10 Tempat Wisata Pantai di Jakarta Paling Terkenal

10 Tempat Wisata Pantai di Jakarta Paling Terkenal - Jakarta yang merupakan ibukota negara Indonesia juga terkenal sebagai kota yang padat, macet, dan mempunyai sedikit wisata alam. Kota Jakarta menyimpan banyak sejarah, sehingga terdapat berbagai tempat wisata bersejarah yang bisa Anda kunjungi di kota ini. Salah satu wisata sejarah yang terkenal di Jakarta adalah Monumen Nasional (Monas) atau Kota Tua.

Tapi siapa sangka kota yang super padat ini juga mempunyai potensi objek wisata pantai yang indah. Ada banyak pantai di Jakarta dan sekitarnya yang indah dan menarik untuk dikunjungi. Ingin tahu apa saja tempat wisata pantai di Jakarta yang terkenal. Simak ulasan berikut ini.

1. Pantai Ancol
Pantai Ancol
Pantai Ancol
Ancol merupakan salah satu ikon dari wahana wisata pantai yang ada di kota Jakarta. Tempat wisata yang satu ini sangat terkenal sehingga tak heran bila banyak pengunjung yang berasal dari luar kota Jakarta atau dari dalam kota datang ke Ancol. Ketika musim liburan, Ancol selalu ramai dengan pengunjung. Tentunya hal ini dikarenakan banyaknya hiburan yang ditawarkan oleh Ancol diantaranya seperti gelanggang samudera, dunia fantasi (dufan) dan masih ada banyak lainnya.

Baca juga: 12 Tempat Wisata Terpopuler di Jakarta

2. Kepulauan Seribu
Kepulauan Seribu
Kepulauan Seribu
Walaupun Kepulauan Seribu terpisah dari pulau Jawa, tapi kepulauan seribu termasuk bagian dari provinsi DKI Jakarta. Kepulauan yang luasnya sekitar 108.000 hektar ini menyimpan banyak destinasi eksotis yang wajib Anda kunjungi diantaranya seperti Pulau Tidung, Pulau Pramuka, Pulau Pari dan Pulai Harapan. Kepulauan Seribu yang berjarak 45 km dari utara kota Jakarta ini tak hanya memiliki permukaan laut yang indah, tetapi juga wisata dalam lautnya yang menarik untuk dijelajahi.

3. Pulau Bidadari
Pulau Bidadari
Pulau Bidadari
Pulau Bidadari merupakan salah satu dari pulau yang terdapat di Kepulauan Seribu. Untuk bisa tiba di tempat wisata pantai sekitar Jakarta ini, dapat melalui dermaga Marina di Taman Impian Jaya Ancol dengan cara menaiki speed boat selama kurang lebih 30 menit. Ciri khas dari pulau ini adalah memiliki pasir putih dan air laut yang biru nan jernih. Di wisata Pulau Bidadari terdapat cottage darat dan juga cottage terapung yang seringkali dipilih oleh wisatawan sebagai tempat untuk menghabiskan waktu akhir pekan. Tak hanya itu, pemandangannya yang indah dan asri juga sangat cocok untuk melakukan berbagai kegiatan jenis olahraga misalnya seperti olahraga air, bersepeda atau hanya bersantai menikmati indahnya biru langit dan berjemur di bawah terik matahari.

4. Pulau Tidung
Pulau Tidung
Pulau Tidung
Masih berada di Kepulauan Seribu, Pulau Tidung menawarkan paduan pasir pantai putih dan laut tenang yang cocok untuk Anda yang menginginkan suasana penuh kedamaian. Pulau Tidung ini dibagi menjadi 2 yakni Tidung Besar dan Tidung Kecil yang keduanya dihubungkan dengan sebuah jembatan bernama Jembatan Cinta. Di Pulau Tidung Besar ada penduduk dengan jumlah terbanyak di antara pulau-pulau yang terdapat di Kepulauan Seribu. Untuk bisa mencapai pulau ini, Anda bisa menempuh perjalanan dari Pelabuhan Muara Angke dan memakan waktu selama 3 jam.

5. Pulau Pramuka
Pulau Pramuka
Pulau Pramuka
Pulau ini berada di tengah gugusan laut dari Kepulauan Seribu. Anda akan menjumpai banyak nelayan dan penginapan di Pulau Pramuka. Kegiatan yang bisa dilakukan di pulau ini diantaranya memancing, snorkeling, diving, berkano atau hanya sekedar menikmati pemandangan pantai yang indah. Selain itu, di pulau ini, Anda juga dapat melihat penangkaran penyu sisik yang tentunya bisa menjadi sebuah pengalaman yang tak terlupakan.

