5 Tempat Wisata Di Dieng - Wonosobo Paling Menawan

5 Tempat Wisata Di Dieng - Wonosobo Paling Menawan - Wisata Dieng merupakan salah satu pesona alam yang paling memikat di daerah Wonosobo, Jawa Tengah. Objek wisata ini terletak sekitar 30 km dari pusat kota Wonosobo yaitu berada di antara perbatasan Kabupaten Banjarnegara dan Kabupaten Wonosobo. Ya, tempat wisata Dieng disebut-sebut sebagai tempat persemayaman para dewa dewi.

Asal mula nama Dieng berasal dari bahasa Sansekerta, yaitu  "Di" ber artikan tempat yang tinggi dan "Hyang" ber artikan tempat para dewa dewi. Banyak masyarakat lokal menyebut tempat wisata paling terkenal di Wonosobo ini sebagai sebuah wilayah yang sangat indah dengan karakteristiknya bernuansa spritual masih kental.

Di kawasan wisata Dieng, ada banyak candi kunoyang berukuran kecil, semua candi tersebut terhampar di dataran tinggi gunung api tersebut. Jika Anda lihat candi-candi tersebut memiliki corak Hindu dan arsitektur yang unik dan indah.
Wisata Dataran Tinggi Dieng
Wisata Dataran Tinggi Dieng
Dataran tinggi Dieng berada di ketinggian 2.093 m dpl, sehingga membuat daerah disekitarnya memiliki udara yang sangat sejuk dengan diselimuti kabut tebal. Suhu rata-rata di disini bisa mencapai 15 hingga 20 derajat celcius. Dengan panorama yang indah dan menakjubkan inilah yang membuat kawasan Dataran Tinggi Dieng banyak diyakini sebagian kalangan sebagai tempat persemayaman para dewa dewi.

Pesona Objek Wisata Dataran Tinggi Dieng di Wonosobo
Dataran Tinggi Dieng mempunyai sejumlah pesona wisata yang begitu menawan, terdapat banyak objek menarik yang bisa dinikmati di sana. Tetapi, di antara semua objek yang menarik tersebut, berikut ini sejumlah landmark di kawasan wisata Dieng yang paling memikat dan patut Anda ketahui.

1. Candi di Dataran Tinggi Dieng
Candi Hindu di Dataran Tinggi Dieng
Candi Hindu di Dataran Tinggi Dieng
Di Dataran Tinggi Dieng, Anda akan menjumpai banyak candi-candi Hindu yang tersebar yang namanya disesuaikan dengan nama tokoh-tokoh dalam tokoh Mahabharata yang terkenal seperti Bima, Arjuna, Gatot Kaca, Srikandi, dan lain sebagainya.

Seni arsitektur candi ini mengadopsi bangunan candi yang ada di India. Terlihat dari arca-arca yang menghiasi sisi bangunan candi tersebut, di antaranya adalah Mahakala, Nandi Swara, Ganesa, Durga Mahesasura Mardini dan Agastya. Ada dua bangunan candi yang bisa dibandingkan yaitu Candi Arjuna yang mirip dengan Candi Bhintargaon di India dan Candi Semar yang mirip dengan Candi Parasurameswara di India dengan bentuk Mandapa.

2. Bukit Sikunir Dieng
Panorama Indah di Bukit Sikunir Dieng
Panorama Indah di Bukit Sikunir Dieng
Di bukit inilah Anda dapat menikmati keindahan sunrise (matahari terbit) yang paling memikat di kawasan wisata Dieng. Ketinggian Bukit Sikunir ini sekitar 2.200 m dpl, tepatnya terletak di arah selatan kawasan Dieng dan secara administratif berada di Desa Sembungan yakni sebuah desa yang berada di permukaan tertinggi di daerah Pulau Jawa.

Pesona warna orange dari matahari yang terbit di kawasan ini terlihat sangat indah. Dengan warna oranye yang seperti warna kunyit inilah yang membuat masyarakat lokal memberi nama bukit ini dengan sikunir diambil dari bahasa Jawa yaitu kunir, yang memiliki arti kunyit.

3. Telaga Warna Dieng
Wisata di Telaga Warna Dieng
Wisata di Telaga Warna Dieng
Di kawasan wisata Dieng, Anda akan menemukan sebuah telaga yang menyuguhkan keindahan fenomena alam, yaitu pergantian warna air dari telaga tersebut. Inilah Telaga Warna Dieng, salah satu landmark paling memikat yang bisa Anda temui di Kabupaten Wonosobo. Disini Anda bisa menyusuri tepian telaga, juga terdapat balkon kecil untuk tempat duduk bersantai sambil menikmati keindahan alam yang ada di Telaga Warna.

Jika Anda tertarik dan ingin melihat keindahan Telaga Warna Dieng secara penuh, Anda bisa mendaki ke puncak bukit yang memagari telaga tersebut. Dari ketinggian bukit itu, Anda akan menjumpai keindahan telaga dengan warna-warni yang sangat menawan hati, dengan kombinasi warna yang sungguh memikat.

Terkadang air di telaga ini berwarna hijau dan kuning atau berwarna warni seperti halnya pelangi. Kenapa bisa warna-warni? karena dalam air tersebut terdapat kandungan sulfur yang cukup tinggi sehingga ketika terkena sinar matahari, maka warna air telaga tampak berwarna warni. Anda juga menjumpai letupan air mendidih seperti yang ada di Kawah Putih Ciwidey Bandung di bagian tengah telaga Warna Dieng.

