16 Tempat Wisata Paling Menarik di Banten dan Sekitarnya

16 Tempat Wisata Paling Menarik di Banten dan Sekitarnya - Provinsi Banten merupakan Provinsi yang letaknya di ujung sebelah barat Pulau Jawa. Karena lokasinya yang cukup strategis, Provinsi Banten mempunyai potensi tempat wisata yang luar biasa sehingga banyak pula yang menjadikan banten sebagai pilihan tempat wisata warga Jakarta dan sekitarnya. Apa saja tempat wisata di Banten dan sekitarnya yang patut dikunjungi? Berikut ulasan tempat wisatanya.

1. Pantai Anyer
Pantai Anyer
Pantai Anyer
Pantai Anyer adalah salah satu objek wisata di Banten yang populer dan paling ramai dikunjungi, terutama mereka penduduk Jakarta dan sekitarnya karena lokasinya yang dekat dan terjangkau. Pantai Anyer terletak di Kabupatan Serang, Banten. Pantai ini memiliki pasir putih yang indah dan sangat menarik. Karena pantai ini berada di sepanjang Kecamatan Anyer Banten, maka dinamakan Pantai Anyer. Banyak aktifitas yang bisa anda lakukan di Pantai Anyer ini seperti berenang, bermain pasir, olahraga air, menyelam, berselancar, menikmati indahnya pemandangan pantai, hingga menyantap hidangan makanan laut yang nikmat di pinggir pantai. Anda tidak perlu khawatir jika ingin menginap di daerah pantai Anyer ini, karena tersedia banyak sekali hotel di sekitarnya.

Baca juga: 10 Tempat Wisata Terpopuler di Jakarta

2. Taman Nasional Ujung Kulon
Taman Nasional Ujung Kulon
Taman Nasional Ujung Kulon
Taman Nasional Ujung Kulon sesuai berada di ujung barat Pulau Jawa. Di kawasan Taman Nasional Ujung Kulon tak hanya mencakup kawasan daratan di Pulau Jawa saja, namun juga termasuk beberapa pulau yang ada di sekitar ujung barat Pulau Jawa. Beberapa kegiatan utama yang bisa anda lakukan di Taman Nasional Ujung Kulon yakni berkemah, trekking, dan anda juga bisa melihat alam liar di kawasan Taman Nasional Ujung Kulon. Fungsi utama daripada Taman Nasional Ujung Kulon adalah selain sebagai tempat wisata juga sebagai tempat perlindungan badak. Anda bisa belajar disini, dari hal yang disampaikan yaitu paham akan pentingnya menjaga kelestarian alam di sekitar kita.

3. Pantai Tanjung Lesung
Pantai Tanjung Lesung
Pantai Tanjung Lesung
Tanjung Lesung merupakan nama kawasan pantai yang eksklusif dan terawat yang terletak di ujung barat Pulau Jawa, tepatnya berlokasi di Kabupaten Pandeglang, Banten, dengan luas sekitar 1500 hektar. Lama waktu perjalanan menuju Tanjung Lesung lebih kurang sekitar 180 Km dari kota Jakarta. Pantai Tanjung Lesung merupakan pantai yang masih asri, bersih dengan pasir putihnya yang bersih pula. Banyak kegiatan yang bisa anda lakukan di antai Tanjung Lesung antara lain, menyelam, memancing, bermain olah raga air, dan tersedia villa apabila anda ingin menginap disini.

4. Gunung Krakatau
Gunung Krakatau
Gunung Krakatau
Gunung Krakatau merupakan tempat wisata Banten yang paling disukai para pendaki gunung, dan kegiatan utama yang paling digemari disini adalah mendaki Gunung Krakatau. Banyak agen tour menawarkan paket mendaki Gunung Krakatau mulai dari paket 1hari sampai paket 4hari. Gunung Krakatau pernah meletus hebat hingga dampaknya tidak hanya berpengaruh di Indonesia saja, namun juga mancanegara.

5. Kampung Baduy
Kampung Baduy
Kampung Baduy
Kampung Baduy adalah kampung para suku Baduy. Suku Baduy merupakan salah satu suku asli yang ada di Banten berada di Kabupaten Lebak. Suku Baduy masih kental akan adat sundanya, memiliki jumlah penduduk sekitar 8.000 jiwa yang terbagi menjadi 2, yaitu Baduy Dalam dan Baduy Luar. Perbedaan dari masing - masing suku yaitu Suku Baduy Dalam adalah Suku Baduy yang menolak pada dunia luar, dan Suku Baduy Luar adalah suku yang lebih terbuka pada dunia luar.