6. Teluk Jakarta
Teluk Jakarta
Teluk Jakarta
Teluk Jakarta merupakan sebuah kawasan yang berada satu wilayah dengan Kepulauan Seribu. Tempat wisata ini bisa menjadi tempat yang cocok untuk menghilangkan kepenatan. Kegiatan yang bisa Anda lakukan di tempat wisata ini salah satunya adalah menyewa kapal untuk berkeliling. Di wisata Teluk Jakarta Anda bisa menyewa kapal dari Ancol atau bisa juga menggunakan kapal milik nelayan yang terdapat di Teluk Gong, Tangerang. Selain bisa berkeliling, Ddi sini juga tersedia cottage yang dapat Anda sewa untuk menghabiskan malam hari. Apakah Anda ingin menyaksikan keindahan terumbu karang? Anda bisa mencoba melakukan snorkeling di laut yang dangkal Teluk Jakarta.

7. Pulau Pari
Pulau Pari
Pulau Pari
Asal nama Pulau Pari ini karena mempunyai bentuk yang mirip dengan ikan Pari bila dilihat dari atas. Dengan pemandangan pasir putih yang lembut dan kawasan suasana pantai yang tenang, pulau ini juga cocok untuk Anda yang suka akan ketenangan.

Selain itu, Pulau Pari ini juga merupakan kawasan dari Pusat Penelitian Kelautan LIPI. Bila Anda ingin datang ke pulau ini, bisa mengawali dari Dermaga Marina Ancol atau Pelabuhan Muara Angke yang perjalanannya memakan waktu kurang lebih 1 sampai 1,5 jam dengan menggunakan speed boat. Atau juga bisa dari Pulau Lancang, Pulau Rambut, Pulau Tidung dan Pulau Pramuka yang akan memakan waktu perjalanannya lebih singkat selama 30 menit saja.

8. Pantai Anyer
Pantai Anyer
Pantai Anyer
Terletak sekitar 30 km di bagian barat Jakarta atau tepatnya berada di Serang, Banten. Pantai ini juga merupakan salah satu pantai Jakarta yang sering dikunjungi wisatawan dari Jakarta dan sekitarnya. Pantai Anyer menjadi tujuan wisata yang pas untuk liburan karena pantainya yang indah dan tersedia fasilitas akomodasi wisata yang cukup lengkap. Anda pun bisa melihat pemandangan Gunung Rakata, anak dari Gunung Krakatau yang menjulang di balik laut dari kawasan pantai ini. Tak hanya itu, di Pantai Anyer juga ada mercusuar yang merupakan peninggalan pemerintahan kolonial Belanda.

Baca juga: 6 Tempat Wisata Pantai di Anyer yang Terkenal Indah

9. Pantai Carita
Pantai Carita
Pantai Carita
Pantai ini juga berada di Banten yakni tepatnya di Kabupaten Pandeglang. Pastinya untuk Anda yang tinggal di Jakarta dan sekitarnya sudah tidak asing lagi dengan pantai ini. Perpaduan pasir putih yang menawan dan air laut yang biru adalah keistimewaan yang akan Anda jumpai di sini. Di kawasan Pantai Carita ini ada banyak penginapan atau villa untuk tempat bermalam, dan tersedia juga fasilitas hiburan lainnya.

Baca juga: 16 Tempat Wisata Paling Menarik di Banten dan Sekitarnya

10. Pantai Sawarna
Pantai Sawarna
Pantai Sawarna
Pantai Sawarna merupakan pantai yang terbilang alami, karena masih belum dikelola dan dikembangkan. Terdapat tiga kawasan pantai yang harus dikunjungi saat Anda berada di Pantai Sawarna ini yakni Pantai Karang Ciantir, Pantai Bokor, dan Pantai Karang Taraje. Kegiatan yang bisa Anda lakukan di panta ini adalah menyelam atau cave tubing, karena pantai ini mempunyai banyak gua batu kapur yang dapat Anda jelajahi. Terdapat juga homestay yang sudah disediakan untuk Anda yang ingin menginap di kawasan pantai ini.

Posting Komentar untuk "10 Tempat Wisata Pantai di Jakarta Paling Terkenal"