13 Tempat Wisata Menarik di Jawa Barat dan Sekitarnya

13 Tempat Wisata Menarik di Jawa Barat dan Sekitarnya - Jawa Barat merupakan provinsi yang berada paling dekat dengan DKI Jakarta. Sering kali provinsi Jawa Barat menjadi tujuan liburan pada akhir pekan oleh penduduk DKI Jakarta karena lokasinya yang dekat dan mudah dicapai. Ada banyak tempat wisata unik dan menarik di Jawa Barat yang sayang jika Anda lewatkan. Untuk lebih jelasnya, yuk simak info tempat wisata di Jawa Barat berikut ini. Berikut adalah 13 daftar tempat wisata di Jawa Barat yang harus Anda kunjungi.

1.  Pantai Pangandaran
Pantai Pangandaran
Pantai Pangandaran
Pantai Pangandaran pernah dinobatkan pantai terbaik di Provinsi Jawa Barat. Keistimewaan dari Pantai Pangandaran adalah keindahan panorama sunrise dan sunset yang dapat Anda lihat dari pantai ini, pasir putihnya yang begitu halus, airnya juga sangat bersih dan jernih, ditambah sarana wisata yang lengkap. Pantai Pangandaran sangat terkena, tak heran jika pada saat liburan dan akhir pekan sering dipadati oleh wisatawan dari berbagai daerah, sehingga penginapan di Pantai Pangandaran terus penuh. bahkan tak sedikit pula pengunjung yang mendirikan tenda sendiri di pantai karena mereka tidak mendapatkan penginapan.

2. Curug Cikaso
Curug Cikaso
Curug Cikaso
Curug Cikaso merupakan sebuah air terjun besar dan indah yang ada di Sukabumi. Curug Cikaso mempunyai 3 air terjun yang berdampingan. Ketinggian air terjun ini mencapai 80 meter, lebar tebing 100 meter. Jika matahari bersinar terang, kemungkinan Anda bisa melihat pelangi kecil di lokasi air terjun ini. Lokasi air terjun Curug Cikaso cukup dekat dengan lokasi Pantai Ujung Genteng.

3. Taman Wisata Mekarsari
Taman Wisata Mekarsari
Taman Wisata Mekarsari
Taman Wisata Mekarsari merupakan salah satu pusat pelestarian terbesar di dunia yang melestarikan buah tropis, dengan luas 264 hektar. Selain digunakan sebagai tempat untuk penelitian dan juga budi daya bibit unggul, Taman Wisata Mekarsari juga merupakan tempat wisata Jawa Barat yang cocok untuk semua kalangan. Selain mempunyai berbagai koleksi tanaman yang lengkap, Taman Wisata Mekarsari juga bisa dijadikan sebagai sarana edukasi bagi anak-anak, wisata kebun sayur, wisata kebun buah, tempat piknik keluarga, dan juga acara perusahaan.

4. Taman Bunga Nusantara
Taman Bunga Nusantara
Taman Bunga Nusantara
Taman Bunga Nusantara adalah sebuah taman dengan ribuan jenis bunga seluas 23 hektar. Jarak taman bunga ini hanya sekitar 2 jam dari DKI Jakarta. Di sini terdapat juga fasilitas hiburan yang cocok untuk keluarga, antara lain wahana alam imajinasi, taman labirin, danau angsa, teater mini, air mancur musikal, taman mawar, karpet bunga, dan masih banyak lagi. Taman Bunga Nusantara juga mempunyai tempat piknik bagi Anda yang ingin berpiknik bersama keluarga, serta menara pandang untuk melihat keindahan Taman Bunga Nusantara secara keseluruhan.

5. Goa Buniayu
Goa Buniayu
Goa Buniayu
Goa Buniayu terdapat di Sukabumi, lebih kurang sekitar 5 jam dari DKI Jakarta. Walaupun kegiatan di Goa Buniayu belum terlalu populer, tapi bagi mereka yang gemar berpetualang, goa ini sangat cocok untuk salah satu tempat petualang selanjutnya. Di dalam goa, Anda akan melihat stalaktit dan stalakmit yang menawan, namun Anda harus menuruni goa vertikal dahulu. Di dalam goa juga terdapat hewan yang mungkin sulit Anda jumpai di permukaan bumi. Untuk menuntaskan tantangan ini, Anda harus mempersiapkan kondisi badan yang fit karena menelusuri sebuah goa adalah kegiatan yang begitu melelahkan, namun juga seru.

6. Pantai Pelabuhan Ratu
Pantai Pelabuhan Ratu
Pantai Pelabuhan Ratu
Pantai Pelabuhan Ratu memiliki karakteristik sangat populer, yakni ombak yang besar, cocok bagi Anda yang gemar dengan kegiatan selancar. Ombak di sini akan memberikan kepuasan pada Anda dalam berselancar. Pantai Pelabuhan Ratu berada di pesisir selatan Jawa Barat. Di sini juga tersedia fasilitas hotel, dari yang kelas atas hingga yang murah. Anda juga akan menemukan banyak restoran dengan hidangan laut di sepanjang Pantai Pelabuhan Ratu.

