10 Tempat Wisata di Depok yang Paling Menarik

10 Tempat Wisata di Depok yang Paling Menarik - Kota Depok berada di provinsi Jawa Barat dan lokasinya berbatasan dengan wilayah Jakarta Selatan. Ya, selain menjadi kota satelit Jakarta, Depok juga dikenal sebagai kota pelajar karena di kota ini terdapat sejumlah universitas terkenal salah satunya Universitas Indonesia. Tak hanya menjadi kota pelajar, daerah Depok pun juga menawarkan ragam kuliner yang luas dan relatif lebih terjangkau jika dibandingkan pilihan kuliner di Jakarta.

Ada banyak objek wisata yang bisa dikunjungi ketika berada di Depok meliputi dari wisata air, wisata alam, wisata budaya, wisata religi dan wisata kuliner. Penasaran? Apa saja tempat wisata di Depok dan sekitarnya yang menarik untuk dikunjungi? Berikut ulasannya.
Tempat Wisata di Depok
Masjid Kubah Emas

1. Masjid Dian Al-Mahri
Masjid Dian Al Mahri atau juga dikenal dengan nama Masjid Kubah Emas adalah salah satu ikon sekaligus masjid kebanggaan Kota Depok. Seperti namanya, ciri khas masjid ini terdapat pada kubah masjidnya yang berwarna emas menyala.

Selain memiliki kubah warna emas, arsitektur masjid ini pun juga dibuat dengan gaya Timur Tengah. Di dalamnya Anda bisa menjumpai 5 kubah yang terdiri dari 4 kubah berukuran kecil dan 1 kubah besar.

Masjid ini terletak di Jln Raya Maruyung, Limo, Depok. Setiap harinya masjid ini tidak pernah sepi dari pengunjung. Terlebih saat suasana lebaran, tidak sedikit pengunjung yang datang untuk berdoa maupun hanya sekedar jalan-jalan.

2. Taman Bunga Wiladatika
Taman yang lebih dikenal masyarakat dengan sebutan Taman Bunga Cibubur ini memiliki luas 32 ha. Taman Bunga Wiladatika diresmikan oleh Presiden Soeharto pada tahun 1980 dan taman ini saat ini ditujukan sebagai tempat rekreasi dan juga sarana penggalangan dana untuk kegiatan pramuka.

Tidak heran bila di dalam taman ini ada Pusdiklatnas atau Pusat Pendidikan dan Pelatihan Pramuka Nasional. Terdapat juga gedung olahraga dan gedung pertemuan. Di Taman Bunga Wiladatika menyediakan beberapa fasilitas diantaranya seperti kolam renang, outbound, lapangan tenis, saung taman, penginapan dan lainnya

3. D'Kandang Amazing Farm
Awalnya D’Kandang Amazing Farm ini adalah sebuah peternakan sapi, Namun saat ini telah berkembang menjadi wahana ekowisata edukasi yang tidak hanya memberikan suasana nyaman dan asri tapi juga memberikan unsur-unsur permainan dan edukasi. Apabila Anda bingung menentukan tujuan wisata menarik untuk sang buah hati bisa mencoba menuju kawasan Depok yang satu ini.

Menempati area seluas 8 hektar, D’Kandang Amazing Farm telah disulap sebagai wahana kreatif untuk belajar tentang dunia peternakan dan agraris yang terintegrasi dengan beragam permainan yang menarik dan menyenangkan.

Disini, anak-anak akan diajak untuk berinteraksi langsung dengan berbagai hewan ternak, seperti  sapi, kambing, kuda dan domba. Tak hanya itu, juga ada banyak kegiatan positif yang bisa anak-anak lakukan seperti memberikan pakan ternak, memerah susu sapi, memberi susu anak sapi dan kambing, mengetahui proses cara pembuatan pupuk, menanam, memetik buah dan sayur, serta yang tidak ketinggalan juga menikmati hasil panen. Kegiatan yang tidak kalah menariknya, anak-anak bisa berkuda, menaiki delman kuda dan delman domba, menangkap ikan dalam kolam serta melakukan kegiatan Outbound Low Impact dan High Impact. Lokasinya berada Sawangan Depok Jawa Barat.

Baca juga: 13 Tempat Wisata di Jawa Barat dan Sekitarnya

4. Taman Wisata Pasir Putih
Mencari tempat seru, Depok juga memiliki Taman Wisata Pasir Putih. Tempat wisata yang berada di daerah Sawangan ini menawarkan wahana permainan air di water park, flyng fox dan kegiatan seru lainnya.