4. Telaga Cebong Dieng
Wisata di Telaga Cebong Dieng
Wisata di Telaga Cebong Dieng
Inilah telaga yang berada di atas awan, sebuah telaga yang tempatnya berada di ketinggian sekitar 2.300 m dpl. Telaga ini terletak di Desa Sembungan. Telaga Cebong adalah harmoni alam yang begitu indah yang bisa Anda temui di kawasan wisata Dieng di Wonosobo. Di kawasan telaga ini, Anda juga bisa berkemah.

Panorama warna langit yang biru yang dipadukan dengan hijaunya perbukitan yang memantul pada permukaan telaga yang jernih dan tenang membuat Anda akan merasakan keindahan alam yang sangat menawan dan udara sejuk pegunungan yang menyegarkan. Cara terbaik untuk merasakan pesona alam yang dimiliki telaga Cebong Dieng ini adalah menaiki perahu dan mengitari telaga ini. Pasti pengalaman yang mengesankan dan tidak terbayangkan bisa berperahu di atas gunung.

Air di telaga ini tidak bercampur dengan belerang, maka dari itu warna airnya jernih dan bersih. Mempumyai kedalaman hingga 2 – 4 meter, Disini Anda bahkan bisa memancing di Telaga Cebong ini. Umumnya, para penikmat perjalanan yang datang berwisata ke kawasan wisata Dieng terlebih dahulu menikmati sunrise di Bukit Sikunir Dieng sebelum datang ke Telaga Cebong.

5. Sumur Jalatunda
Wisata Sumur Jalatunda Dieng
Wisata Sumur Jalatunda Dieng
Sumur Jalatunda ini terletak di bagian barat kawasan wisata Dieng, tepatnya berlokasi di Desa Wisata Pekasiran, Sumur Jalatunda mempunyai beberapa versi cerita asal muasal sumur ini terjadi. Menurut penelitian ilmiah, sumur yang memiliki warna hijau pekat dengan ukuran diameter sekitar 90 meter ini adalah sebuah kepundan yang terbentuk akibat letusan gunung api pada jutaan tahun lalu. Ada juga mitos yang menyebutkan bahwa dahulu kala terdapat seorang putri cantik jelita yang gemar mengenakan pakaian serba putih, akan tetapi berperangai jahat. Putri cantik ini seringkali meminta tumbal kepada masyarakat sekitar untuk dikorbankan dan ditenggelamkan di sumur ini.

Untuk bisa sampai di sumur ini, Anda harus berjalan setapak melewati 257 anak tangga. Ketika sampai di anak tangga yang terakhir, Anda akan melihat tumpukan batu kerikil yang terhampar dan beralaskan karung beras. Menurut keyakinan masyarakat sekitar, mereka yang mampu melempar batu kerikil ini ke sumur sejauh jarak tertentu maka akan mendapatkan keberuntungan dan akan terkabul niat serta keinginannya. Keunikan dengan adanya batu kerikil inilah yang menambah daya tarik bagi para wisatawan untuk datang mengunjunginya.

Tapi, batu yang digunakan untuk melempar keberuntungan harus dibeli dari anak-anak Dieng di lokasi sumur ini, yakni batu kerikil beralas karung ala kadarnya yang terdapat di ujung anak tangga. Anda hanya cukup mengeluarkan biaya Rp 500 untuk membeli batu kerikil itu.

Transportasi Menuju ke Wisata Dieng
Cara terbaik untuk bisa sampai di kawasan wisata Dieng adalah perjalanan dari kota Wonosobo, Banjarnegara, atau dari Pekalongan. Apabila Anda ingin mengunjungi tempat wisata di Wonosobo paling terkenal ini, Anda bisa memilih beberapa rute transportasi di bawah ini yang sekiranya paling cocok untuk Anda.

Jogja – Wisata Dieng
  • Rute perjalanannya Jogja – Sleman – Tempel – Muntilan – Magelang – Wonosobo – Dieng
  • Jarak tempuh perjalanan sekitar 120 km dan waktu tempuh sekitar 3,5 jam.
Magelang – Wisata Dieng
  • Rute perjalanannya Magelang – Secang – Temanggung – Parakan – Kertek – Wonosobo – Dieng
  • Jarak tempuh perjalanan sekitar 65 km, dan waktu tempuh sekitar 2 jam.
Solo – Wisata Dieng
  • Rute perjalanannya Solo – Kartasura – Boyolali – Ampel – Salatiga – Bawen – Ambarawa – Secang – Temanggung – Parakan – Kertek – Wonosobo – Dieng
  • Jarak tempuh perjalanan sekitar 180 km, dan waktu tempuh sekitar 6 jam.
Semarang – Wisata Dieng
  • Rute perjalanannya Semarang -  Unggaran – Bawen – Ambarawa – Secang – Temanggung – Parakan – Kertek – Wonosobo – Dieng
  • Jarak tempuh perjalanan sekitar 120 km, dan waktu tempuh sekitar 3,5 jam.

Posting Komentar untuk "5 Tempat Wisata Di Dieng - Wonosobo Paling Menawan"