14 Daftar Tempat Wisata di Jawa Timur dan Sekitarnya

14 Daftar Tempat Wisata di Jawa Timur dan Sekitarnya - Jawa Timur adalah sebuah provinsi yang terletak di ujung timur Pulau Jawa yang beribukotakan Surabaya. Provinsi Jawa Timur memiliki lahan yang lebih luas dan lebih besar dibanding dengan provinsi lain di Pulau Jawa. Jawa Timur juga memiliki beberapa tempat wisata yang tak kalah menarik dari tempat wisata yang ada di Jawa Barat. Ingin tahu info tempat wisata di Jawa Timur lebih lengkap? Simak info berikut ini.

1. Gunung Bromo
Gunung Bromo
Gunung Bromo
Gunung Bromo merupakan salah satu tempat wisata Jawa Timur yang ramai dikunjungi dan paling terkenal. Wisatawan yang datang tak hanya dari daerah Jawa Timur, melainkan dari daerah lain yang lumayan jauh, seperti Jakarta dan sekitarnya. Gunung Bromo adalah gunung api aktif yang berada di empat wilayah, antara lain Kabupaten Malang, Probolinggo, Pasuruan, dan Lumajang. Banyak kegiatan yang dapat Anda lakukan di sini, seperti berkuda, mendaki gunung, menikmati sunset, dan berjalan melihat padang pasir Gunung Bromo.

2. Jawa Timur Park (Jatim Park)
Jawa Timur Park (Jatim Park)
Jawa Timur Park (Jatim Park)
Jatim Park adalah sebuah taman belajar dan rekreasi yang sangat besar dan juga lengkap. Taman rekreasi ini terletak di Kota Baru, Jawa Timur, lebih kurang 20 Km dari kota Malang. Jatim Park mempunyai lebih dari 36 jenis wahana permainan yang menjadi ikon wisata Jawa Timur. Selain itu, Jatim Park pernah memperoleh sebuah penghargaan juara pertama dengan wisata buatan nasional dari menteri pariwisata.

3. Pantai Balekambang
Pantai Balekambang
Pantai Balekambang
Pantai Balekambang merupakan salah satu tempat wisata Jawa Timur yang ramai dengan wisatawan, karena keindahan pantai dan pura di atas sebuah pulau karang. Pantai ini terletak di bagian selatan provinsi Jawa Timur. Lokasi Pantai Balekambang hanya 45 KM selatan kota Malang, tak heran pantai ini dipenuhi pengunjung dari kota Malang dan menjadi tempat wisata favorit warga Malang dan sektiarnya. Pantai Balekambang memiliki karakteristik ombak yang besar dan arus yang cukup kuat. Suasana di Pantai Balekambang mempunyai kemiripan dengan anah Lot, Bali.

4. Telaga Sarangan
Telaga Sarangan
Telaga Sarangan
Telaga Sarangan merupakan sebuah danau yang masih alami, berada di kaki Gunung Lawu, Jawa Timur. Danau ini mempunyai luas sekitar 30 hektar dengan kedalaman kira-kira 28 meter, berlokasi lebih kurang 16 Km dari kota Magetan. Fasilitas di kawasan Telaga Sarangan cukup lengkap, banyak terdapat penginapan di sini. Selain itu juga tersedia rumah makan, area bermain anak-anak, pasar wisata belanja, tempat ibadah, taman, dan lain sebagainya. Beberapa kegiatan favorit di Telaga Sarangan antara lain bermain perahu air, berkuda, dan memancing.

5. Pantai Pasir Putih Situbondo
Pantai Pasir Putih Situbondo
Pantai Pasir Putih Situbondo
Pantai Pasir Putih Situbondo merupakan salah satu tempat wisata Jawa Timur yang populer. Pantai ini berlokasi di Kabupaten. Situbondo. lama waktu saat menuju lokasi tempat wisata ini kira-kira akan memakan waktu hingga 4 jam jika dari kota Surabaya. Sesuai dengan namanya, Pantai Pasir Putih Situbondo terkenal akan pasir putihnya bersih dan indah, dengan hamparan hutan yang ada di tepi pantai.

6. Pantai Kondang Iwak
Pantai Kondang Iwak
Pantai Kondang Iwak
Pantai Kondang Iwak adalah sebuah pantai yang kurang begitu dikenal, namun menarik untuk dikunjungi. Pantai ini berlokasi di Ds. Tulungrejo, lebih kurang 65 Km dari kota Malang. Suasana di Pantai Kondang Iwak begitu tenang dan sepi. Ombaknya yang besar merupakan daya tarik utama dari pantai ini. Di sini dapat dijumpai pula masyarakat sekitar yang sedang asyik memancing ikan.

7. Air Terjun Coban Rondo
Air Terjun Coban Rondo
Air Terjun Coban Rondo
Air Terjun Coban Rondo adalah sebuah air terjun yang berada 1135 M di atas permukaan laut, dengan ketinggian 84 meter. Air terjun ini terletak di Kec. Pujon. Jarak Air Terjun Coban Rondo hanya 25 Km dari kota Malang. Sehingga tempat wisata ini menjadi salah satu tempat wisata alam paling populer bagi masyarakat Kota Malang. Untuk masuk di kawasan Air Terjun Coban Rondo, Anda hanya perlu membayar Rp. 10,000 per orang.

