10 Tempat Wisata di Tulungagung Paling Menarik

10 Tempat Wisata di Tulungagung Paling Menarik - Kabupaten Tulungagung adalah salah satu kabupaten di Jawa Timur. Tulungagung terkenal sebagai salah satu daerah penghasil marmer terbesar di Indonesia, dan terletak sekitar 154 km dari sisi barat daya Kota Surabaya yang merupakan ibu kota Provinsi Jawa Timur.

Sebetulnya, Tulungagung mempunyai banyak potensi pariwisata yang dapat diandalkan sebagai salah satu sumber untuk pendapatan daerah. Namun sayangnya, masih banyak potensi pariwisata yang masih belum dikelola secara baik oleh Pemerintah Kabupaten Tulungagung. Meskipun demikian, industri pariwisata di Tulungagung cukup berkembang dengan tempat wisata andalannya Pantai Popoh yang terletak di Kecamatan Besuki.

Ya, Tulungagung diuntungkan dengan letak geografisnya yang berada di tepi Samudera Hindia, sehingga membuatnya memiliki banyak pantai yang menarik untuk dikunjungi. Berikut adalah tempat wisata di Tulungagung yang wajib anda kunjungi:

1. Pantai Popoh
Pantai Popoh
Pantai Popoh
Pantai Popoh merupakan salah satu pantai favorit di Kabupaten Tulungagung. Objek wisata ini berada di selatan kota berjarak sekitar 30 km yakni tepatnya di Kecamatan Besuki. Letaknya yang berada di kawasan teluk, membuat ombak di tepi pantai ini tidak begitu besar. Pemandangan alam pantainya sangat eksotis dimana akan terdapat tebing-tebing karang yang terjal di sekitar pantai. Selain bisa bersantai atau bermain air, Anda juga bisa menyewa perahu nelayan untuk berkeliling di sekitar kawasan teluk. Tempat wisata di Tulungagung ini merupakan salah satu tempat yang menyenangkan untuk menghabiskan waktu liburan bersama keluarga tercinta.

Baca juga: 14 Daftar Tempat Wisata di Jawa Timur dan Sekitarnya

2. Air Terjun Laweyan
Air Terjun Laweyan
Air Terjun Laweyan
Air terjun ini cukup populer di Tulungagung. Meskipun memiliki tinggi tidak lebih dari 100 meter, tapi keindahan air terjun ini sangat luar biasa. Apalagi perjalanan untuk mencapai air terjun ini memacu adrenalin. Anda akan melalui areal perbukitan dengan menyeberangi 9 sungai. Oleh karena itu Anda harus mempersiapkan kemampuan fisik dan jangan lupa membawa bekal.

Lokasi Air Terjun Lawean berjarak sekitar 25 kilometer di sisi barat daya kota Tulungagung. Obyek wisata ini sangat tepat untuk dikunjungi bagi Anda yang suka tantangan dan gemar berpetualang.

3. Pantai Coro
Pantai Coro juga merupakan tempat wisata di Tulungagung yang menarik untuk dikunjungi. Pantai berpasir putih ini berlokasi di Kecamatan Besuki. Keunggulan pantai ini adalah letaknya yang tidak begitu jauh dari pusat kabupaten. Memang pantai ini tak terlalu luas tetapi keindahan pantainya tidak kalah menariknya dengan pantai lainnya di Jawa Timur.

Untuk menuju ke lokasi Pantai Coro Anda bisa menuju ke Pantai Popoh kemudian menuju ke arah Reco Sewu, setelah parkir kendaraan di Reco Sewu, dilanjutkan denagn berjalan kaki beberapa kilometer.

