12 Tempat Wisata di Subang yang Wajib Dikunjungi

12 Tempat Wisata di Subang yang Wajib Dikunjungi - Subang adalah sebuah kota unik yang berada di provinsi Jawa Barat. Kota ini memiliki landscape lengkap mulai dari deretan pegunungan, dataran rendah, serta hamparan Pantai Utara Jawa.

Selain mempunyai kekayaan flora dan fauna yang menjadi salah satu daya tarik kota ini. Kota ini juga kaya akan beragam seni budaya yang menjadikan kota Subang mempunyai potensi pariwisata yang cukup besar dan berkembang. Untuk bisa menjangkau kota ini memerlukan waktu 2,5 jam perjalanan dari Kota Jakarta dan 1,5 jam perjalanan dari Kota Bandung. Nah, Apa saja tempat wisata di Subang yang wajib untuk Anda kunjungi. Berikut rangkumannya.
Tempat Wisata di Subang
Air Panas Ciater
1. Air Panas Ciater
Sari Ater Hot Spring Resort atau juga terkenal dengan objek wisata air panas Ciater ini berada di kawasan pegunungan Subang dan di kaki gunung Tangkuban Perahu yakni tepatnya di Desa Ciater, Kec. Ciater Kabupaten Subang.

Di salah satu tujuan wisata terkenal di Indonesia ini, wisatawan bisa menikmati sumber mata air panas yang berasal dari kawah Gunung Tangkuban perahu. Sumber mata air panas ini disajikan dalam bentuk kolam dan kamar rendam berdesain unik.

Dengan luas area 30 hektar dan pemandangan alam khas pegunungan, Sari Ater hot spring resort menyediakan fasilitas penunjang wisata bagi para wisatawan yang berlibur bersama keluarga selain untuk berendam juga bisa menikmati keindahan alam pegunungan yang masih asri.

Baca juga: 13 Tempat Wisata di Jawa Barat dan Sekitarnya

2. Capolaga Adventure Camp
Tempat wisata yang satu ini adalah salah satu objek ekowisata yang terdapat di kabupaten Subang. Berlokasi di desa Cicadas Panaruban, kec. Sagalaherang.

Capolaga Adventure Camp memilik keindahan ekosistem sungai Cimuja yang unik yakni berupa air terjun Cimuja, air terjun Karembong serta air terjun Saawer. Selain air terjun, Anda juga akan menemukan gua-gua salah satunya adalah Gua Badak.

3. Curug Batu Kapur
Curug Agung yang juga dikenal dengan nama Batu Kapur berlokasi di Desa Curug Agung Kec. Sagalaherang. Berendam di kolam air panas ini juga dipercaya oleh masyarakat sekitar bisa menyembuhkan berbagai penyakit kulit seperti gatal-gatal.

4. Curug Cileat
Curug ini berlokasi di Kecamatan Cisalak Kab. Subang. Curug Cileat memiliki ketinggian sekitar 100 meter. Selain berhawa sejuk, Anda juga akan bisa melihat pemandangan pelangi-pelangi kecil yang memantul dari air terjun tatkala matahari pagi memancar. Objek wisata ini juga merupakan tempat yang ideal bagi pecinta kegiatan kemah.

5. Kawah Tangkuban Perahu
Kawah Tangkuban Perahu berada di wilayah selatan Kabupaten Subang dan berada pada ketinggian 2084 mdpl. Keindahan alam kawah yang membentang luas dan kesejukan udara pegunungan yang khas menjadikan gunung Tangkuban Perahu ini menjadi salah satu tujuan wisata yang menarik di Kabupaten Subang.

Jika dilihat dari kota Bandung, gunung ini mempunyai bentuk yang unik menyerupai perahu terbalik. Bentuk yang unik ini dipercaya erat kaitannya dengan kisah legenda Sangkuriang.

Baca juga: 10 Tempat Wisata di Bandung Paling Menarik

6. Pantai Kalapa Patimban
Pantai Kalapa Patimban terletak di Kabupaten Subang yang memiliki daya tarik khas wisata pantai. Pantai Kalapa Patimban memiliki kedalaman laut yang landai sehingga cocok untuk bermain di laut. Kegiatan yang bisa dilakukan di pantai ini diantaranya bola volly pantai, sky boat, berperahu, memancing dan lainnya.

7. Pantai Pondok Bali
Wisata pantai yang berlokasi di Desa Mayangan Kec. Legonkulon Kab. Subang ini memiliki hamparan pasir yang membentang di pesisir laut utara. Kegiatan yang bisa dilakukan di pantai ini seperti berenang, memancing dan juga menikmati keindahan pesona alam ketika matahari terbenam.

8. Penangkaran Buaya Blanakan
Penangkaran Buaya Blanakan berada di Kecamatan Blanakan Kab. Subang. Lokasi ini dikembangkan sebagai penangkaran buaya jenis muara dengan jumlah kurang lebih 200 ekor lengkap dengan habitatnya. Di lokasi ini Anda juga bisa menyaksikan suguhan atraksi buaya-buaya muara dari atas balkon. Selain itu, kegiatan lain yang bisa dilakukan seperti berkemah,berjalan menyusuri hutan mangrove dan menyaksikan beberapa satwa khas rawa.

9. Desa Wisata Sari Bunihayu
Desa Wisata Sari Bunihayu berada di wilayah pegunungan yang terletak di bagian selatan Kota Subang dengan ketinggian antara 500 hingga 1700 meter di bawah permukaan laut dengan luas sekitar 3 hektar. Di desai ini memiliki Ciri Khas Wisata Alam dan Budaya (Seni Tradisi). Anda akan disuguhkan suasana persawahan dan alam pedesaan yang nyaman dan sejuk. Desa Wisata Sari Bunihayu merupakan salah satu pilihan wisata bagi para penikmat perjalanan.

Lokasi Wisata Sari Bunihayu berada di Jalan Patinggi No. 1 Desa Bunihayu Kec. Jalancagak, Subang.

10. Desa Wisata Wangunharja
Selain Desa Wisata Sari Bunihayu, ada juga Desa Wisata Wangunharja yang merupakan salah satu gambaran desa yang terdapat di daerah Subang dengan adat istiadat dan kebudayaan yang masih kental. Di desa ini Anda dapat menyaksikan aktivitas keseharian masyarakat yang tinggal di desa tersebut sembari menikmati suasana perdesaan yang sejuk dan tenang.

11. Kolam Renang Ciheuleut
Wisata Kolam Renang Ciheuluet menempati area seluas kurang lebih 2 hektar, tepatnya berada di Hutan Kota Subang. Wisata Subang ini menampilkan konsep rekreasi terpadu bagi keluarga yang ingin merasakan suasana alami serta murah meriah. Adapaun keunggulan dari Wisata Kolam Renang Ciheuleut ini yaitu memiliki waterboom dan fasilitas untuk kegiatan Outbond.

12. Ciater Higland Resort
Pusat Pacuan Kuda Ciater berada dalam kawasan Ciater Higland Resort yakni di tengah hamparan kebun teh yang luas. Ciater Higland Resort merupakan salah satu pusat pacuan kuda yang memiliki fasilitas cukup lengkap. Bagi Anda penggemar olahraga berkuda tempat wisata ini wajib Anda kunjungi. Selain berkuda, pengunjung juga bisa menikmati keindahan alam perkebunan teh atau kegiatan rekreasi lain yang menarik.

Posting Komentar untuk "12 Tempat Wisata di Subang yang Wajib Dikunjungi"