13 Daftar Tempat Wisata di Bogor yang Bagus

13 Daftar Tempat Wisata di Bogor yang Bagus - Bogor merupakan sebuah kota yang lokasinya berdekatan dengan Jakarta. Memiliki jarak sekitar 50 km dari Jakarta, Bogor juga sering kali dijadikan pilihan tempat wisata akhir pekan bagi penduduk Jakarta dan sekitarnya. Terdapat banyak tempat wisata di Bogor yang menarik untuk dikunjungi. Beberapa wisata tersebut di antaranya adalah tempat wisata keluarga, tempat wisata bermain anak-anak dan tempat wisata alam Bogor.

Tidak haya itu saja, tempat wisata yang ada di Bogor juga menawarkan sejumlah tempat-tempat kuliner Bogor yang tentunya enak dan favorit. Mengenai urusan lidah, memang Bogor merupakan salah satu tempat wisata kuliner yang terkenal. Ingin tahu apa saja tempat wisata di Bogor yang wajib dikunjungi? nah, Berikut ulasannya.

1. Kebun Raya Bogor
Kebun Raya Bogor
Kebun Raya Bogor
Kebun Raya Bogor ini adalah sebuah kebun botani yang memiliki luas lebih dari 85 hektar dan memiliki koleksi tumbuhan yang banyak yaitu lebih dari 15,000 tumbuhan. Tentu, Kebun Raya Bogor adalah tempat wisata di Bogor yang sangat cocok untuk berpiknik, sehingga tak heran jika pada waktu akhir pekan Kebun Raya Bogor ini banyak dipenuhi pengunjung. Untuk harga tiket masuk Kebun Raya Bogor adalah 14.000 Rupiah per tiap orang.

2. Danau Situ Gede
Danau Situ Gede
Danau Situ Gede
Danau Situ Gede merupakan sebuah danau yang luasnya sekitar 6 hektar dan dikelilingi oleh hutan. Tempat ini biasanya dijadikan tempat rekreasi sehari-hari warga Bogor. Aktifitas yang bisa Anda lakukan disini seperti memancing, menaiki perahu ke tengah danau dan jalan-jalan di hutan yang rimbun. Di hutan Danau Situ Gede akan ada banyak rusa sehingga Anda pun juga dapat bermain dengan rusa-rusa tersebut.

3. Taman Wisata Mekarsari
Taman Wisata Mekarsari
Taman Wisata Mekarsari
Taman Wisata Mekarsari ini adalah salah satu tempat wisata di Bogor yang terkenal, bahkan telah menjadi salah satu ikon untuk kota Bogor. Taman Wisata Mekarsari merupakan pilihan yang tepat bagi warga Jakarta dan sekitarnya untuk melepas rasa jenuh kerja sehari-hari. Tempat ini sempat ditutup selama beberapa bulan karena direnovasi, mamun saat ini Taman Wisata Mekarsari yang sudah dibuka kembali untuk umum dan menawarkan wisata taman buah dengan luas lahan 264 hektar serta berbagai macam fasilitas rekreasi yang tentunya menyenangkan untuk Anda maupun keluarga. Di Taman Wisata Mekarsari juga ada wahana water kingdom yaitu sebuah wahana wisata air terbesar di Asia.

4. The Jungle Water Park
The Jungle Water Park
The Jungle Water Park
Lokasi The Jungle Water Park berada di tengah sebuah perumahan yang bernama Bogor Nirwana Residence. The Jungle Water Park juga merupakan sebuah wahana wisata air yang sangat lengkap dan menyenangkan, terlebih bila Anda memiliki anak kecil. Tidak hanya itu, selain menawarkan wahana permainan air yang seru, The Jungle Water Park juga memiliki fasilitas sinema 4D, taman burung, dan akuarium raksasa. Untuk harga tiket The Jungle Water Park yaitu 80.000 Rupiah per orang.

5. Marcopolo Water Adventure
Marcopolo Water Adventure
Marcopolo Water Adventure
Lokasi Marcopolo Water Adventure ini ada di perumahan Bukit Cimanggu City yakni di Jalan KH. Soleh Iskandar No.1, Bogor. Marcopolo Water Adventure merupakan sebuah taman wisata permainan air. Fasilitas yang disedikan disini seperti permainan water boom, kolam renang anak, kolam renang bayi, kolam renang dewasa, kolam air panas, kolam arus dan lain-lainnya. Tidak hanya itu disini Anda juga bisa bermain flying fox, balon air, sepeda air, memancing dan lain-lainnya. Untuk masuk ke Marcopolo Water Adventure, Anda harus membayar tiket sebesar 55.000 Rupiah.

6. Taman Safari Cisarua
Taman Safari Cisarua
Taman Safari Cisarua
Taman Safari Cisarua merupakan salah satu tempat wisata di Bogor yang sangat ramai di kunjungi pada waktu akhir pekan. Lokasi Taman Safari Cisarua ini berada di kawasan wisata Puncak. Disini menawarkan pengalaman melihat dan berinteraksi dengan berbagai jenis hewan yang hidup pada habitat aslinya. Bila Anda ingin berkunjung ke Taman Safari Cisarua pada waktu akhir pekan, maka perlu diingat pada hari Sabtu, Minggu, dan hari libur nasional diberlakukan sistem satu arah yaitu satu arah naik pada waktu jam 9 pagi -jam 11.30 siang, dan satu arah turun pada jam 3 sore - jam 6 sore. Untuk harga tiket masuknya adalah 140.000 Rupiah per orang.

