Inilah 10 Tempat Wisata Pantai di Lombok yang Terkenal Indah

Inilah 10 Tempat Wisata Pantai di Lombok yang Terkenal Indah - Setelah pulau Bali, dapat dikatakan Lombok adalah tujuan yang bisa dipilih sebagai tempat berlibur karena keindahan alam wisata baharinya. Ya, Lombok terkenal memiliki pantai-pantainya yang indah. Jadi, selain Pantai Senggigi, masih ada lagi sembilan pantai indah di Lombok yang sangat sayang untuk dilewatkan. Berikut adalah daftar 10 pantai di Lombok yang eksotis dan wajib Anda kunjungi.

1. Pantai Gili Trawangan
Pantai Gili Trawangan
Pantai Gili Trawangan
Pantai Gili Trawangan berada di sebuah pulau bagian barat Lombok. Gili Trawangan adalah salah satu destinasi favorit para wisatawan mancanegara maupun domestik. Jika dari kota Mataram, untuk menuju tempat wisata ini Anda bisa menggunakan angkutan umum dengan rute perjalanan Mataram – Rembiga – Pemenang, yang kemudian naik angkutan umum dari pelabuhan Bangsal menuju Trawangan.

Ada bermacam-macam kegiatan favorit di pantai ini seperti snorkeling, scuba diving, berkeliling dengan cidomo, berkendara dengan glass bottomed boat dan masih ada banyak lainnya. Di tempat ini Anda tidak diperkenankan untuk menggunakan kendaraan bermotor, tujuannya untuk mencegah polusi dan menjaga kealamian ekosistem laut.

2. Pantai Senggigi
Pantai Senggigi
Pantai Senggigi
Pantai Senggigi merupakan satu diantara pantai terkenal di Lombok. Disini Anda akan disuguhi pemandangan gradasi warna pasir hitam dan putih yang indah. Selain  bisa melihat gradasi warna pasir, Anda juga bisa menyaksikan pemandangan sunset yang tidak kalah indah dengan sunset Kuta.

Di garis pantai yang terbilang panjang tersebut, Pantai Senggigi mempunyai dua lokasi budaya yang dapat Anda kunjungi. Lokasi budaya tersebut yaitu Batu Bolong dan Batu Layar. Batu Bolong adalah sebuah bangunan pura yang dibangun di atas karang. Sedangkan Batu Layar merupakan sebuah lokasi yang di mana terdapat makam seorang ulama. Selain itu, Anda bisa melihat biota laut yang bebas berenang karena air laut di Pantai Senggigi sangatlah jernih.

3. Pantai Pink
Pantai Pink
Pantai Pink
Pantai di lombok yang satu disebut sebagai Pantai Pink karena memiliki warna pasir pantai yang kemerahan, sehingga bila dilihat dari kejauhan seolah warnanya pink. Nama asli dari Pantai Pink ini sesungguhnya adalah Pantai Tangsi.

Pantai ini berlokasi di Desa Sekaroh, Kec. Jerowaru, Lombok Timur. Pasir pantai yang berwarna pink ini disebabkan adanya pencampuran antara pasir berwarna putih dan serpihan terumbu karang yang berwarna kemerahan. Di pantai ini, bukan hanya pasir pinknya yang menarik, tapi juga memiliki tebing-tebing yang menjulang tinggi yang semakin menambah keelokan pemandangan. Arus air di pantai Pink juga relatif cukup tenang sehingga aman untuk bermain anak-anak.

4. Pantai Kuta Lombok
Pantai Kuta Lombok
Pantai Kuta Lombok
Ternyata Pantai Kuta tak hanya ada di Bali, di pulau Lombok pun juga terdapat Pantai Kuta yang terletak di Desa Kuta, Kec. Pujut, Kabupaten Lombok Tengah. Pantai Kuta disini memiliki pasir dengan warna putih agak kecoklatan, pasir pantai ini juga sering diibaratkan seperti merica.

Ciri khas dari pantai di Lombok ini adalah terdapat sebuah bukit di sebelah barat pantai, yang bernama Bukit Mandalika. Nah, dari bukit ini, Anda akan dapat menikmati keindahan seluruh Pantai Kuta. Tak hanya itu, air laut di pantai ini juga super jernih, sehingga Anda bisa melihat keindahan pemandangan terumbu karang dengan mata terbuka.

5. Pantai Nipah
Pantai Nipah
Pantai Nipah
Pantai Nipah berada tidak jauh dari Pantai Senggigi yakni tepatnya di Dusun Nipah, Desa Malaka, Kec. Pemang, Lombok Utara. Jika dari Pantai Senggigi, maka perjalanan menuju Pantai Nipah bisa ditempuh sekitar 20 menit. Akses jalan menuju pantai ini juga mudah. Letak pantainya yang ada di pinggir jalan memudahkan Anda untuk bisa menemukannya.

