10 Tempat Wisata di Tangerang yang Paling Menarik

10 Tempat Wisata di Tangerang yang Paling Menarik - Tangerang adalah kota yang berada di sebelah barat kota Jakarta. Tangerang juga sering disebut sebagai kota yang menyangga Jakarta dengan pabrik-pabriknya, tapi sebenarnya cukup banyak tempat wisata di Tangerang dan sekitarnya yang menarik untuk dikunjungi. Penasaran. apa saja tempat wisata di Tangerang? Berikut pembahasannya.

1. Ocean Park Water Adventure
Ocean Park Water Adventure
Ocean Park Water Adventure
Ocean Park Water Adventure berada di Tangerang Selatan tepatnya di Kecamatan Serpong. Ocean Park Water Adventure merupakan wahana permainan air yang dibangun sejak tahun 2006. Tentunya Ocean Park Water Adventure sangat cocok untuk wisata keluarga dengan segala usia karena di sini selain tersedia kolam untuk orang dewasa, juga terdapat kolam untuk anak-anak.

2. Taman Buaya Tanjung Pasir
Taman Buaya Tanjung Pasir
Taman Buaya Tanjung Pasir
Taman yang berlokasi di Kecamatan Teluk Naga, Tangerang ini adalah sebuah penangkaran buaya yang sudah menjadi salah satu tempat wisata di Tangerang. Anda dapat menemukan lokasi tempat ini cukup mudah karena adanya sebuah patung buaya besar di tepi jalan. Taman ini dibuka sejak tahun 2002 dan kini Taman Buaya Tanjung Pasir telah memiliki lebih dari 500 ekor buaya. Selain bisa melihat buaya, Anda juga bisa membeli produk buaya seperti tas dan dompet yang terbuat dari kulit buaya, bahkan anda juga bisa membeli telur buaya.

3. Bendungan Pintu Air Sepuluh
Bendungan Pintu Air Sepuluh
Bendungan Pintu Air Sepuluh
Bendungan Pintu Air Sepuluh menjadi salah satu tempat wisata di Tangerang yang cukup menarik. Bendungan ini terlihat megah dan kokoh. Bendungan Pintu Air Sepuluh dibangun pada tahun 1927 dan merupakan salah satu peninggalan Belanda yang berada di Jl Sangego, Kec. Karawaci, Tangerang. Ya, sesuai dengan namanya, Bendungan Pintu Air Sepuluh mempunyai sepuluh buah pintu air yang membendung dan mengatur Sungai Cisadane dengan lebar pada masing-masing pintu adalah sepuluh meter. Pemandangan yang menarik dan suhu udaranya yang sejuk, membuat lokasi ini seringkali dijadikan tempat bermain anak-anak, tempat berkumpul, memancing, dan menghabiskan waktu.

4. Pulau Cangkir
Pulau Cangkir
Pulau Cangkir
Meskipun Pulau Cangkir kurang dikelola dengan baik akan tetapi pulau ini adalah salah satu tempat wisata di Tangerang yang menarik. Pulau Cangkir ini terletak di Kecamatan Kronjo dan memiliki luas sekitar 2,5 hektar. Pulau Cangkir merupakan gabungan dari wisata bahari, wisata sejarah dan wisata religi. Di Pulau ini terdapat sebuah makam dari Pangeran Jaga Lautan yang merupakan penyebar agama Islam di daerah ini. Biasanya tempat ini ramai dikunjungi pengunjung yang ingin berziarah ke makam tersebut.

5. Pantai Tanjung Pasir
Pantai Tanjung Pasir
Pantai Tanjung Pasir
Pantai Tanjung Pasir terletak sekitar 25 km di bagian utara Kota Tangerang. Pantai yang satu ini merupakan salah satu tempat wisata di Tangerang yang paling populer karena selain bisa menikmati suasana pantai, pengunjung juga bisa menyeberang ke Pulau Seribu menggunakan perahu kayu dan biayanya pun cukup murah. Di sini anda juga bisa melihat pemandangan nelayan yang mencari ikan di pantai.