7. Kampung Budaya Sindangbarang
Kampung Budaya Sindangbarang
Kampung Budaya Sindangbarang
Kampung tertua di Bogor yang dipercaya sudah ada sejak zaman Kerajaan Sunda yakni pada abad ke 7 ini lokasinya ada di Desa Pasir Eurih, Kecamatan Tamansari yakni sekitar 5 km dari Bogor. Di kampung ini Anda bisa mempelajari kesenian Sunda, menikmati bekas peninggalan kerajaan Pajajaran, menikmati suasana desa yang tenang, dan lain-lainnya.

8. Air Panas Tirta Sanita Ciseeng
Air Panas Tirta Sanita Ciseeng
Air Panas Tirta Sanita Ciseeng
Air Panas Tirta Sanita Ciseeng merupakan salah satu tempat wisata di Bogor paling favorit bagi warga Bogor dan sekitarnya. Kegiatan yang dapat Anda lakukan di Tirta Sanita Ciseeng Bogor ini adalah berendam air panas belerang yang gunanya tidak hanya untuk melepas lelah, tapi juga berdampak baik untuk kesehatan. Selain dijadikan untuk tempat berendam air panas, di Tirta Sanita Ciseeng juga menyediakan fasilitas permainan yang bisa dimainkan oleh anak-anak dan orang dewasa. Harga tiket masuknya adalah 10.000 Rupiah per orang, Terkadang ada beberapa orang yang mencoba menjual tiket tidak resmi dengan harga 50.000 Rupiah atau bahkan lebih maka dari itu Anda harus berhati-hati.

9. Air Panas Ciparay
Air Panas Ciparay
Air Panas Ciparay
Berlokasi di desa Ciparay, Air Panas Ciparay merupakan tempat berendam air panas yang masih alami. Jika Anda datang memasuki area Air Panas Ciparay, maka Anda harus menuruni sektiar 400 anak tangga terlebih dahulu, tetapi tak perlu khawatir karena pemandangan dalam perjalanan tersebut sangat indah sehingga Anda tidak akan merasa begitu lelah. Harga tiket masuk ke kawasan Air Panas Ciparay yaitu 4.000 Rupiah per orang.

10. Museum Zoologi Bogor
Museum Zoologi Bogor
Museum Zoologi Bogor
Sesuai dengan namanya, Museum Zoologi Bogor ini adalah sebuah museum yang berada di Bogor dan memiliki koleksi berupa hewan. Koleksi hewan di Museum Zoologi Bogor tidak seperti pada Taman Safari Cisarua, koleksi hewan pada Museum Zoologi Bogor berupa koleksi hewan yang diawetkan dan juga fosil hewan. Museum ini terletak di dalam Kebun Raya Bogor. Tentu Museum Zoologi Bogor adalah tempat wisata edukasi yang bagus karena mempuyai puluhan ribu koleksi yang berbeda.

11. Warso Farm
Warso Farm
Warso Farm
Warso Farm atau biasa disebut dengan Kebun Durian dan Buah Naga Warso adalah sebuah tempat wisata di Bogor yang terletak di Desa Cihideung, yaitu sekitar 10 km jika dari pusat kota Bogor. Anda akan sangat mudah menemukan Warso Farm ini karena di pintu gerbang depannya ada replika buah durian dan buah naga yang sangat besar. Warso Farm memiliki luas lahan sekitar 8 hektar, tentunya Warso Farm adalah tempat wisata perkebunan yang wajib dikunjungi di Bogor.

12. Istana Bogor
Istana Bogor
Istana Bogor
Istana Bogor menjadi salah satu tempat wisata di Bogor yang cukup favorit karena mempunyai nilai sejarah dan bisa menambah pengetahuan umum bagi para wisatawan yang datang.

Lokasi Istana Bogor ini di Jln. Ir. H. Juanda No. 1 berdekatan dengan Kebun Raya Bogor. Di Istana Bogor akan ada banyak benda seni, baik yang berupa patung, lukisan, keramik dan benda seni lainnya. Kurang lebih ada 448 buah lukisan serta 216 buah patung yang ada di Istana Bogor ini. Pada masa penjajahan Belanda, awalnya istana ini bernama Istana Buitenzorg.

13. Batutulis
Batutulis
Batutulis
Wisata Batutulis adalah sebuah tempat wisata Bogor yang mempunyai prasasti, yang terkenal dengan nama Prasasti Batutulis. Prasasti Batutulis ini terletak di Jalan Batutulis No. 54, Kelurahan Batutulis, Kec. Bogor Selatan, Bogor. Dahulunya Batu prasasti ini adalah peninggalan dari Kerajaan Pajajaran yang dibuat pada masa pemerintahan Surawisesa yakni pada tahun 1521 – 1535, oleh salah satu putra dari Prabu Siliwangi. Anda akan melihat kalimat-kalimat yang ditulis batu tersebut menggunakan bahasa dan aksara Sunda Kuno.