10 Tempat Wisata di Sulawesi yang Terkenal

10 Tempat Wisata di Sulawesi yang Terkenal - Apabila anda sedang berada di Pulau Kalimantan tak ada salahnya mampir ke Pulau Sulawesi, karena Pulau Sulawesi itu sendiri terletak diantara Pulau Kalimantan, tentu tidak terlalu jauh untuk menempuh perjalanannya. Jika anda menyukai wisata alam, maka pulau inilah yang cocok untuk anda kunjungi. Tidak hanya wisata alam saja yang ada di Sulawesi tapi juga wisata lainnya juga banyak namun sepertinya wisata alam sering dijumpai. Ingin tahu apa saja wisata yang ada di Sulawesi? berikut daftar tempat wisata menarik yang bisa dijadikan tujuan wisata anda selama berada di Sulawesi.

1. Pulau Bunaken
Pulau Bunaken
Pulau Bunaken
Wisata yang satu inilah yang wajib dikunjungi. Kurang rasanya jika berada di Manado Sulawesi Utara, tidak mengunjungi pulau bunaken ini. Pulau bunaken mempunyai luas 8,08 km² dan terletak di teluk Manado. Pesona keindahan taman laut bunaken tidak diragukan lagi, wisatawan banyak yang berkunjung ke pulau bunaken yang terpesona akan keindahan taman laut bunaken. Jika Anda dari Manado, waktu yang dibutuhkan untuk mencapai pulau ini sekitar 30 menit dengan menggunakan kapal cepat (speed boat). Taman laut Bunaken juga memiliki sekitar 20 titik penyelaman dengan kedalaman yang berbeda-beda hingga 1.344 meter. Dari 20 titik penyelaman tersebut, 12 titik di antaranya ada di sekitar Pulau Bunaken.

2. Bukit Kasih Kanonang
Bukit Kasih Kanonang
Bukit Kasih Kanonang
Bukit kasih berada di Kecamatan Kawangkoan kab. Minahasa. Bukit Kasih Kanonang merupakan tempat wisata yang melambangkan kerukunan antar umat bergama di Provinsi Sulawesi Utara. Disini akan ada semua tempat ibadah umat bergama. Jika dari Manado, dibutuhkan sekitar 90 menit untuk mencapai tempat ini.

3. Pulau Siladen
Pulau Siladen
Pulau Siladen
Pulau Siladen terletak disebelah timur laut pulau bunaken dan memiliki luas 31,25 hektar. Pulau ini dikelilingi oleh pantai pasir putih dan di dalam lautnya banyak terumbu karang dengan biota laut yang bermacam-macam bentuk dan warna sehingga membentuk suatu tanaman laut yang sangat indah. Aktifitas yang bisa Anda lakukan di Pulau ini adalah berkeliling dengan naik perahu berkaca (katamaran), snorkling , diving, dan photografi underwater (foto bawah laut) dan pastinya berjemur di pantai dengan hamparan pasirnya yang putih.

4. Bukit Doa Tomohon
Bukit Doa Tomohon
Bukit Doa Tomohon
Selain bukit kasih kanonang, rupanya di Sulawesi Utara juga masih ada bukit doa yang memberikan keindahan pemandangan alam yang begitu memanjakan mata. Hamparan pemandangan alam yang hijau seolah-olah mampu memanjakan mata bagi siapa saja yang berkunjung. Dikarenakan keindahannya, bukit doa tomohon ini juga sering kali dijadikan tempat foto prewedding. Untuk mencapai tempat ini, Anda memerlukan waktu 30 menit jika dari Manado.

5. Danau Linow
Danau Linow
Danau Linow
Masih sedikit orang yang mengetahui keberadaan tempat ini, padahal danau linow merupakan satu tempat wisata menarik yang ada di Sulawesi Utara. Bila dari Manado dibutuhkan waktu perjalanan sekitar 50 menit untuk mencapai tempat ini. Yang menarik dari danau linow ini adalah warna airnya yang sering berubah.

6. Pulau Lihaga
Pulau Lihaga
Pulau Lihaga
Pulau Lihaga adalah sebuah pulau kecil yang tidak berpenghuni, pulau ini berada di Likupang Kab. Minahasa Utara. Pulau Lihaga merupakan salah satu tempat wisata yang menawarkan keindahan panorama dengan pasir putih yang halus serta air lautnya yang begitu jernih. Untuk mencapai lokasi dibutuhkan waktu 2 jam perjalanan dari kota Manado sampai di pelabuhan terdekat, dan perjalanan bisa dilanjutkan dengan menggunakan kapal sewa, yang akan menempuh waktu sekitar 45 menit.

7. Waruga
Waruga
Waruga
Waruga adalah makam pada zaman purbakala yang dibuat dari bebatuan. Yang paling unik, adalah posisi penguburan jenazah di waruga seperti janin dalam rahim. Waruga banyak terdapat di Minahasa, namun yang menjadi rekomendasi adalah yang berlokasi di Ds.sawangan, Kec. Airmadidi, Minahasa Utara.

8. Pantai Lakban
Pantai Lakban
Pantai Lakban
Pantai Lakban berada di Kec. Ratatotok, Kab. Minahasa Tenggara. Untuk bisa menikmati keindahan pantai lakban, Anda harus menempuh perjalanan yang lumayan lama, kira-kira 3 jam dari Manado yakni ibukota provinsi Sulawesi Utara. Namun lelah perjalanan Anda menuju tempat ini akan terbayarkan saat Anda tiba di lokasi Pantai Lakban. Di kawasan pantai ini juga dilengkapi beberapa fasilitas penunjang, antara lain arena bermain anak, lapangan sepak bola pantai dan lapangan folly ball.

9. Gunung Api Mahangetang
Gunung Api Mahangetang
Gunung Api Mahangetang
Gunung Api Mahangetang adalah sebuah gunung api aktif yang terdapat di perairan dangkal. Gunung api ini berada di perairan Mahangetang Kecamatan Tatoareng, Kab. Sangihe. Jika Anda ingin melihat gunung ini, bisa Anda lakukan dengan cara menyelam. Tempat ini disebut masyarakat setempat dengan sebutan “Banua Wuhu”.

10. Taman Nasional Tangkoko
Taman Nasional Tangkoko
Taman Nasional Tangkoko
Taman Nasional Tangkoko adalah termasuk kawasan konservasi yang menjadi habitat beberapa satwa khas provinsi Sulawesi Utara yang sulit ditemui di beberapa daerah lain, seperti monyet hitam (Macaca niagra), tarsius (primata terkecil dunia) dan burung rangkong. Taman nasional ini berada di Batu Putih Bitung Utara, Sulawesi Utara. Jarak lokasi sekitar 60 Km dari Manado dan juga sekitar 20 Km dari kota Bitung.