Bandung - Wahana Rekreasi Trans Studio Bandung

4. Curug Dago

Curug Dago
Curug Dago
Air terjun yang terletak di Kecamatan Coblong, Dago, Bandung ini juga salah satu wisata yang cukup digemari. Meskipun air terjun Curug Dago tidak terlalu tinggi, hanya sekitar 10 meter, namun air terjun tersembunyi ini terlihat sangat indah dan menarik. Curug Dago ini tidak terlalu terkenal di telinga para wisatawan, namun tak ada salahnya jika Anda mencoba datang ke Curug Dago.

5. Pasar Baru

Pasar Baru
Pasar Baru
Tempat wisata di Bandung yang lainnya yaitu Pasar Baru. Wisata ini sangat cocok bagi pecinta belanja murah meriah. Di Pasar Baru ini, Anda bisa menemukan berbagai jenis pakaian dan aksesoris dengan harga yang relatif lebih murah. Pasar Baru merupakan salah satu tempat wisata di Bandung yang paling disukai oleh wisatawan Malaysia. Tentu untuk mendapatkan barang dengan harga murah di Pasar Baru, Anda harus pandai-pandai menawar harga dengan sabar.

Baca juga: 10 Tempat Mall di Bandung Paling Terkenal

6. Observatorium Bosscha

Observatorium Bosscha
Observatorium Bosscha
Lokasi Observatorium Bosscha ada di Lembang, kurang lebih sekitar 15 KM di utara kota Bandung. Observatorium Bosscha ini adalah sebuah tempat untuk mengamati bintang. Bagi Anda yang dahulu pernah menonton film “Petualangan Sherina” maka Anda akan merasa familiar dengan tempat yang satu ini, karena Observatorium Bosscha juga merupakan salah satu lokasi untuk pengambilan gambar film tersebut. Jika Anda ingin berkunjung ke Observatorium Bosscha, Terlebih dahulu, Anda harus mendaftar jadi tidak bisa langsung datang dan masuk begitu saja.

7. Danau Situ Patenggang

Danau Situ Patenggang
Danau Situ Patenggang
Danau yang berlokasi tidak jauh sekitar 7 KM dari Kawah Putih Ciwidey, Bandung Selatan ini sangat ramai dikunjungi para wisatawan karena keindahan pemandangannya. Selain bisa menikmati pemandangan danau sambil berpiknik, Anda juga bisa bermain perahu air di Danau Situ Patenggang.

8. Kampung Gajah

Kampung Gajah
Kampung Gajah
Kampung Gajah terletak di Bandung utara dan merupakan sebuah kawasan wisata terpadu.Di Kampung Gajah ini, Anda dapat menemukan apapun jenis wisata yang diinginkan. Mulai dari wisata kuliner, wisata belanja hingga berbagai jenis permainan air dan darat. Tempat wisata Gajah Kampung adalah kawasan wisata bandung yang sangat cocok untuk keluarga.

Informasi terbarunya, kampung gajah sekarang sudah tutup.

9. Air Panas Ciater

Air Panas Ciater
Air Panas Ciater
Tempat wisata di Bandung yang paling ramai dikunjungi wisatawan salah satunya Air Panas Ciater. Selain berfungsi sebagai sarana rekreasi, Air Panas Ciater ini juga memiliki pengaruh untuk kesehatan Anda. Wisata air panas ini terletak sekitar 30 KM di utara kota Bandung. Sumber Air Panas Ciater ini berasal dari kawah aktif Gunung Tangkuban Perahu. Tentunya akan sangat cocok bagi Anda yang ingin beristirahat sejenak dengan berendam di air belerang Ciater ini.

Baca juga: 10 Tempat Wisata Anak di Bandung Paling Menarik

10. Kebun Binatang Bandung

Kebun Binatang Bandung
Kebun Binatang Bandung
Kebun Binatang yang berlokasi dekat dengan ITB mungkin bukan menjadi pilihan utama bagi wisatawan Jakarta karena di Jakarta pun sudah terdapat kebun binatang, Tapi jika Anda memiliki anak kecil tak ada salahnya untuk mencoba berkunjung ke Kebun Binatang Bandung. Biasanya anak-anak sangat suka melihat hewan. Selain sebagai salah satu tempat wisata di Bandung, kebun binatang ini juga memiliki fungsi untuk menambah pengetahuan tentang hewan. Untuk harga tiket masuk ke Kebun Binatang Bandung ini tidaklah mahal yaitu 20,000 Rupiah per orang.

Mau liburan di Bandung dari Jakarta? Anda bisa menggunakan layanan sewa bus Jakarta dari Lidya Trans Holiday yang paling banyak direkomendasikan. Dapat menyediakan semua jenis kendaraan, mulai dari kelas mobil keluarga, isuzu elf, toyota hiace sampai luxury bus pariwisata.