Pesona Alami Wisata Air Terjun Maribaya Bandung

Pesona Alami Wisata Air Terjun Maribaya Bandung - Bandung yang terkenal dengan sebutan Paris Van Java Indonesia ini memang sering difungsikan sebagai destinasi wisata menarik bagi wisatawan dari Jakarta. Jarak yang lumayan dekat dari kota serta suhu yang lebih dingin menjadikan kota ini selalu dipenuhi para pengunjung terlebih saat liburan.

Bandung juga terkenal dengan obyek wisata Kawah Putih dan juga Trans Studio, tetapi tak hanya itu Bandung juga mempunyai beberapa obyek wisata alam lain yang sayang jika Anda lewatkan disaat akhir pekan. Salah satu dari beberapa wisata alam di Bandung tersebut yakni Taman Wisata Maribaya Bandung.

Lokasi Air Terjun Maribaya
Wisata Air Terjun Maribaya Bandung
Wisata Air Terjun Maribaya Bandung
Kawasan air terjun Maribaya ini adalah bagian dari Taman Hutan Raya Ir.H.Djuanda, berlokasi di Jl. Maribaya, Lembang, Bandung Barat, provinsi Jawa Barat. Lebih kurang 15 km dari pusat kota Bandung dan lebih kurang 5 km arah timur Lembang.

Baca juga: 10 Tempat Wisata di Bandung Paling Menarik

Akses ke Air Terjun Maribaya
Untuk menuju lokasi wisata air terjun ini bisa diakses dengan menggunakan transportasi umum. Anda harus menempuh jalur darat dengan menaiki angkot dari Lembang menuju ke Maribaya. Setelah lama menempuh perjalanan yang lebih kurang 5 km, selanjutnya Anda akan tiba di jembatan Maribaya.

Bagi Anda yang datang dari Jakarta menggunakan kendaraan pribadi bisa mengambil rute dari Cikampek–Cipularang keluar di Sadang. Lalu dari Sadang dilanjutkan ke Subang – Ciater – Lembang. Kondisi jalan menuju lokasi wisata ini sudah beraspal sehingga nyaman untuk dilewati kendaraaan.

Baca juga: 11 Daftar Tempat Wisata di Lembang yang Harus Dikunjungi

Tiket Masuk Maribaya
Agar dapat masuk ke lokasi tempat wisata ini, Anda harus membayar tarif tiket masuk 8 ribu Rupiah per orang. Bila Anda ingin mandi di pemandian air panas maka dikenakan biaya tersendiri sebesar Rp 5.500 untuk orang dewasa, dan Rp 2.500 Rupiah untuk anak-anak. Objek wisata Maribaya Bandung ini buka mulai jam 8 pagi hingga jam 4 sore.

Mitos dan Asal Mula Maribaya
Keindahan Air Terjun Maribaya Bandung
Keindahan Air Terjun Maribaya Bandung
Di kaki Gunung Masigit, terdapat sebuah perkampungan kecil yang dialiri oleh 2 sungai. Di perkampungan ini hiduplah seorang wanita yang mempunyai anak cantik dan anak tersebut namanya adalah Maribaya. Kecantikan Maribaya menjadi sumber kehebohan bagi kaum lelaki.

Karena kecantikan yang dimiliki puterinya, mereka takut akan terjadi malapetaka terhadap keluarganya. Oleh karenanya mereka memutuskan pergi bertapa ke Gunung Tangkuban Perahu untuk mencari wangsit.

Setelah kembali dari pertapaan dan mendapat wangsit tersebut, Ayah Maribaya yaitu Eyang Raksa Dinata menjalankan wangsit untuk menumpahkan bokor, kemudian muncullah sumber air panas yang memiliki kandungan belerang.

Pada tahun 1835, sumber air panas tersebut mulai dikembangkan oleh Eyang Raksa. Sehingga banyak pengunjung yang berdatangan ke sana untuk rekreasi atau untuk berobat. Eyang Raksa yang sebelumnya hanya ingin menghindari pertumpahan darah karena anaknya kini malah mendapatkan berkah berupa penghasilan dari pengunjung yang datang ke sumber air panas tersebut.

Kegiatan yang Bisa Dilakukan di Maribaya
Kegiatan Wisata di Air Terjun Maribaya Bandung
Kegiatan Wisata di Air Terjun Maribaya Bandung
Terdapat beberapa lokasi menarik di Maribaya yang bisa Anda kunjungi, seperti Air Terjun Maribaya yang masih sangat alami di tambah dengan hijaunya pepohonan yang menambah suasana lebih nyaman dan tenang saat Anda menghabiskan waktu di sini.

Baca juga: 5 Tempat Wisata Alam di Bandung yang Menarik untuk Dikunjungi

Warga sekitar juga menyebut air terjun ini dengan sebutan Curug Omas. Air terjun ini memiliki ketinggian lebih kurang sekitar 30 meter, terdapat dua jembatan di dekat air terjun ini yang akan memudahkan para pengunjung untuk menikmati pemandangan air terjun tanpa harus takut basah.

Selain bisa menikmati keindahan air terjun dari jembatan, Anda pun juga bisa menikmati keindahan air terjunnya dari jarak dekat sambil berfoto di atas bebatuan raksasa yang terdapat di bawah air terjun. Bila Anda ingin melakukan kegiatan ini jangan lupa membawa baju ganti karena sudah pasti nantinya Anda akan basah kuyub karena terkena percikan air yang deras.

Anda juga bisa menikmati keindahan air terjun dengan menggelar tikar di sekitar air terjun sembari menyantap bekal makanan bersama teman dan keluarga. Pastinya akan terasa menyenangkan bisa bersenda gurau bersama orang-orang terdekat sambil diiringi suara gemercik air, udara yang sejuk dan semilir angin. Disini juga ada para penjajak tikar bagi Anda yang memang tidak membawa persiapan piknik. Para penjajak tikar ini pun juga bisa Anda mintai bantuan untuk memesankan makanan di warung yang ada di sekitar kawasan air terjun.
Wisata Air Panas Maribaya Bandung
Wisata Air Panas Maribaya Bandung
Selain menikmati keindahan alam air terjun, disini Anda juga bisa berendam di dalam air panas Maribaya. Berendam di air panas ini dipercaya bisa menyembuhkan penyakit. Sambil berendam, Anda juga bisa menikmati ketan bakar dan jagung bakar yang lezat.

Bagi Anda yang suka jalan kaki sambil menikmati indahnya alam terbuka bisa mencoba kegiatan trekking di Taman Hutan Raya Djuanda. Saat trekking melalui taman ini, Anda bisa menjumpai gua Belanda dan gua Jepang. Bahkan bisa bebas keluar masuk gua ini. Jika Anda ingin masuk ke dalam gua jangan lupa untuk menyiapkan alat penerangan seperti senter.

Ini dikarenakan kondisi di dalam gua sangatlah gelap dan tidak ada penerangan sehingga Anda tidak mungkin dapat menyusuri gua ini. Apabila Anda tidak ingin repot membawa alat penerangan, di lokasi ini juga menyediakan tempat yang menyewakan lampu senter.

Jika Anda berkunjung ke Maribaya Bandung jangan lupa untuk menikmati juga kelezatan Bandrek haneut yakni minuman khas dari kota Bandung. Anda bisa membeli minuman ini di sejumlah warung yang ada di beberapa lokasi untuk tempat beristirahat. Selain bandrek, menu bala-bala juga menjadi makanan favorit para masyarakat Bandung.

Posting Komentar untuk "Pesona Alami Wisata Air Terjun Maribaya Bandung"