7. Green Canyon
Green Canyon
Green Canyon
Memiliki pepohonan yang sangat rindang, sungai yang jernih, tebing yang hijau, dan goa yang penuh dengan stalakmit dan stalaktit yang unik, Green Canyon merupakan tempat wisata di Jawa Barat yang paling populer. Green Canyon dapat Anda nikmati keindahannya dengan berbagai cara, Anda bisa menggunakan perahu kayuh, atau dengan perahu tempel. Untuk dapat mencapai lokasi Green Canyon memang membutuhkan waktu yang cukup lama, lebih kurang sekitar 9 jam perjalanan dari DKI Jakarta, namun semua jerih Anda akan terbayarkan setelah sampai di lokasi wisata dan menikmati keindahan Green Canyon yang luar biasa.

8. Arung Jeram Sungai Citarik
Arung Jeram Sungai Citarik
Arung Jeram Sungai Citarik
Sungai Citarik berlokasi di Sukabumi dan merupakan sungai yang paling populer karena cocok untuk kegiatan arung jeram. Sungai Citarik tidak begitu dalam, namun sungai memiliki batu yang cukup banyak sehingga Anda akan merasakan tantangan tersendiri saat melewati batu-batu tersebut dan akhirnya dapat menaklukan Sungai Citarik. Arus air dari Sungai CItarik juga relatif tidak terlalu deras sehingga aman bagi siapapun, termasuk bagi pemula arung jeram. Sungai Citarik cenderung dipenuhi oleh pecinta kegiatan luar ruangan saat akhir pekan.

9. Arung Jeram Sungai Cicatih
Arung Jeram Sungai Cicatih
Arung Jeram Sungai Cicatih
Sungai Cicatih memiliki arus air yang lebih deras dibanding dengan sungai citarik, dan merupakan alternatif permainan arung jeram yang cukup populer di Sukabumi. Sungai Citatih juga lumayan dalam serta tingkat kesulitan yang lebih tinggi, tapi tetap aman bagi siapapun. Saya lebih menyukai arung jeram Sungai Cicatih karena lebih seru dan menantang.

10. Gunung Tangkuban Perahu
Gunung Tangkuban Perahu
Gunung Tangkuban Perahu
Gunung Tangkuban Perahu adalah salah satu tempat wisata yang tak boleh dilewatkan, karena menyimpan legenda yang tak asing ditelinga masyarakat. Selain itu juga menjadi tempat wisata yang sangat menarik dikunjungi karena pemandangannya yang eksotik. Di sini, Anda dapat melihat 10 kawah yang letaknya berdekatan. Tiga diantaranya yang sering dikunjungi adalah Kawah Ratu, Kawah Domas, dan Kawah Upas. Untuk menuju lokasi kawah-kawah ini, Anda bisa berjalan kaki melewati jalan setapak, jarak tempuh antar kawah juga tidak begitu jauh. Jika lelah berjalan, Anda juga bisa menyewa kuda tunggangan khusus yang menuju ke lokasi Kawah Ratu.

11. Pantai Ujung Genteng
Pantai Ujung Genteng
Pantai Ujung Genteng
Pantai Ujung Genteng berjarak sekitar 200 km dari DKI Jakarta. Di pantai ini, Anda juga bisa menikmati panorama sunset dan sunrise di satu lokasi. Pantai Ujung Genteng juga merupakan lokasi yang sangat cocok untuk surfing karena karakteristik ombak di pantai selatan yang besar dan menantang. Lokasi pantai ini juga disukai penyu, banyak penyu datang ke pantai ini, Anda bisa dengan puas melihat penyu-penyu di sini. Pada bulan Agustus, banyak penyu yang bertelur di pantai ini.

12. Kawah Putih Ciwidey
Kawah Putih Ciwidey
Kawah Putih Ciwidey
Pada ketinggian Gunung Patuha, menyimpan keindahan kawah tua yang sangat unik. Aroma belerang akan menyambut Ada saat tiba di tebing kawah, menjadikan ini sajian yang tak terpisahan ketika Anda mengagumi kawah yang berwarna hijau muda ini, dikelilingi oleh pasir putih juga riak air kawah yang bertaburkan asap tipis. Sesekali, letupan lumpur, menjadi fenomena atraksi alam yang tiada duanya. Warna air Kawah Putih juga selalu berubah-ubah jika terkena sinar matahari.

13. Gua Lalay
Gua Lalay
Gua Lalay
Gua Lalay adalah salah satu tempat wisata goa dengan jutaan kelelawar di dalamnya. Lokasi Goa Lalay ini dekat dengan pantai Pelabuhan Ratu dan memiliki berbagai keunikan tersendiri. Ratusan ribu kelelawar berbaris meliuk-liuk, seperti “awan hidup” yang keluar dari Goa, yang menjadi atraksi yang sangat unik untuk Anda lihat di waktu sore hari.