6. Pantai Sawarna
Pantai Sawarna
Pantai Sawarna
Pantai Sawarna merupakan kawasan dari wisata pantai di Banten yang masih tergolong baru. Pantai Sawarna sa'at itu mulai ramai dikunjungi para wisatawan sekitar tahun 2000 karena promosi dari internet.  Pantai Sawarna terletak di Ds. Sawarna, dengan jerjarak lebih kurang sekitar 150 Km dari Rangkasbitung. Pantai Sawarna dikunjungi oleh ratusan wisatawan pada setiap harinya, baik dari sekitar Jawa Barat, hingga dari luar negeri. Biasanya para wisatawan asing datang ke Pantai Sawarna untuk berselancar karena Pantai Sawarna ombak di Pantai Sawarna cukup besar sehingga cocok untuk berselancar. Perlu anda ketahui sekarang sudah banyak disediakan penginapan di sekitar Pantai Sawarna.

Baca juga: 13 Tempat Wisata Menarik di Jawa Barat dan Sekitarnya

7. Pulau Umang
Pulau Umang
Pulau Umang
Pulau Umang berlokasi cukup dekat dengan Tanjung Lesung, Banten, lebih kurang sekitar 180 Km dari Jakarta. Pulau Umang memiliki luas sekitar 5 hektar dan di khususkan untuk tempat wisata yang dikelola pihak swasta. Pulau Umang memiliki fasilitas sangat lengkap, mulai dari kolam renang, sarana olahraga, karaoke, ruang pertemuan,dan permainan air. sekedar info, Apabila anda berminat berwisata di Pulau Umang, jangan lupa membawa tabir surya.

8. Arung Jeram Sungai Ciberang
Arung Jeram Sungai Ciberang
Arung Jeram Sungai Ciberang
Sungai Ciberang, Banten merupakan salah satu lokasi untuk arung jeram di sekitar Jakarta, karena kondisi pegunungan yang dilalui Sungai Ciberang masih asri dan hijau, sehingga perjalanan menuju lokasi arung jeram sangat menyenangkan. Begitu pula dengan sungainya, pemandangan indah bisa anda lihat ketika melakukan pengarungan. Apabila anda ingin memesan paket arung jeram Sungai Ciberang, alangkah baiknya jika anda bertanya terlebih dahulu tentang kondisi air Sungai Ciberang, karena terkadang sungai ini kering.

9. Masjid Agung Banten
Masjid Agung Banten
Masjid Agung Banten
Masjid Agung Banten adalah peninggalan sejarah yang sangat penting, berdiri tahun 1569, Masjid Agung Banten mempunyai arsitektur bangunan yang kental akan arsitektur zaman dahulu dan merupakan perpaduan berbagai budaya yang berbeda, antara lain budaya Hindu, China, Jawa, dan juga Eropa. Selain Masjid yang bisa anda temui, disini anda bisa melihat peninggalan dari kerajaan Islam yang ada di Banten. Banyak para peziara dan umat Islam yang berkunjung ke Masjid Agung Banten.

10. Pulau Dua atau  Pulau Burung
Pulau Dua atau  Pulau Burung
Pulau Dua atau  Pulau Burung
Pulau Dua atau Pulau Burung adalah cagar alam dengan luas sekitar 30 hektar dan berlokasi di lepas pantai Banten. Pulau ini dihuni berbagai jenis burung dalam jumlah yang cukup besar. Bulan April - Agustus banyak burung dari berbagai benua datang ke Pulau Burung. Tetap setelah musim berlalu, sebagian besar burung kembali ke tempat asalnya.

11. Rawa Dano
Rawa Dano
Rawa Dano
Rawa Dano terletak di Kabupaten Serang berjarak sekitar 100 Km dari Jakarta, dengan luas sekitar 2.500 hektar, Rawa Dano merupakan salah satu tempat wisata yang menawarkan keindahan alam. Rawa Dano adalah kawasan yang memiliki danau, hutan, dan rawa-rawa sehingga banyak jenis reptil yamng hidup disini, seperti kadal dan ular. Menurut cerita, Rawa Dano dulu adalah sebuah gunung berapi yang sudah tidak aktif lagi, dan berubah menjadi danau yang di atasnya terdapat rawa- rawa.

