10 Tempat Wisata di Trenggalek yang Paling Menarik

10 Tempat Wisata di Trenggalek yang Paling Menarik - Kabupaten Trenggalek merupakan sebuah kabupaten yang berada di Jawa Timur. Pemerintahannya berpusat di Kecamatan Trenggalek yang berjarak sekitar 180 km dari Surabaya. Trenggalek terletak di pesisir pantai selatan yang di sebelah utara wilayahnya berbatasan dengan Kabupaten Ponorogo, sisi timur dengan Kabupaten Tulungagung, sisi selatan dengan Samudera Hindia, dan sebelah barat dengan Kabupaten Pacitan.

Letaknya yang berada di pesisir pantai selatan membuat Trenggalek memiliki banyak tempat wisata pantai yang indah. Penasaran, apa saja tempat wisata di Trenggalek yang menarik dan wajib dikunjungi. Berikut rangkumannya.
Tempat Wisata di Trenggalek
Pantai Prigi Trenggalek
1. Pantai Prigi
Pantai Prigi ini berlokasi di Desa Tasikmadu, Kec. Watulimo berjarak sekitar 48 km di sisi selatan Kota Trenggalek. Pantai Prigi ini terbagi menjadi 2 kawasan yakni di sisi barat adalah objek wisata pantai, sedangkan di bagian timurnya sebuah Pelabuhan Kapal Nelayan. Jadi bagi Anda yang ingin membeli ikan laut segar hasil tangkapan Nelayan, bisa mengunjungi Tempat Pelelangan Ikan Pantai Prigi.

Kegiatan yang bisa dilakukan ketika berwisata di pantai Prigi ini yaitu berenang, bermain pasir, memancing ikan, sepakbola pantai dan voli pantai. Disini menyediakan fasilitas penunjang wisata seperti sewa pelampung, warung makan dan juga penginapan.

2. Pantai Pasir Putih Trenggalek
Seperti namanya, Pantai Pasir Putih di Trenggalek ini memiliki warna pasir putih, air laut yang jernih dan dikelilingi pemandangan alam hijau yang menyegarkan mata. Selain berenang dan bersantai, Anda bisa mencoba menyewa perahu nelayan untuk berlayar mengelilingi perairan Pantai Pasir Putih. Tarif sewanya 25.000 Rupiah per orang.

Fasilitas yang tersedia di tempat wisata Trenggalek ini seperti area parkir, penyewaan pelampung, warung makan, musholla, kamar mandi dan penginapan.

Pantai Pasir Putih ini berada di Desa Tasikmadu, Kec. Watulimo berjarak sekitar 3 km dari Pantai Prigi. Nama lain Pantai Pasir Putih Trenggalek ini adalah Pantai Karanggongso.

3. Pantai Damas
Pantai berpasir hitam dan masih alami ini berlokasi sekitar 5 km di sisi barat daya Pantai Prigi tepatnya di Desa Karanggandu, Kec. Watulimo atau sekitar 53 km dari pusat Kota Trenggalek. Pantai Damas ini merupakan kawasan wisata pantai yang tenang.

Kegiatan yang bisa dilakukan di Pantai Damas diantaranya berenang, bersantai, berselancar, bermain voli pantai dan lainnya. Disini, Anda juga bisa berkeliling pantai dengan menyewa perahu nelayan.

Fasilitas pendukung yang disediakan seperti lahan parkir, warung makan dan penginapan.

4. Pantai Pelang
Pantai Pelang berada di Desa Wonocoyo, Kecamatan Panggul, Kab. Trenggalek. Meski jaraknya cukup jauh dari pusat Kota Trenggalek yakni sekitar 57 km, tempat wisata pantai di Trenggalek ini menyimpan pesona alam yang memikat. Hamparan pasir putih yang luas, air yang jernih, dan perbukitan hijau yang menyegarkan tentu menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan.

Ombak di pantai ini terbilang cukup besar jadi Anda harus berhati-hati bila ingin bermain air di tepi pantai. Jika Anda berjalan ke sebelah timur Pantai Pelang sekitar 100 meter, Anda akan menjumpai sebuah Goa. Goa ini memiliki kedalaman lebih kurang 500 meter.

Keindahan alam Pantai Pelang juga bisa Anda saksikan dari atas bukit. Di atas bukit ini Anda akan menyaksikan keindahan pantai dengan pemandangan laut biru yang menawan. Beberapa fasilitas yang tersedia di kawasan Pantai Pelang ini adalah lahan parkir, warung makan, taman bermain dan penginapan.

