Inilah 10 Oleh-oleh Khas Bandung Paling Populer

Inilah 10 Oleh-oleh Khas Bandung Paling Populer - Bandung memiliki sejuta pesona yang mampu memikat pengunjungnya? Ya, kota ini seperti menjadi paket lengkap bagi semua orang. Anda bisa pergi ke Bandung untuk berbagai alasan mulai dari wisata alam, wisata kuliner hingga wisata belanja.

Memang, menghabiskan satu dua hari tentu tidaklah cukup untuk bisa menjelajahi Bandung. Pastinya Anda harus kembali ke kota asal dan melakukan aktifitas rutin biasanya. Nah, Agar kota ini masih dapat Anda kenang sampai waktunya Anda kembali lagi mengunjunginya. Anda bisa membawa 10 oleh-oleh khas Bandung berikut ini ke rumah untuk keluarga.

1. Gepuk Nyonya Ong
Gepuk Nyonya Ong
Gepuk Nyonya Ong
Gepuk Nyonya Ong wajib Anda cantumkan ke dalam daftar oleh-oleh wajib kota Bandung. Toko yang berlokasi di Jln Dr. Djunjunan 155E ini selalu dipenuhi banyak pembeli. Gepuk ini sendiri merupakan hasil olahan daging sapi yang juga populer dengan sebutan nama "empal". Disini potongan daging yang sudah digeprek dan ditipiskan akan dirangkai dengan lidi untuk menjaga seratnya agar tidak hancur ketika dimasak.

Tidak hanya daging sapi, di toko Gepuk Nyonya Ong juga menyediakan olahan daging ayam. Melalui kreatifitasnya, gepuk ini diolah menjadi berbagai varian seperti beef original, beef less sugar, beef salty, beef extra pedas, chicken original serta chicken spicy. Gepuk Nyonya Ong ini akan sangat nikmat jika disantap bersama nasi hangat.

Baca juga: 10 Tempat Wisata di Bandung Paling Menarik

2. Pisang Bollen Kartika Sari
Pisang Bollen Kartika Sari
Pisang Bollen Kartika Sari
Belum ke Bandung bila Anda melewatkan Kartika Sari. Toko yang berpusat di Jln H. Akbar Nomor 4 Kebon Kawung ini menyediakan pisang bollen lezat khas yang tentunya akan membuat Anda merasa ingin mencobanya lagi. Ya, Pisang bollen ala Kartika Sari ini adalah pelopor pisang bollen di Bandung dan sudah lama menjadi oleh-oleh wajib bila berkunjung ke Kota Kembang ini.

Pisang bollen ini populer sejak tahun 1970-an dan sampai sekarang ini masih memakai resep asli secara turun termurun, sehingga untuk cita rasanya dijamin tidak berubah. Berbagai macam rasa bisa anda temukan di sini mulai dari cokelat, keju sampai dengan durian. Selain itu, juga masih ada aneka pastry dan kue-kue lezat lainnya diantaranya seperti pastel, risoles, brownies kukus rainbow, kroket dan bagelen.

Sekarang ini, Kartika Sari sudah membuka banyak cabang di kota Bandung, Jakarta dan beberapa kota lainnya. Tapi, membeli di kota asalnya akan lebih memberikan sensasi tersendiri.

Baca juga: 15 Tempat Wisata Kuliner di Bandung Paling Favorit

3. Picnic Roll Prima Rasa
Picnic Roll Prima Rasa
Picnic Roll Prima Rasa
Kreatifitas dari warga Bandung dalam menciptakan kuliner yang lezat memang patut untuk diacungi jempol. Di Bandung, Anda harus membeli Picnic Roll Prima Rasa. Picnic roll yang merupakan hasil olahan daging cincang yang sebelumnya sudah diberi bumbu dan dimasukkan ke kulit pastry bersama telur rebus, lalu dipanggang sampai warnanya kecokelatan. Untuk rasanya, tidak perlu diragukan kelezatannya.

Picnic roll ini tersedia dalam 2 varian yakni daging sapi dan daging ayam yang semuanya enak. Selain picnic roll, di Prima Rasa juga terdapat menu andalan lainnya yaitu pudding mouse, brownies dan mousse cake.

Saat ini, Prima Rasa hanya membuka cabang di kota Bandung saja. Hal ini karena kekhawatiran akan kualitas produk dapat menurun jika toko membuka cabang di kota lain. Semua aneka pastry dan kue Prima Rasa diproduksi dalam satu dapur yang berpusat di Jalan Kemuning untuk setelahnya didistribusikan ke toko cabang lainnya termasuk yang ada di Jln Pasirkaliki. Oleh karena itu, tidak heran jika kualitas rasa yang dihasilkan akan sama baiknya dan tidak mengecewakan penikmatnya.

4. Surabi
Surabi
Surabi
Siapa yang tidak mengenal surabi sebagai jajanan khas Bandung? saat ini Surabi tidak hanya bisa dinikmati di kota Bandung saja. Anda dapat membawanya pulang sebagai oleh-oleh untuk keluarga atau kerabat. Makanan Surabi ini pun tidak bisa dibilang "makanan kampung" karena saat ini berbagai varian rasa surabi sudah diciptakan. Tentu hal ini membuat surabi menjadi sajian makanan lezat yang mengikuti tren perkembangan jaman.

Salah satu tempat yang menyediakan surabi sebagai oleh-oleh Bandung yaitu Surabi Enhaii yang beralamat di Jalan Setiabudi. Disitu, Anda bebas memilih surabi dengan berbagai rasa mulai dari durian keju, oncom, ayam telur keju hingga kismis.