12. Pantai Bagedur
Pantai Bagedur
Pantai Bagedur
Pantai Bagedur adalah tempat wisata Banten yang berjarak kurang lebih sekitar 115 Km dari Rangkasbitung kecamatan Malingping. Mungkin bagi anda yang bukan merupakan penduduk Banten baru pertama kali mendengar nama Pantai Bagedur ini, tapi wajar saja karena Pantai Bagedur tidak begitu populer. Tetapi bagi warga Banten, tempat ini pastinya sudah tidak asing lagi karena pantai ini masih terkaga keasriannya. Panjang pantai Bagedur sekitar 10 km dengan lebar sekitar 50 meter dan warna pasirnya coklat. Setiap harinya pantai ini mendapatkan banyak pengunjung. Anda dapat melewati pasir pantai Bagedur dengan kendaraan bermotor karena pasirnya berkarakter padat.

13. Danau Tasikardi
Danau Tasikardi
Danau Tasikardi
Nama Danau ini berasal dari bahasa Sunda yang berarti danau buatan. Letak danau Tasikardi di Kecamatan Kramatwatu yaitu salah satu peninggalan Sultan Banten dengan luas kurang lebih 5 hektar. Danau Tasikardi dahulunya dijadikan sebagai sebuah tempat rekreasi bagi keluarga Sultan saja, namun sekarang ini sudah menjadi tempat wisata di Banten yang bebas untuk kalangan umum. Dengan lokasi sektiar 6 KM di sebelah barat kota Serang, Danau Tasikardi ini juga berfungsi untuk menampung air Sungai Cibanten dan sekaligus untuk pengairan sawah. Aktifitas yang dapat anda lakukan di Danau Tasikardi adalah memancing, bermain perahu air, berkemah, menikmati suasana sejuk di sekitar danau, dan menyeberang ke tengah danau untuk mengunjungi pulau yang mempunyai peninggalan Sultan banten.

14. Pulau Sangiang
Pulau Sangiang
Pulau Sangiang
Pulau Sangiang merupakan sebuah pulau yang terletak di Selat Sunda, Banten. Anda bisa mencapai ke Pulau Sangiang ini dengan menggunakan perahu dari Pantai Anyer selama sekitar 45 menit. Pulau Sangiang adalah milik swasta dan sepenuhnya dikembangkan menjadi kawasan wisata oleh pihak swasta tersebut. Anda bisa menikmati berbagai jenis wisata di pulau Sangiang yang memiliki luas sekitar 700 hektar ini seperti jenis wisata bahari, wisata ilmiah, wisata budaya dan wisata alam. Selain itu, masih ada juga kegiatan yang bisa anda lakukan di Pulau ini yaitu bersepeda, mendaki gunung, menyelam, memancing, berkemah, berjemur di pantai, hingga menikmati pemandangan sisa perang dunia berupa sebuah benteng Jepang.

15. Pantai Carita
Pantai Carita
Pantai Carita
Pantai yang terletak di pesisir barat Provinsi Banten, Kab. Pandeglang ini adalah salah satu tempat wisata di Banten yang paling terkenal di Indonesia. Hal menarik dari Pantai Carita adalah bisa melihat Gunung Krakatau dari tepi pantai. Seperti halnya yang ada pad kawasan wisata populer lainnya, tentunya Di daerah Pantai Carita juga menyediakan berbagai fasilitas yang lengkap, jadi anda tidak perlu khawatir dengan fasilitas Pantai Carita ini. Lokasinya yang berada sekitar 160 km dari Jakarta, akan sangat cocok bila Pantai Carita ini dijadikan tempat wisata alternatif di sekitar Jakarta pada saat Anda bosan dengan tempat wisata yang itu-itu saja.

16. Pantai Karang Bolong
Pantai Karang Bolong
Pantai Karang Bolong
Pantai Karang Bolong berada sekitar 40 km dari kota Serang, Banten bisa dikatakan dekat dengan Pantai Anyer. Pantai yang satu ini adalah pantai yang sangat unik. Sesuai dengan nama panggilannya Pantai Karang Bolong adalah pantai yang ada di dalam sebuah karang yang bolong akibat hempasan ombak. Tentunya Anda tidak bisa berenang di Pantai Karang Bolong ini karena akan banyak karang sehingga dapat berbahaya untuk anda. Kalau menurut saya Pantai Karang Bolong adalah salah satu wisata pantai yang paling unik di Banten.