6. Masjid Al-Adzom
Masjid Al-Adzom
Masjid Al-Adzom
Masjid Al-Adzom yang terletak di Jalan Satria Sudirman, Tangerang. Masjid Al-Adzom adalah masjid terbesar dan termegah di Kota Tangerang. Masjid ini dibangun di atas tanah seluas lebih dari 2 hektar dan mampu menampung lebih dari 15.000 orang. Hal yang unik dari Masjid ini adalah dari bentuk kubahnya yang terdiri dari 5 kubah yang bertumpuk dengan warna biru yang di mana 4 kubah sebagai penyangga, dan 1 kubahnya lagi sebagai kubah utama. Fasilitas yang tersedia di Masjid Al-Adzom adalah tempat sholat, tempat wudhu, ruang mihrab, ruang pengkajian, ruang persiapan, dan perpustakaan.

7. Situ Cipondoh
Situ Cipondoh
Situ Cipondoh
Situ Cipondoh yang berada di Tangerang yaitu tepatnya di Jalan Kyai Haji Hasyim Ashari merupakan sebuah tempat wisata di Tangerang yang berupa sebuah danau. Selain bisa menikmati pemandangan, di Situ Cipondoh, Anda juga dapat melakukan kegiatan memancing, bermain sepeda air, perahu, bermain miniatur kereta, bebek-bebekan dan flying fox. Tempat ini cocok sebagai tempat untuk berpiknik keluarga yang mempunyai anak kecil karena disini banyak pohon dan terdapat tempat bermain untuk anak-anak.

8. Marcopolo Water Adventure
Marcopolo Water Adventure
Marcopolo Water Adventure
Marcopolo Water Adventure adalah taman air yang menarik karena tempatnya yang berada di atas sebuah gedung. Marcopolo Water Adventure terletak di Tangerang, Komplek Great Western. Ada banyak jenis kolam yang ada di sini diantaranya kolam arus, kolam terapi, kolam air terjun, kolam dewasa, kolam anak, kolam pusaran air, kolam perosotan, dan lain-lainnya. Fasilitas pendukungnya adalah restoran berbentuk kapal, ruang ganti, ruang kesehatan, toilet, tempat penyimpanan barang, pelampung dan area parkir yang luas.

9. Masjid Pintu Seribu
Masjid Pintu Seribu
Masjid Pintu Seribu
Masjid Pintu Seribu, yang biasa dikenal dengan Masjid Agung Nurul Yaqin yakni sebuah Masjid yang berlokasi di Kampung Bayur Tangerang, dibangun di atas tanah denga luas lebih kurang 1 hektar. Masjid ini didirikan tahun 1978 oleh seseorang yang berketurunan Arab. Banyak sekali pintu yang dimiliki oleh Masjid ini, sehingga disebut Pintu Seribu atau Masjid Sewu. Di Masjid ini juga terdapat sebuah tasbih kayu yang ukurannya lumayan besar, tak heran bayak wisatawan yang mengunjungi Masjid ini karena desain bangunannya yang unik dan tasbih raksasanya. Wisatawan yang datang tak hanya dari dalam negeri saja, tapi juga dari luar negeri, seperti Malaysia dan Brunei.

10. Pantai Tanjung Kait
Pantai Tanjung Kait
Pantai Tanjung Kait
Pantai Tanjung Kait berlokasi sekitar 30 km di utara Tangerang. Yang unik dari Pantai Tanjung Kait adalah desa nelayannya yang menjorok ke laut dan dermaga bambunya. Adanya desa nelayan di Pantai Tanjung Kait, membuat Anda bisa mendapatkan pengalaman wisata kuliner hidangan laut yang murah. Anda bisa menikmati hidangan laut tersebut di rumah panggung yang ada di atas laut, sangat menarik bukan?. Selain itu Anda juga bisa menikmati indahnya pemandangan matahari terbenam, memancing dan menyeberang ke Pulau Untung Jawa. Dengan suasana tenang dan damai di desa nelayan, suara ombak, dan nikmatnya hidangan laut, Pantai Tanjung Kait merupakan tempat wisata menarik yang cocok untuk menenangkan pikiran.