Obyek Wisata Wae Rebo Flores yang Unik dan Eksotis

Obyek Wisata Wae Rebo Flores yang Unik dan Eksotis - Negara Indonesia adalah negara yang kaya akan suku, budaya, dan keindahan alamnya. Namun disini yang membuat kita lebih kagum adalah beragamnya tempat wisata yang dimiliki negara Indonesia ini. Kita bisa menemukan tempat-tempat yang sangat indah di seluruh Indonesia. Salah satunya adalah Indonesia Timur, banyak sekali potensi wisata yang beragam. Seperti Wae Rebo misalnya, sebuah desa yang eksotis berada di kepulauan Flores.

Lokasi dan Akses Menuju Wae Rebo
Obyek Wisata Wae Rebo Flores
Wae Rebo Flores
Wae Rebo merupakan sebuah desa yang ada di Kec. Satarmese Barat, Kab. Manggarai, NTT. Lokasi Wae Rebo ini sangat terpencil dan terisolasi sebab terletak di balik hutan. Sehingga untuk dapat mencapai desa yang paling dekat dengan Wae Rebo, Anda harus menelusuri hutan sepanjang 9 km.

Ada beberapa cara yang harus Anda tempuh untuk bisa mencapai Wae Rebo. Pertama, Anda harus melakukan perjalanan yakni dari Labuan Bajo menuju Ruteng. Lalu perjalanan Anda lanjutkan menggunakan ojek hingga sampai ke Dintor. Dintor adalah sebuah desa terakhir yang dapat diakses dengan menggunakan kendaraan sebelum Anda sampai di Wae Rebo. Perjalanan yang menggunakan ojek ini memakan waktu bisa sampai 2 jam. Tarif ojek pun tidak seperti pada umumnya, yakni sekitar Rp 150.000. Namun harga yang Anda bayar ini sesuai dengan perjalan yang ditempuh, menyusuri hutan, melewati bukit terjal, dan juga tepian pantai.

Pilihan kedua, Anda bisa menggunakan truk oto kayu dari Ruteng. Di awali dari Terminal Bus Mena, lalu melintasi Ds. Cancar, kemudian ke Pela, Todo, lalu Dintor. Biasanya oto kayu berangkat dari terminal waktu sore hari yang memakan waktu perjalanan sekitar 3 - 3,5 jam.
Wisata Wae Rebo di Flores
Desa Wisata Wae Rebo di Flores
Kemudian cara ketiga adalah dengan menggunakan perahu. Anda harus menempuh rute dengan melalui Labuan Bajo menuju ke arah selatan desa pesisir Nangalili. Tarif sewa perahu sekitar Rp 400.000. Karena tidak adanya jadwal untuk perahu biasa, dianjurkan untuk mencharter kapal di muka. Perjalanan menggunakan perahu yang membawa Anda ke Pulau Mules ini akan memakan waktu sekitar 2 jam. Setibanya di Dintor, perjalanan dilanjutkan ke Denge menggunakan ojek, dengan tarif Rp 10.000 dan waktu tempuh lebih kurang selama 20 menit.

Cara keempat adalah dengan mendaki atau hiking. Hiking bisa ditempuh dengan mengambil rute antara homestay lokal dan SDK desa. Sepanjang perjalanan, Anda akan melewati 3 tempat untuk istirahat, yaitu Sungai Wae Lomba yang perjalanannya kurang dari 1 jam dari Denge. Setelah trekking selama 1 jam, Anda akan menjumpai tempat peristirahatan kedua, yakni Pocoroko.

Pocoroko merupakan tempat paling penting bagi penduduk desa dan juga pengunjung yang hendak melakukan panggilan telepon atau mengirim pesan singkat dari ponsel mereka, sebab di Wae Rebo tidak ada sinyal selular. Setelah dari Pocoroko Anda mencapai pos ketiga, yakni Nampe Bakok, yang memakan waktu perjalanan sekitar 40 menit. Dari sinilah, pemandangan bukit yang indah dapat Anda nikmati sebelum Anda mencapai Wae Rebo.

Sekilas tentang Wae Rebo
Wae Rebo Flores yang Eksotis
Wae Rebo Flores yang Eksotis
Wae Rebo adalah sebuah desa Manggaraian tua yang letaknya terisolasi di daerah pegunungan. Wae Rebo menawarkan kesempatan kepada wisatawan untuk bisa melihat sisi otentik dari perumahan Manggarai serta kehidupan sehari-hari oleh masyarakat setempat. Di sini, Anda memiliki kesempatan melihat mbaru niang, yaitu rumah adat tradisional yang berbentuk kerucut melingkar dengan arsitektur rumah yang sangat unik.

Sampai saat ini, mbaru niang tetap digunakan sebagai tempat pertemuan atau ritual doa pada Minggu pagi bersama-sama. Mbaru niang sempat mengalami masa-masa yang memprihatinkan. Tetapi tahun 2008, rumah ini dapat diselamatkan berkat kunjungan dari Yori Antar beserta kawan-kawan,

Kemudian tahun 2010, yayasan Rumah Asuh mulai merenovasi bangunan rumah-rumah tersebut. Bahkan dalam pembangunannya, pihak swasta dan pemerintah pun turut membantu. Kini rumah yang semulanya hanya ada empat buah saja dengan kondisi yang memprihatinkan, sekarang sudah lengkap menjadi tujuh buah dengan kondisi yang baik.

Apabila dibandingkan dengan wisatawan dari lokal, sesungguhnya Wae Rebo sendiri sudah lebih dahulu terkenal sebagai tempat wisata di kalangan wisatawan luar negeri. Semenjak sebelum tahun 2000an, telah banyak wisatawan asing yang datang untuk berkunjung ke Wae Rebo ini. Mulai awal tahun 2000an penduduk setempat berusaha untuk mengenalkan Wae Rebo pada masyarakat luas di Indonesia, caranya dengan memasang foto-foto desa mereka di beberapa hotel atau agen travel di Ruteng.

Alhasil, usaha tersebut mendapat keberhasilan, sejak tahun 2002 sudah banyak turis datang untuk melihat eksotisme Wae Rebo. Dan akhirnya dari para turis inilah tersebar cerita mengenai keindahan arsitektur dan kondisi budaya yang ada di Wae Rebo.
Wae Rebo Flores
Wae Rebo Flores
Saat Anda berkunjung ke Wae Rebo, Anda tak hanya melihat perumahan Manggaraian otentik saja, tapi juga mendapat kesempatan untuk ikut dalam kehidupan sehari-hari masyarakat setempat.

Sebagian besar orang bekerja di kebun mereka dari pagi sampai dengan subuh, ada juga yang sibuk dengan panen kopi dan pengolahan kacang. Tak hanya itu, Anda juga dapat menjumpai para wanita di Wae Rebo yang sedang melakukan kegiatan menenun kain songket tradisional, walaupun menenun ini bukan merupakan aktivitas utama para penduduk wanita Wae Rebo.

Jika Anda mau, juga bisa merasakan menginap di Niang Mbaru yang sekaligus menikmati makan malam dan bersosialisasi dengan masyarakat Wae Rebo secara langsung. Selama bermalam di Niang Mbaru, Anda akan tidur dengan beralaskan tikar yang dianyam dari daun pandan lengkap bersama kehangatan keluarga yang tinggal di sana.

Posting Komentar untuk "Obyek Wisata Wae Rebo Flores yang Unik dan Eksotis"