5. Peuyeum
Peuyeum
Peuyeum
Tidak sulit menemukan peuyeum di Bandung. Ya, Peuyeum atau umumnya disebut dengan tape ini memang sudah identik dengan kota Bandung. Salah satu tempat pusat oleh-oleh yang banyak menjual Peuyeum adalah kawasan Jalan Cihampelas. Biasanya, peuyeum ini digantung di depan kios sehingga para wisatawan bisa dengan mudah melihat dan mengenali tempat yang menjual peuyeum.

Peuyeum merupakan produk hasil olahan dari singkong. Cara pembuatannya pun juga cukup mudah. Singkong yang telah dibersihkan kemudian direbus. Kemudian, singkong ditaburi ragi dan disimpan di tempat yang tertutup. Peuyeum sudah dapat dinikmati dalam waktu 2-3 hari kemudian. Jajanan Peuyeum digemari warga bandung karena mampu membuat hangat tubuh di tengah udara kota yang sejuk cenderung dingin.

Baca juga: 5 Tempat Wisata Alam di Bandung yang Menarik untuk Dikunjungi

6. Oncom Raos
Oncom Raos
Oncom Raos
Ada satu lagi kuliner tradisional khas Bandung yang tidak boleh Anda lewatkan yaitu oncom. Oncom ini merupakan produk olahan dari kacang yang telah difermentasikan. Oncom ini kemudian dapat dijadikan bahan baku untuk membuat masakan lezat lainnya, salah satunya adalah oncom goreng yang digemari banyak orang.

Oncom Raos merupakan salah satu tempat yang menyediakan produk olahan oncom. Lokasinya berada di Jalan Cihampelas 91 B, tidak sulit mencari tempat wisata kuliner ini karena lokasinya yang terletak dekat dengan pusat perbelanjaan populer yakni Cihampelas Walk. Tidak hanya oncom goreng, disini juga menyediakan beragam jenis oleh-oleh lainnya seperti aneka keripik, sale pisang dan juga beraneka macam manisan.

7. Angklung
Angklung
Angklung
Pernah mendengar Angklung? Angklung merupakan salah satu alat musik tradisional khas Bandung yang telah diakui dunia. Alat musik berbahan bambu ini mampu menghasilkan kombinasi melodi yang indah ketika dimainkan. Tempat yang terus melestarikan dan mengembangkan kesenian tradisional ini salah satunya adalah Saung Angklung Udjo. Lokasinya berada di Jln Padasuka, Saung Angklung Udjo banyak dikunjungi wisatawan baik dari wisatawan lokal maupun luar negeri.

Setelah puas menyaksikan pentas seni Angklung yang luar biasa, jangan lupa untuk membeli oleh-oleh yang ada disini. Nah, Anda dapat membeli angklung sebagai oleh-oleh untuk keluarga dan kerabat. Selain dijual sebagai alat musik, tersedia juga dalam miniatur anglung dalam bentuk hiasan meja, gantungan kunci dan dinding.

8. Tas dan Sepatu khas Cibaduyut
Tas dan Sepatu khas Cibaduyut
Tas dan Sepatu khas Cibaduyut
Ada kebanggan tersendiri ketika membeli produk asli dalam negeri. Apabila Anda selama ini menggilai produk fashion buatan dari luar negeri, cobalah untuk mengunjungi kawasan Cibaduyut. Di sepanjang jalan ini, Anda akan menemukan deretan toko yang memamerkan beraneka ragam barang dagangannya. Bagi Anda yang gila belanja, diharapkan mampu menahan diri ya.

Produk andalan yang terdapat disini adalah tas dan sepatu kulit. Inilah salah satu bukti bahwa produk buatan anak negeri nyatanya tidak kalah ciamik dari buatan dari luar negeri. Selain itu, desain tas dan sepatu yang tersedia juga cantik-cantik dan modis. Tak hanya tas dan sepatu, Anda juga dapat menemukan dompet, sandal, ikat pinggang dan beragam aksesoris lainnya.

9. Aneka Kerajinan Tangan Lembang
Daerah Lembang tidak hanya menarik dijadikan sebagai tempat wisata alam dan kuliner saja, namun ternyata kawasan ini juga mempunyai beragam kerajinan tangan yang unik dan menarik untuk dijadikan oleh-oleh. Ada beberapa di antaranya yang tidak boleh dilewatkan seperti tas anyaman, keramik dan berbagai kerajinan dari bambu. Anda bisa datang ke Jalan Raya Lembang dan temukan oleh-oleh terbaik untuk dibawakan pada orang tercinta di rumah.

Baca juga: 11 Tempat Wisata di Lembang yang Harus Dikunjungi

10. Pakaian ala Factory Outlet Bandung
Bandung memang sangat terkenal dengan factory outletnya. Terutama bagi warga Jakarta dan sekitarnya, datang ke Bandung berarti adalah datang untuk berbelanja. Setelah puas berburu tas dan sepatu kulit yang ada di kawasan Cibaduyut, nah sekarang waktunya memborong pakaian di deretan factory outlet yang telah menjamur di kota ini.

Beberapa kawasan favorit para wisatawan untuk berbelanja pakaian adalah Jalan Dago, Jalan Riau dan Jalan Cihampelas. Saat berada di tempat-tempat ini, Anda akan seperti lupa waktu dan larut dalam berbagai model pakaian terbaru hasil kreatifitas warga Bandung. Yang tidak boleh lupa adalah menyiapkan dana lebih, karena bisa jadi Anda berbelanja banyak di sini.

Posting Komentar untuk "Inilah 10 Oleh-oleh Khas Bandung Paling Populer"