4. Pantai Sine
Berjarak sekitar 35 kilometer di sebelah selatan Kota Tulungagung, Pantai Sine merupakan sebuah pantai berpasir putih kecoklatan dengan ombak yang terbilang cukup besar. Objek wisata di Tulungagung ini berlokasi di Desa Kalibatur, Kec. Kalidawir, Kabupaten Tulungagung. Selain bisa bermain air dan menikmati pesona alam pantainya, Anda juga bisa menyaksikan aktivitas nelayan setempat yang akan berangkat ke laut. Pantai Sine Tulungagung ini juga dikenal dengan nama Pantai Matahari Terbit.

5. Pantai Molang
Pantai indah di Tulungagung yang satu ini berada di Kecamatan Pucanglaban. Lokasinya cukup strategis karena berada di perbatasan antara Blitar dan Tulungagung. Deburan ombaknya yang menawan ditambah dengan warna pasir putih menggoda akan membuat Anda betah berlama-lama di sini. Akses jalan menuju ke pantai Molang ini cukup mudah. Sesampainya di Pucanglaban, Anda akan banyak menjumpai papan petunjuk yang mengantar Anda ke Pantai Molang.

Baca juga: 9 Tempat Wisata di Blitar Jawa Timur

6. Pantai Lumbung
Apakah Anda suka pantai yang memiliki banyak karang? Jika iya, Pantai Lumbung bisa menjadi pilihan tujuan wisata Anda. Keunggulan pantai di Tulungagung ini adalah ada karang besar di bibir pantai.

Pantai Lumbung berlokasi di Desa Pucanglaban, Kec. Pucanglaban, Tulungagung. Lokasi pantai ini tidak jauh dari Pantai Molang, sehingga untuk menuju ke Pantai ini anda cukup mengikuti jalur ke Pantai Molang kemudian setibanya di kawasan pabrik atau tambak udang, Anda bisa bertanya ke warga sekitar untuk jalur ke Pantai Lumbung.

7. Pantai Pathok Gebang
Dari beberapa pilihan tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi, Pantai Pathok Gebang dapat menjadi pilihan untuk mengisi waktu liburan Anda. Tetapi pantai ini khusus bagi pencinta petualangan. Hal ini karena untuk menuju ke lokasi Pantai Pathok Gebang ini lumayan sulit karena pengunjung harus menaiki bukit dan menyusuri hutan yang masih alami sekitar 30 - 40 menit dengan cara berjalan kaki. Pantai ini mempunyai ciri khas berupa tebing atau karang yang cukup besar dengan deburan airnya yang cukup tinggi bila diterjang ombak.

8. Pantai Klatak
Nah, bagi Anda yang lebih senang dengan pantai yang memiliki pasir gelap, Pantai Klatak bisa menjadi pilihan bagus. Obyek wisata pantai di Tulungagung ini beralamat di Desa Keboireng, Kecamatan Besuki. Di pantai ini, Anda akan menyaksikan batu-batu kali yang menghiasi sekeliling pantai Klatak.

Bila Anda berangkat dari Kota Tulungagung menggunakan kendaraan bermotor waktu tempuh perjalanan sekitar 1 setengah jam untuk bisa sampai di lokasi pantai ini. Kegiatan favorit di kawasan wisata pantai ini adalah berenang, memancing dan bersantai.

9. Pantai Ngalur dan Sanggar
Pantai Ngalur dan Pantai Sanggar adalah 2 pantai yang lokasinya berdekatan hanya dipisahkan oleh sebuah bukit. Pantai ini berada di Dusun Ngelo, Desa Jengglungharjo, Kec. Tanggunggunung, Tulungagung.

10. Candi Dadi
Candi Dadi
Candi Dadi
Candi dadi  merupakan salah salah satu objek wisata budaya yang bisa Anda temukan di daerah Tulungagung. Di candi tersebut, Anda bisa melihat sisa-sisa bangunan kuno sehingga sangat tepat bagi yang suka sejarah. Candi dadi adalah candi tunggal yang bangunannya dibuat dari bahan batuan andesit yang terdiri dari batur dan kaki candi.

Posting Komentar untuk "10 Tempat Wisata di Tulungagung Paling Menarik"