5. Pantai Taman Kili-Kili
Pantai Taman Kili-Kili berlokasi di Desa Wonocoyo Kec. Panggul berjarak sekitar 54 km dari pusat kota Trenggalek.

Pantai Taman kili-kili ini mempunyai hamparan pasir di sepanjang tepinya yang akan tampak indah saat Sunrise atau Sunset. Pantai ini memiliki objek wisata lainnya yang berupa konservasi pembudidayaan Penyu yang dikelola oleh Kegiatan Kelompok Masyarakat Pengawas (Pokmaswas) yang tujuannya untuk mengawal induk penyu yang sudah selesai bertelur, memindahkan telur-telur penyu ke tempat konservasi, menampung dan memelihara Tukik (Anak Penyu) yang baru menetas dan Melepas Tukik (Anak Penyu).

6. Pantai Blado
Pantai Blado berlokasi di desa dan kec. Munjungan yakni sekitar 47 Km ke arah barat daya kota Trenggalek. Pantai Blado ini merupakan pantai yang memiliki ombak besar dan terbilang masih sangat alami. Pantai ini berhadapan langsung dengan Samudera Hindia sehingga menjadikannya memiliki ombak yang besar dan sangat cocok untuk kegiatan surving.

7. Pantai Ngampiran
Pantai Ngampiran berlokasi di desa Tawing kec. Munjungan, sekitar 4 km arah timur dari Kantor Camat Munjungan atau kurang lebih 53 km arah selatan dari kota Trenggalek. Pantai Ngampiran ini juga masih sangat alami. Pantai berpasir putih ini memiliki ombak yang sedang dan karang-karang yang tersebar di sepanjang pantai sehingga cocok untuk melakukan kegiatan memancing, bermain, menyelam, berlayar dan bersantai. Sebagian besar pantai ini digunakan untuk aktivitas para nelayan untuk mencari ikan. Fasilitas yang disediakan di Pantai Ngampiran diantaranya pondok wisata, penginapan, toilet dan lainnya.

8. Hutan Bakau Pancer Cengkrong
Hutan Bakau atau Mangrove Pancer Cengkrong ini masih berada di wilayah kecamatan Watulimo, yakni tepatnya di Desa Karanggandu. Dikelola oleh Kelompok Masyarakat Pengawas (POKMASWAS) Kejung Samodra. Disini, Anda bisa belajar mengenai cara pembudidayaan tanaman bakau.

Bila Anda ingin berjalan menelusuri kawasan hutan, sudah tersedia jembatan kayu agar bisa menikmati panorama alam hutan bakau dengan nyaman. Di bawah jembatan akan terdapat Sungai Kalisongo yang mengalir menuju ke Pantai Cengkrong.

9. Goa Lowo
Goa Lowo atau Goa Kelelawar Trenggalek ini berlokasi di Desa Watuagung, Kec. Watulimo yakni sekitar 30 Km dari pusat kota Trenggalek, searah dengan rute perjalanan ke pantai Prigi.

Goa yang indah ini mempunyai stalagtit dan stalagmit yang terdiri dari 9 ruang yang tinggi dan luas. Tidak sulit untuk bisa menuju lokasi goa ini, karena akses jalannya relatif bagus dan aman, meskipun harus melewati hutan jati.

Keindahan dinding goa dengan stalagtit dan stalagmit semakin terlihat artistik dengan pancaran cahaya yang sedemikian rupa sehingga menambah daya tarik goa ini.

Baca juga: 10 Tempat Wisata di Tulungagung Paling Menarik

10. Hutan Kota
Hutan Kota Trenggalek merupakan tempat wisata di Trenggalek alternatif di Gunung Jaas yang berlokasi di Kelurahan Ngantru, Kec. Trenggalek.

Hutan Kota Trenggalek mulai menjadi tujuan wisata yang tidak kalah menarik dibandingkan destinasi wisata lainnya di Kabupaten Trenggalek. Di lokasi Hutan Kota ini, Anda bisa menikmati keindahan alam sambil berkuda.

Selain itu, Anda juga bisa melihat pemandangan alam berupa perbukitan dan pegunungan yang sangat menawan.

Posting Komentar untuk "10 Tempat Wisata di Trenggalek yang Paling Menarik"