8. Pemandian Air Panas Cangar
Pemandian Air Panas Cangar
Pemandian Air Panas Cangar
Pemandian Air Panas Cangar ini memiliki beberapa jenis kolam yang berbeda, yakni kolam kecil, kolam besar, kolam dalam kamar, dan kolam tertutup khusus wanita. Pemandian Air Panas ini berada
sekitar 20 Km dari kota Batu. Fasilitas yang disediakan tidaklah mewah, melainkan sederhana tetapi dapat memenuhi kebutuhan tubuh kita dalam menikmati air panas dari perut bumi ini. Bagi Anda pecinta wisata kuliner, jangan lupa mencicipi makanan khas daerah ini, yakni tape beras ketan hitam.

9. Goa Maharani Lamongan
Goa Maharani Lamongan
Goa Maharani Lamongan
Goa Maharani Lamongan adalah sebuah goa yang kali pertama ditemukan oleh penggali tanah. Goa ini memiliki ukuran sekitar 2,500 meter persegi, dan berlokasi di Kecamatan Paciran. Goa Maharani Lamongan ini menyuguhkan kesan indah wisata bawah tanah yang penuh dengan stalakmit. juga bebatuan yang unik.

10. Pantai Sendang Biru dan Pulau Sempu
Pantai Sendang Biru
Pantai Sendang Biru
Pulau Sempu
Pulau Sempu
Pantai Sendang Biru merupakan pantai yang indah, ombaknya tak terlalu besar, arusnya pun juga lebih tenang dibanding pantai yang lain di pesisir selatan Pulau Jawa. Pantai ini terletak 30 Km di sebelah selatan kota Malang. Tidak terlalu besarnya arus dan ombak di sini disebabkan adanya sebuah pulau di dekat Pantai Sendang , yaitu Pulau Sempu. Anda bisa menjelajahi Pulau Sempu dengan menggunakan perahu nelayan menyeberang dari Pantai Sendang Biru.

11. Gunung Kelud di Kediri
Gunung Kelud di Kediri
Gunung Kelud di Kediri
Gunung Kelud di Kediri memiliki daya tarik yang mampu memikat para pengunjung untuk menikmati keindahannya. Daya tarik utama Gunung Kelud adalah pada kubah lava. Para pecinta gunung dijamin suka mengunjungi objek wisata Kediri yang satu ini. Tersedia jalur setapak untuk Anda yang ingin melakukan kegiatan mendaki puncak Gunung Kelud. Sejumlah kegiatan menarik bisa Anda lakukan di sini, seperti mandi air panas, flying fox, dan panjat tebing.

12. Air Terjun Madakaripura di Probolinggo
Air Terjun Madakaripura di Probolinggo
Air Terjun Madakaripura di Probolinggo
Air Terjun Madakaripura dijuluki sebagai air terjun abadi, karena air terjun ini tidak pernah berhenti mencurahkan air halus yang serupa dengan curahan hujan. Air terjun yang menjulang tinggi ini terkesan mistis, namun air terjun ini mampu memberi suguhan memukau bagi pengunjung yang melihatnya. Air Terjun Madakaripura memiliki tinggi lebih kurang 200 meter. Di sini, Anda dapat menyaksikan pesona sinar matahari yang seketika menyorot lumut hijau yang basah di dinding-dinding berbatu disertai gemuruh suara air.

13. Pantai Pulau Merah di Banyuwangi
Pantai Pulau Merah di Banyuwangi
Pantai Pulau Merah di Banyuwangi
Pantai Pulau Merah memiliki hamparan pasir putih sepanjang 3 Km, tanahnya berwarna merah, dan bentuknya seperti sebuah bukit kecil. inilah mengapa tempat wisata Jawa Timur ini dinamakan Pantai Pulau Merah, salah satu pesona pantai di Banyuwangi. Pantai Pulau Merah juga cocok untuk surfing, karena mempunyai ketinggian gelombanga hingga 4 - 5 meter. Panorama sunset yang mempesona mata juga bisa Anda rasakan di Pantai Pulau Merah, Banyuwangi, Jawa Timur ini.

14. Kawah Ijen di Banyuwangi
Kawah Ijen di Banyuwangi
Kawah Ijen di Banyuwangi
Kawah Ijen merupakan kawah danau terbesar yang ada di pulau Jawa. Pesona yang ditawarkan tempat wisata ini adalah danau belerang berwarna tosca sdan juga api biru (blue fire). Panorama ini dapat Anda saksikan pada waktu malam hari sampai menjelang subuh. Untuk bisa mencapai kawah, harus mendaki dahulu kira-kira setinggi 3 km, hal ini mungkin akan memakan waktu 1,5 jam. Kemiringan pendakian antara 25 hingga 35 derajat. Rasa lelah saat mendaki akan terbayar tatkala Anda mendapati indah pesona blue fire pada salah satu tempat wisata ini.

Mau liburan di Jawa Timur bersama rombongan dari Surabaya? Anda bisa menggunakan layanan sewa bus Surabaya dari Lidya Trans Holiday untuk mendapatkan pengalaman perjalanan terbaik. Dapat melayani pemesanan armada bus pariwisata mulai dari kelas standar sampai kelas paling mewah.