Nah, bagi Anda yang ingin seru-seruan bersama teman atau keluarga besar ada fasilitas berupa ruang karaoke hingga dengan aula berkapasitas besar. Taman Wisata Pasir Putih berlokasi di Jln Raya Pasir Putih, Sawangan, Depok.

5. Depok Fantasy Water Park
Selain mempunyai Taman Wisata Pasir Putih di Depok juga ada taman rekreasi Depok Fantasy Water Park. Objek wisata ini tidak jauh berbeda dengan Taman Wisata Pasir Putih. Disini Anda bisa seru-seruan sambil bermain air.

Depok Fantasy Water Park menawarkan berbagai wahana permainan air diantaranya seperti perosotan raksasa, kolam renang anak, Esthatic Tower, foodcourt dan bioskop empat dimensi. Tempat wisata ini cukup populer di kalangan masyarakat Depok.

Bila Anda ingin datang ke Depok Fantasy Water Park lokasinya berada di Jln Boulevard Grand Depok City. Taman rekreasi air ini buka setiap hari yakni jam 10.00 hari Senin, jam 09.00 hari Selasa-Jumat dan jam 08.00 saat weekend.

6. Setu Pengasinan
Danau ini berlokasi di Kelurahan Pengasinan, Kec. Sawangan, Depok. Di danau seluas enam hektar ini menyediakan banyak fasilitas terutama bagi pengunjung yang ingin berwisata air. Nah, bagi Anda yang gemar memancing, tempat yang satu ini juga sangat cocok. Ikan Lele, Gurame, ikan mas, mujaer dan ikan gabus adalah beberapa jenis ikan yang bisa diperoleh di Situ Pengasinan ini. Pengelola danau tak menyediakan tempat sewa peralatan untuk memancing sehingga Anda harus mempersiapkan sendiri peralatan memancing apabila ingin mengail ikan-ikan tersebut.

7. Kampung 99
Apakah Anda ingin liburan sambil bercengkrama dengan alam? Coba saja datang ke Kampung 99 Pepohonan di Depok. Di tempat ini Anda bisa memerah susu, memberi makan rusa dan juga memanen sayur. Tentu tempat wisata ini cocok untuk mengajak anak Anda.

Kampung 99 Pepohonan dapat menjadi pilihan untuk liburan bagi Anda yang tinggal di sekitar Jakarta. Selain suasana alam yang masih asri, destinasi ini juga bisa mengajarkan anak Anda kegiatan yang edukatif dan menyenangkan.

Lokasi Kampung 99 dari Masjid Kubah Emas Depok kemudian belok kiri di depan Masjid Kubah Emas. Lalu Ikuti saja Jln KH Muhasan hingga tiba ke lokasi.

Baca juga: 12 Tempat Wisata Terpopuler di Jakarta

8. Godong Ijo
Selain Kampung 99, Anda juga bisa mengajak anak untuk wisata edukasi di Godong Ijo yang berada di perbatasan Depok dengan Pamulang. Godong Ijo ini sebelumnya merupakan salah satu tempat pembibitan tanaman hias.

Disini tidak hanya bisa melihat berbagai tanaman hias, tapi juga tersedia wisata agro, edukasi, hingga wisata pemancingan. Godong Ijo berlokasi di Jln Cinangka Raya KM 10, Nomor 60, Serua, Bojongsari, Depok.

9. Pondok Zidane
Pondok Zidane merupakan salah satu tempat wisata di Depok yang wajib dikunjungi karena menyediakan banyak sekali hiburan salah satunya adalah Zidane Water Park yang terletak di Jln Raya Bengkok, Perigi, Bedahan, Sawangan, Depok. Di Zidane Water Park tersedia 2 kolam untuk orang dewasa dan 2 kolam untuk anak-anak. Fasilias yang terdapat di tempat ini diantaranya aula, musholla, lapangan, pemancingan, gazebo, penginapan dan masih ada banyak lagi. Bila anda kurang puas bermain air, anda dapat mencoba bermain outbond games dan outbond adventure.

10. Agrowisata Belimbing Dewa
Depok yang juga dijuluki sebagai kota Belimbing saat ini memang mempunyai kebun Belimbing terbesar di Indonesia. Di tempat wisata Agrowisata Belimbing Dewa ini, Anda dapat berkeliling di dan menjumpai petani lebih dari 500 orang. Lokasi agrowisata ini terletak di kelurahan Pasir Putih, Sawangan, Depok. Di tempat ini Anda akan dimanjakan dengan buah belimbing dan bisa Anda petik belimbing langsung dari pohonnya. Dan yang tidak ketinggalan Anda akan mendapatkan informasi menarik seputar belimbing Dewa.

Posting Komentar untuk "10 Tempat Wisata di Depok yang Paling Menarik"