11 Pilihan Tempat Wisata di Purwokerto Paling Menarik

11 Pilihan Tempat Wisata di Purwokerto Paling Menarik - Apa sajakah tempat wisata yang ada di Purwokerto? Jika Anda pecinta wisata alam, kota ini juga menyediakan berbagai objek wisata yang tak kalah menariknya dengan kota lain. Purwokerto ini terletak di Provinsi Jawa Tengah tepatnya di Kabupaten Banyumas. Kota ini juga telah berkembang pesat menjadi sebuah pusat kepariwisataan yang ada di Jawa Tengah dengan menawarkan berbagai tempat wisata di Purwokerto yang menarik minat para pengunjung. Wisata alam Purwokerto sangat indah untuk dinikmati.

Karakteristik wisata alam di Banyumas tersebut meliputi keindahan alam hutan, air sungai yang jernih, hingga perkemahan (camping ground). Terdapat juga wisata kuliner Purwokerto yang perlu dicoba. Sangat disayangkan jika Anda hanya mampir saja di kota ini. Tak hanya wisata alam dan kulinernya tapi wisata sejarahnya pun juga dapat Anda temukan di kota ini. Terdapat sejumlah monumen dan museum yang menarik untuk Anda kunjungi.

Kota Purwokerto yang terletak di jalur selatan Jawa Tengah ini banyak dikenal dengan sejumlah sebutan. Di antaranya terkenal dengan sebutan kota wisata, kota kripik, kota pendidikan, kota transit hingga kota pensiunan. Purwokerto juga dikenal sebagai kota jenderal, hal ini karena banyak jenderal-jenderal di militer Indonesia yang dilahirkan dari kota ini.

Ada beragam objek wisata di Purwokerto yang menarik untuk dikunjungi. Sejumlah pilihan tempat wisata ini adalah bagian dari wisata alam Purwokerto. Di antaranya juga terdapat tempat belanja dan tempat kuliner di Purwokerto. Akan tetapi, yang paling menonjol terdapat pada wisata alam Purwokerto yang memang indah dan sangatlah sayang untuk dilewatkan.

1. Wisata Baturraden
Wisata Baturraden
Wisata Baturraden
Baturaden merupakan sebuah tempat wisata yang berada di lereng gunung Slamet. Untuk bisa mencapai lokasi ini dibutuhkan waktu sekitar 15 menit dari kota Purwokerto dengan menggunakan kendaraan. Di lokasi objek wisata yang letaknya 640 meter di atas permukaan laut ini, Anda bisa menikmati indahnya pemandangan dan merasakan suasana udara pegunungan yang sejuk.

Dari kawasan Baturaden, Anda juga bisa melihat pemandangan kota Purwokerto dari ketinggian. Tak hanya kota Purwokerto saja yang dapat Anda lihat, di kawasan wisata Baturaden ini Anda pun juga bisa melihat keindahan pemandangan jalan raya dan bangunan yang ada di Cilacap, serta bisa melihat pulau Nusa kambangan yang terkenal.

2. Telaga Sunyi di Purwokerto
Telaga Sunyi di Purwokerto
Telaga Sunyi di Purwokerto
Telaga Sunyi ini letaknya sekitar 3 km di sebelah Timur kawasan Baturaden. Di tempat ini Anda akan menemukan telaga yang indah dan air yang dingin. Pada waktu musim-musim tertentu, di Telaga Sunyi ini bisa Anda jumpai kupu-kupu dan capung dengan aneka warna beterbangan di sekitar telaga.

3. Pemandian Air Panas Pancuran 3 (Telu)
Pemandian Air Panas Pancuran Telu
Pemandian Air Panas Pancuran 3 (Telu)
Di obyek wisata Pancuran Telu, Anda bisa menjumpai pemandinan air panas yang mengandung belerang. Air panas di pancuran Telu ini juga berkhasiat untuk mengatasi berbagai penyakit kulit dan tulang.

4. Pemandian Air Panas Pancuran 7 (Pitu)
Pemandian Air Panas Pancuran Pitu
Pemandian Air Panas Pancuran 7 (Pitu)
Tempat wisata Pancuran Pitu terletak sekitar 2,5 km dari kawasan wisata Baturaden. Disini Anda akan disuguhkan dengan keindahan alam dan hutan yang di mana terdapat Pancuran Pitu sebagai tempat wisata husada. Pemandian air panas ini adalah salah satu tempat wisata di Purwokerto yang menarik minat para pengununjung.

5. Goa Sarabadak di Purwokerto
Goa Sarabadak di Purwokerto
Goa Sarabadak di Purwokerto
Anda bisa menikmati siraman air panas dan air dingin di Goa Sarabadak. Untuk bisa sampai ke goa ini, Anda dapat melakukan perjalanan kaki menyusuri jalan setapak. Terdapat ciri khas dari Goa Sarabadak ini yaitu memiliki bebatuan warna keemasan yang sungguh indah untuk dipandang.

6. Wana Wisata di Purwokerto
Wana Wisata di Purwokerto
Wana Wisata di Purwokerto
Wana Wisata berlokasi sekitar 2 km dari kawasan wisata Baturaden. Objek wisata ini terkenal akan keindahan alam hutan dan ditopang dengan tempat perkemahan yang mampu menampung 1000 tenda. Disini Anda juga menjumpai cagar alam dan pembibitan tanaman produksi, seperti pohon cemara, pinus, dan lain-lainnya.

7. Air Terjun Curug Cipendok di Purwokerto
Air Terjun Curug Cipendok di Purwokerto
Air Terjun Curug Cipendok di Purwokerto
Curug Cipendok ini berlokasi di desa Karang Tengah kecamatan Cilingok, yakni berjarak sekitar 25 km dari kota Purwokerto. Di Wisata alam Curug Cipendok Purwokerto ini menawarkan keindahan air terjun yang memiliki 92 meter serta dikelilingi pemandangan hutan yang menakjubkan.

8. Air Terjun Curug Gede Purwokerto
Air Terjun Curug Gede Purwokerto
Air Terjun Curug Gede Purwokerto
Letak Curug Gede ini berada di desa Wisata Ketenger, jaraknya sekitar 3 km dari kawasan wisata Baturaden. Di tempat wisata Curug Gede ini, Anda juga bisa menikmati air terjun dengan keindahan alam dan lempengan batu.

9. Air Terjun Curug Ceheng di Purwokerto
Air Terjun Curug Ceheng di Purwokerto
Air Terjun Curug Ceheng di Purwokerto
Di tempat wisata Curug Ceheng, Anda akan disuguhkan dengan keindahan air terjunnya, Anda juga dapat menemukan satwa lawa yang berterbangan di kawasan air terjun ini.

10. Pemandian Kalibacin di Purwokerto
Pemandian Kalibacin di Purwokerto
Pemandian Kalibacin di Purwokerto
Pemandian Kalibacin ini terletak di desa Tambak Negara kecamatan Rawalo, jaraknya sekitar 17 km dari Purwokerto. Tempat ini merupakan salah satu tempat wisata sejarah di Purwokerto karena memiliki peninggalan sejarah kerajaan Indonesia maupun Belanda dengan prasastinya. Pemandian Kalibacin terkenal dengan nama wisata Husada. Disini Anda bisa menikmati keindahan alam serta bisa menyembuhkan penyakit kulit dan tulang dengan mandi di sini.

11. Combong Valley di Purwokerto
Lokasi wisata di daerah Purwokerto yang satu ini sangat cocok bagi Anda yang suka kegiatan permainan outbound. Permainan paint ball nya akan semakin seru jika anda dan rombongan bermain di sini.