5 Pilihan Tempat Wisata di Tegal Paling Menarik

5 Pilihan Tempat Wisata di Tegal Paling Menarik - Tegal adalah nama dari sebuah Kabupaten di Jawa Tengah. Terdapat berbagai tempat wisata menarik baik di yang ada di Kabupaten Tegal maupun di Kota Tegal. Salah satu objek wisata di Tegal yang paling Populer adalah Pemandian Air Panas Guci. Tempat ini selalu ramai dikunjungi wisatawan terutama ketika musim liburan tiba. Nah, berikut adalah 5 obyek wisata di Tegal paling menarik yang bisa Anda kunjungi ketika berada di Tegal.
Tempat Wisata di Tegal
Tempat Wisata di Tegal
1. Pemandian Air Panas Guci
Pemandian Air Panas Guci ini adalah salah satu tempat wisata alam yang begitu terkenal di Kabupaten Tegal Provinsi Jawa Tengah. Lokasi pemandian ini berada di Dukuh Pekandangan Desa Rembul, Kecamatan Bojong, Tegal. Seperti namanya, objek wisata ini mempunyai keunikan berupa sumber air panas yang terdapat di kaki Gunung Slamet. Selain itu, sumber air panas ini berjumlah 25 buah dengan tingkatan suhu berbeda-beda. Air yang keluar dari Sumber air panas Guci ini diyakini oleh masyarakat bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit. Tak hanya terkenal dengan pemandian air panasnya, tapi pemandangan di sekitar Guci ini juga sangat indah untuk dinikmati karena berlokasi di kaki Gunung Slamet sehingga nuansa pegunungan yang memiliki udara sejuk sangat terasa.

Baca juga: 10 Daftar Tempat Wisata di Jawa Tengah dan Sekitarnya

2. Pantai Purwahamba Indah
Kabupaten Tegal yang letaknya berada di tepi Pulau Jawa membuatnya mempunyai beberapa tempat wisata pantai dengan pemandangan indah. Ya, salah satu tempat wisata pantai di Tegal ini adalah Pantai Purwahamba Indah. Pantai ini menyediakan fasilitas yang sangat lengkap mulai dari kolam renang, sepeda air, waterboom, kereta mini, gazebo cafe, dan lainnya. Pantai Purwahamba memiliki air yang biru jernih dengan ombak yang tidak terlalu besar serta bibir pantai yang ditumbuhi pohon nyiur yang subur. Bila Anda ingin datang berkunjung ke pantai ini, bisa menuju ke Jalan Raya Tegal - Pemalang KM 14.

3. Waduk Cacaban
Waduk Cacaban merupakan salah satu tempat wisata di Kabupaten Tegal yang terkenal indah. Pemandangan yang ada di wisata ini berupa bangunan waduk yang telah dibangun sejak tahun 1952 dan peletakan batu pertamanya dilakukan oleh Presiden Soekarno. Sebetulnya, Waduk Cacaban ini memiliki fungsi utama sebagai sarana irigasi untuk persawahan yang ada disekitarnya tapi juga dimanfaatkan oleh Pemerintah Kabupaten Tegal sebagai objek wisata yang potensial. Kini Tirta Waduk Cacaban dikembangkan secara serius menjadi sebuah obyek wisata. Hal ini dibuktikan dengan pembangunan beberapa fasilitas di sekitar waduk diantaranya seperti bumi perkemahan, tempat bermain anak, panggung hiburan, warung apung, kapal wisata dan lainnya.

Baca juga: 10 Tempat Wisata di Bantul Paling Terkenal

4. Gunung Tanjung
Gunung Tanjung atau biasa disebut dengan Bukit Sitanjung merupakan kawasan yang berada di perbukitan. Lokasinya di Kecamatan Lebaksiu, Tegal, Jawa Tengah. Di kawasan ini, Anda bisa menikmati beberapa pemandangan yang sangat menarik, diantaranya yaitu Sungai Gung dengan pemandangan hamparan bebatuan yang terlihat indah, Jembatan Sunglon, Bukit Sitanjung, dan pemandangan lainnya. Tak hanya itu, di daerah ini juga ada sebuah warung makan yang dilengkapi dengan fasilitas pemancingan yang menyediakan berbagai macam menu andalan yang kebanyakan aneka masakan ikan serta martabak telor khas Lebaksiu.

Baca juga: 8 Tempat Wisata di Sleman yang Wajib Dikunjungi

5. Curug Cantel Bumijawa
Curug Cantel Bumijawa mempunyai pemandangan yang indah yakni berupa curug atau air terjun dengan ketinggian 60 meter. Tentunya dengan ketinggian seperti itu, air yang jatuh akan terasa sangat deras sehingga tidak disarankan untuk mandi di bawah air terjun ini secara langsung. Tetapi sayang keindahan Curug Cantel Bumijawa ini masih belum banyak dinikmati oleh kebanyakan wisatawan karena lokasinya yang tersembunyi, yaitu berada di Pedukuhan Kalipedes, Desa Sigedong Kec. Bumijawa, Kabupaten Tegal. Selain itu, akses menuju lokasi wisata ini pun juga terbilang susah karena harus dengan tracking sejauh 400 meter dari jalan raya.

Nah, itulah beberapa pilihan tempat wisata menarik di Tegal yang bisa dikunjungi. Selamat berwisata.

Posting Komentar untuk "5 Pilihan Tempat Wisata di Tegal Paling Menarik"