Kegiatan yang bisa Anda lakukan di pantai ini di antaranya snorkeling, berenang, berkeliling dengan perahu nelayan dan juga bermain kano. Pantai ini juga memiliki air yang sangat jernih berwarna hijau toska, ditambah paduan jajaran pohon kelapa menjulang tinggi yang semakin membuat elok pemandangan.

6. Pantai Tanjung Aan
Pantai Tanjung Aan
Pantai Tanjung Aan
Pantai Tanjung Aan berada tidak jauh dari Pantai Kuta Lombok yakni hanya berjarak 3 kilometer. Berbeda halnya dengan Pantai Senggigi dan Pantai Kuta, garis Pantai Tanjung Aan ini lebih pendek. Pantai yang berhadapan langsung dengan Samudra Hindia ini seolah terbagi menjadi dua pantai. Yang pertama adalah pantai berpasir putih dan pantai berpasir merica, dan yang kedua terpisahkan dengan batu karang berukuran besar. Kegiatan yang bisa Anda lakukan disini diantaranya snorkeling, berenang, naik perahu atau bisa juga berselancar saat hari mulai menjelang sore.

7. Pantai Selong Belanak
Pantai Selong Belanak
Pantai Selong Belanak
Pantai Selong Belanak ini berlokasi di Desa Selong Belanak, Kec. Praya Barat, Lombok Tengah. Apabila dilihat dari kejauhan, Pantai Selong ini mempunyai bentuk garis pantai yang menyerupai bulan sabit. Dapat dikatakan pantai ini masih belum terlalu banyak dikunjungi oleh wisatawan sehingga masih terbilang alami dan mempunyai pemandangan matahari terbenam (sunset) yang super indah. Setelah puas bermain air, Anda bisa melanjutkan menikmati hidangan seafood di rumah makan yang ada di belakang pantai.

8. Pantai Sekotong
Pantai Sekotong
Pantai Sekotong
Pantai Sekotong berjarak 60 km dari Kota Mataram yakni tepatnya di Kec. Sekotong, Kab. Lombok Barat. Pantai di Lombok yang satu ini dikelilingi oleh bukit-bukit kecil dengan warna pasir putih seperti salju dan laut biru yang jernih. Anda juga bisa menikmati pemandangan Gunung Agung di Bali yang indah dari atas bukit-bukit tersebut lengkap dengan gugusan pulau yang ada di sekitarnya yang semakin menambah elok pemandangan. Tak hanya itu, di pantai Sekotong terdapat Balai Budidaya Laut Lombok, sehingga Anda dapat melihat langsung biota laut seperti diantaranya lobster, abalone, teripang dan masih ada banyak lainnya.

Baca juga: 10 Tempat Wisata di Pulau Lombok yang Menarik

9. Pantai Gili Meno
Pantai Gili Meno
Pantai Gili Meno
Jika Anda sedang mencari lokasi pantai yang tenang dan nyaman? Pantai Gili Meno adalah jawaban yang tepat untuk Anda. Berbeda dengan yang ada di Gili Trawangan yang selalu ramai wisatawan dan wisata alam bawah lautnya. Disini Anda akan merasakan suasana private beach yang lengkap dengan gazebo-gazebo privat sebagai tempat Anda berlindung dari panasnya sengatan sinar matahari. Air laut di pantai ini sangat jernih sehingga Anda bisa melihat secara jelas biota laut sampai pada dasar lautnya. Untuk lokasi spot diving atau snorkeling terbaik ada di bagian barat pantai yaitu di Meno Waal dan Turtle Point.

10. Pantai Tanjung Bloam
Pantai Tanjung Bloam
Pantai Tanjung Bloam
Pantai Lombok ini lebih dikenal oleh masyarakat luas sebagai tempat untuk konservasi penyu. Untuk bisa menikmati keindahan pantai ini Anda harus menempuh perjalanan yang berat yakni menembus hutan jati dan jalanan berlumpur, karena lokasi pantai ini terbilang masih terpencil. Pantai Tanjung Bloam berlokasi di Dusun Tangsi, Desa Temeak, Kec. Jerowaru, Kabupaten Lombok Timur. Keindahan Pantai Tanjung Bloam terlihat dari air lautnya yang biru, pasir putih dan tebing-tebing karang tempat tinggal hewan penyu. Ombak yang ada di pantai ini tergolong besar sehingga Anda harus berhati-hati ketika bermain-main di sekitar pantai.

Posting Komentar untuk "Inilah 10 Tempat Wisata Pantai di Lombok yang Terkenal Indah"