Keindahan Pantai Siung Yogyakarta yang Memikat

Keindahan Pantai Siung Yogyakarta yang Memikat - Selain sebagai kota yang kaya dengan wisata budayanya, kota Yogyakarta juga memiliki banyak pantai indah yang tersembunyi, jadi sayang jika Anda melewatkan liburan Anda tanpa menikmati indahnya panorama Pantai Parangtritis yang sangat dikenal di kota Yogyakarta ini. Terdapat beberapa pantai menarik yang ada di daerah Gunung Kidul, salah satu diantaranya adalah Pantai Siung.

Pantai Siung lokasinya berada di Ds. Purwodadi, Kec. Tepus, Kab. Gunung Kidul, D.I.Y. yang lebih kurang berjarak sekitar 77 km dari kota Yogyakarta.

Akses Menuju Pantai Siung
Pantai Siung Yogyakarta
Pantai Siung Yogyakarta
Untuk bisa menuju lokasi Pantai Siung, alangkah baiknya Anda gunakan kendaraan pribadi atau dengan menyewa mobil, sebab tidak ada transportasi umum yang menuju ke lokasi Pantai Siung ini. Jalan menuju ke lokasi Pantai Siung ini sudah beraspal dan cukup baik, namun masih banyak tikungan dan tanjakan. Terdapat perbukitan kapur dan juga ladang palawija yang memenuhi sepanjang jalan menuju pantai, maka dari itu Anda harus menggunakan kendaraan yang kondisinya benar-benar baik.

Menuju ke Pantai Siung Anda bisa mengambil rute dari Yogyakarta, lalu mengambil jalur Wonosari, dilanjutkan menuju arah Tepus, kemudian Purwodadi dan Anda akan sampai di lokasi Pantai Siung. Waktu tempuh dari Yogyakarta untuk bisa mencapai lokasi pantai ini lebih kurang sekitar 2 jam.

Baca juga: 7 Tempat Wisata di Jogja yang Terkenal dan Populer

Tiket Masuk dan Fasilitas
Pantai Siung Yogyakarta yang Indah
Pantai Siung Yogyakarta yang Indah
Untuk bisa masuk ke kawasan Pantai Siung, Anda harus membayar biaya sebesar Rp 3 ribu dan biaya parkir untuk kendaraan bermotor sekitar Rp 2 ribu. Perlu diketahui, harga ini mungkin bisa berubah sewaktu-waktu tergantung dari kebijakan pengelola tempat wisata tersebut.

Fasilitas yang tersedia di pantai ini terbilang standar, seperti tempat parkir, toilet dan warung-warung yang menjual makanan dan minuman. Disini belum terdapat fasilitas penginapan. Jadi, bagi Anda yang ingin menginap, sebaiknya membawa sendiri tenda dan berkemah di camping ground yang tempatnya ada di balik tebing.

Baca juga: 6 Tempat Wisata Terkenal di Gunung Kidul Jogjakarta

Keistimewaan dari Pantai Siung
Pesona Pantai Siung Yogyakarta
Pesona Pantai Siung Yogyakarta
Salah satu pemandangan di Pantai Siung yang menonjol yaitu pemandangan batu-batu karang raksasa yang terbentang di timur dan barat pantai. Batu karang ini ternyata keberadaannya memiliki peranan penting sebagai asal mula penamaan pantai ini.

Bebatuan karang berukuran raksasa ini terletak agak menjorok ke laut, bila dilihat dari kejauhan bentuknya mirip seperti gigi kera atau Siung Wanara. Hal ini pernah diutarakan oleh seorang sesepuh bernama Wastoyo yang mendiami lokasi ini. Sehingga pantai ini kemudian disebut sebagai Pantai Siung.

Pada tahun 1989, batu karang berukuran raksasa ini juga berperan penting bagi para pendaki karena di tahun tersebut, pernah terdapat komunitas pecinta alam yang berasal dari Jepang dengan memanfaatkan karang-karang berukuran raksasa ini sebagai lokasi panjat tebing. Sekarang ini, pemerintah Yogyakarta berusaha untuk mengembangkan potensi wisata di Pantai Siung.

Di tahun 2005, pemerintah Yogyakarta meresmikan kawasan Pantai Siung ini sebagai lokasi khusus untuk panjat tebing. Masih di tahun yang sama, pantai Siung juga menjadi lokasi Asean Climbing Gathering yang diikuti oleh 250 partisipan dari 65 negara Eropa dan Asia.

Hingga sampai saat ini Pantai Siung telah memiliki 250 jalur pemanjatan dengan tingkat kesulitan yang berbeda-beda. Pantai ini bahkan mendapat sebutan sebagai The Best Rock Climbing Site in Yogyakarta. Hal ini tidak menutup kemungkinan jika ke depannya nanti jumlah jalur pemanjatan ini akan semakin terus bertambah.

Kegiatan yang Bisa Dilakukan di Pantai Siung
Keindahan Pantai Siung Yogyakarta
Keindahan Pantai Siung Yogyakarta
Banyak kegiatan yang bisa Anda lakukan di Pantai Siung ini. Memiliki tebing karang yang kokoh sangat tepat untuk menyalurkan hobi mendaki Anda. Dari bebatuan karang ini Anda juga bisa menikmati indahnya pemandangan laut lepas.

Bagi Anda yang ingin mendaki bersama teman dan memutuskan untuk menginap. Di sebelah timur pantai tersedia camping ground yang bisa Anda gunakan untuk mendirikan tenda. Sehingga Anda bisa berkemah sambil menikmati suasana Pantai Siung di malam hari dan akan lebih mengasikkan lagi jika sambil menyantap jagung bakar. Apabila cuaca sedang cerah Anda dapat tidur dengan beratapkan gemerlapnya bintang di langit.

Pengunjung bebas menggunakan Camping ground namun pihak pengelola tetap memberikan peraturan yang harus ditaati. Beberapa peraturan tersebut adalah tidak membuang sampah di sembarang tempat, tidak mecemari lingkungan, dan yang paling penting adalah menjaga serta tidak merusak habitat penyu. Untuk itu alangkah baiknya jika Anda membawa kantong plastik untuk membuang sampah dari rumah saat berkemah. Dengan begitu Anda ikut berpartisipasi menjaga kebersihan kawasan pantai Siung ini.

Baca juga: Pantai Parangtritis, Wisata Pantai di Jogja Paling Terkenal

Selain camping ground, terdapat juga rumah panggung letaknya tak jauh dari area camping ground. Rumah panggung tersebut biasanya digunakan sebagai base camp yang mampu menampung 10 - 15 orang. Dari sini Anda dapat menikmati eksotisme karang serta deburan ombak dengan jarak pandang lebih luas.

Apabila Anda ingin sensasi camping yang berada di atas karang, terdapat tebing karst yang kokoh berada di sisi barat pantai. Tepat berada diantara tebing tersebut terdapat tanah lapang yang cukup luas, tentunya bisa Anda gunakan sebagai lokasi mendirikan tenda. Nah, dari lokasi tinggi ini Anda dapat menikmati indahnya panorama Pantai Siung.

Jika Anda tidak begitu menyukai kegiatan ekstrim, Anda bisa menikmati indahnya pantai ini dengan cara menggelar tikar di atas hamparan pasrnya yang putih. Bercanda tawa bersama keluarga dan teman sambil menyantap bekal makanan dari rumah diiringi backsound deburan ombak. Saat pengunjung mulai sedikit, Anda dapat melihat gerombolan kera yang berekor panjang turun dari tebing menuju pantai.

Posting Komentar untuk "Keindahan Pantai Siung Yogyakarta yang Memikat"