Green Canyon Pangandaran, Wisata Alam Menakjubkan di Jawa Barat

Green Canyon Pangandaran, Wisata Alam Menakjubkan di Jawa Barat - Tempat wisata Jawa Barat sangat identik dengan adventure park, mall dan pusat perbelanjaan. Siapa sangka kalau Jawa Barat juga mempunyai wisata alam yang begitu menakjubkan, salah satunya adalah Green Canyon.

Green Canyon atau yang lebih dikenal masyarakat sekitar sebagai Cukang Taneuh ini lokasinya berada di Ds. Kertayasa, Kec. Cijulang, Kab. Ciamis. Lebih kurang sekitar 31 km dari pusat Kota Pangandaran. Asal nama Green Canyon adalah nama dari seorang turis asal Perancis yang datang tahun 1993. Hal ini disebabkan air sungainya yang cukup jernih dan kehijauan ditambah lumut hijau yang berlimpah di sisi tebing sehingga membuatnya menjadi populer dengan nama Green Canyon.

Menurut penduduk lokal, makna Cukang Taneuh ini adalah jembatan tanah. Hal ini dikarenakan di atas jurang dan lembah Green Canyon terdapat sebuah jembatan yang terbuat dari tanah yang difungsikan oleh petani setempat untuk berangkat menuju ke kebun mereka.

Perjalanan ke Green Canyon
Wisata Green Canyon Pangandaran
Wisata Green Canyon Pangandaran
Apabila Anda yang tinggal di luar Jawa Barat, Anda bisa menggunakan transportasi udara maupun darat untuk menuju ke kota Bandung. Sesampainya di kota Bandung, Anda bisa mengambil jalur bus yang menuju ke arah Pangandaran. Sesampainya di Terminal Pangandaran, Anda bisa menggunakan jasa mini bus untuk sampai terminal Cijulang, yang kemudian dilanjutkan mengandarai ojek atau menyewa mobil.

Baca juga: 13 Tempat Wisata di Jawa Barat dan Sekitarnya

Untuk bisa mencapai Green Canyon dari dermaga Ciseureuh membutuhkan waktu perjalanan selama 30 hingga 45 menit dengan menggunakan perahu kayu modern atau sering disebut dengan "Ketinting". Harga tarif per orang untuk naik ketinting ini adalah Rp 75 ribu dengan kapasitas tampung maksimal 5 orang dan beroperasi mulai jam 7.30 - 16.00 WIB.

Ketinting ini nantinya akan membawa Anda menyusuri sungai. Di sepanjang perjalanan Anda akan disuguhi oleh pemandangan hijau pohon-pohon yang menjulang. Bila beruntung, Anda dapat melihat beberapa satwa di sekitar sungai. Anda pun juga bisa menikmati pemandangan air terjun yang turun dari sisi tebing.

Kegiatan yang bisa dilakukan di Green Canyon
Berenang di Green Canyon
Berenang di Green Canyon
Dengan segala keindahan yang ditawarkan oleh Green Canyon, Anda akan merasa takjub. Jadi jangan lupa untuk membawa kamera selama perjalanan menyusuri sungai. Abadikan momen dan objek-objek indah yang sayang untuk dilewatkan. Siapkan juga pembungkus kamera anti air karena nantinya di sini Anda akan banyak berinteraksi dengan air.

Selama menempuh perjalanan yang cukup panjang dalam ketinting, nantinya Anda akan menjumpai beragam arus sungai yang memang memungkinkan untuk digunakan berenang. Anda bisa berenang di air sungai yang sangat jernih sambil melihat ikan berenang.

Anda bisa berjalan menyusuri gua dengan melihat stalaktit dan stalagmit yang meneteskan air. Nikmati juga suara gemuruh air yang berjatuhan di tebing selama perjalanan di atas perahu.
Green Canyon di Pangandaran yang Indah
Kegiatan Seru Terjun ke Sungai dari Batu Setinggi 5 Meter
Bila Anda termasuk orang yang menyukai tantangan dan memacu andrenalin bisa mencoba terjun ke sungai dari batu setinggi 5 meter atau bisa juga mencoba atraksi panjat tebing. Tapi bagi Anda yang menyukai susana tenang, bersampan sambil memancing mungkin bisa menjadi pilihan yang menyenangkan.

Kegiatan favorit yang biasa dilakukan para wisatawan saat berkunjung ke Green Canyon salah satunya adalah Body Rafting. Untuk harga yang ditawarkan antara Rp 150 ribu sampai dengan Rp 250 ribu. Paket body rafting ini tak hanya menawarkan rafting saja tapi Anda juga dapat menikmati berenang di kejernihan air Green Canyon, melompat dari atas tebing berketinggian 9 meter serta trekking.

Baca juga: 5 Tempat Wisata di Pangandaran yang Terkenal

Tempat Makan di Green Canyon
Apabila bekal makanan yang Anda bawa dari rumah kurang cukup, satu-satunya lokasi yang menjual makanan di kawasan Green Canyon adalah di sekitar area parkir pintu masuk. Terdapat banyak rumah makan yang berjajar di sana, dengan menyediakan banyak menu makanan Sunda dan seafood. Ada juga penjual makanan gerobak, seperti bubur ayam, bakso dan lain-lain.

Tips berwisata ke Green Canyon
Wisata Alam Green Canyon
Wisata Alam Green Canyon
  • Jangan lupa membawa baju ganti, karena nantinya Anda juga akan banyak berinteraksi dengan air.
  • Membawa tas khusus anti air untuk menyimpan barang-barang elektronik Anda.
  • Ada baiknya gunakan alas kaki anti selip, sebab Anda akan sering berjalan dibebatuan yang licin. Anda bisa mencoba memakai sandal gunung supaya lebih nyaman.
  • Sebaiknya membawa bekal makanan dan minuman sendiri. Hal ini karena Anda hanya akan menjumpai penjual makanan di pintu masuk utama saja.
  • Dan yang paling penting adalah untuk Tidak Membuang Sampah Sembarangan! Alangkah baiknya jika Anda sedia kantong plastik sendiri khusus untuk membuang sampah. Jadi tempat wisata Green Canyon tetap terjaga keindahannya. Sungguh sayang bila Green Canyon yang terkenal akan kejernihan airnya menjadi tercemar disebabkan oleh tangan-tangan kita sendiri.

Harga Tiket Masuk dan Jam Operasional Wisata Green Canyon
  • Jam operasional objek wisata Green Canyon berlangsung mulai dari jam 7 pagi sampai jam 5 sore. Khusus hari Jumat, buka jam 1 siang, setelah shalat Jumat.
  • Harga tiket masuk Green Canyon berkisar Rp 150 ribu – Rp 250 ribu tergantung dari paket wisata yang Anda ambil.

Posting Komentar untuk "Green Canyon Pangandaran, Wisata Alam Menakjubkan di Jawa Barat"