10 Tempat Wisata di Puncak Bogor Paling Menarik

10 Tempat Wisata di Puncak Bogor Paling Menarik - Puncak merupakan kawasan wisata yang terkenal dan favorit di daerah Bogor yang menjadi tujuan wisata bagi sebagian warga Jakarta maupun warga Bogor untuk menghabiskan waktu liburan. Tak hanya sekedar menikmati keindahan alamnya saja akan tetapi disini Anda juga bisa mengunjungi tempat wisata di sekitarnya Puncak.

Wisata di Puncak Bogor ini menawarkan wisata alam yang begitu memikat, Anda pun juga tak memerlukan biaya yang mahal untuk menikmati hari libur di Puncak. Dari letak geografisnya, kawasan Puncak Bogor berada di wilayah pegunungan yang membentang di antara Kabupaten Bogor dan Kabupaten Cianjur.

Iklim pegunungan yang sejuk, udara yang bersih, pemandangan alam hijau yang menyegarkan, dan panorama alam yang indah membuat Puncak Bogor terkenal bagi para penikmat perjalanan. Di kawasan Puncak juga disediakan berbagai fasilitas publik yang lengkap seperti hotel dan penginapan, cafe, restoran dan lainnya. Tidak hanya itu, masih ada banyak sekali vila yang disewakan untuk para wisatawan. Mulai dari harga vila yang murah hingga mahal bisa Anda pilih sesuai dengan keuangan Anda.

Menikmati suasana alam Puncak yang menyegarkan selama beberapa hari bisa membuat tubuh kembali rileks. Hal inilah yang menjadi daya tarik utama bagi warga Jakarta untuk datang dan menginap di Puncak Bogor, terlebih pada waktu akhir pekan.

Kawasan wisata Puncak Bogor merupakan pilihan tempat wisata yang banyak digandrungi kawula muda. Terdapat banyak kegiatan wisata yang bisa Anda lakukan, seperti menikmati wisata kuliner, jalan-jalan, dan lain sebagainya. Tak hanya untuk kaum muda saja, wisata Puncak Bogor juga menjadi tujuan wisata keluarga yang populer.

Nah, Apa saja tempat wisata di puncak yang menarik untuk dikunjungi. Ini dia daftarnya.

1. Curug Cilember
Curug Cilember
Curug Cilember
Curug Cilember berlokasi di Desa Jogjogan, Kecamatan Cisarua Puncak. Apabila Anda mengendarai mobil dari Jakarta, maka Anda membutuhkan waktu perjalanan sekitar 1,5 jam untuk bisa sampai di salah satu air terjun terkenal di Bogor ini.

Curug Cilember menawarkan panorama alam yang indah. Udaranya pun juga sejuk, serta terdapat 12 jenis kupu-kupu yang hidup di tempat ini. Hal yang unik dari Air terjun Cilember yaitu adanya tujuh curug (air terjun) berderet yang membentuk pemandangan alam yang mempesona. Ketinggian Curug Cilember ini sekitar 800 meter dpl.

Di sini, juga terdapat laboratorium penangkaran kupu-kupu. Jadi, bagi Anda yang ingin mendapatkan informasi tentang kupu-kupu dapat mendatangi laboratorium ini. Tak perlu khawatir mencari penginapan karena disini juga tersedia tempat penginapan. Kawasan Curug Cilember ini sering dijadikan tempat pilihan untuk kegiatan hiking dan tracking karena kondisi hutan pinus yang masih rimbun.

2. Taman Wisata Matahari
Taman Wisata Matahari
Taman Wisata Matahari
Taman Wisata Matahari berada di Jln. Raya Puncak Km. 77 Bogor. Di sini, terdapat penyewaan villa. Tersedia juga fasilitas yang cukup lengkap, di antaranya seperti arena bermain anak, kolam renang, wisata sungai, aneka wisata air, mini boat, paddle boat, bumper boat, motor dan mobil safari, ATV off road dan lain-lainnya.

3. Agro Wisata Gunung Mas
Agro Wisata Gunung Mas
Agro Wisata Gunung Mas
Bagi Anda yang ingin menikmati suasana hamparan hijau tanaman teh di Puncak, tempat yang satu ini nih yang wajib Anda kunjungi. Hamparan hijau perkebunan teh dengan beberapa pemetik daun teh membuat pemandangan di salah satu obyek wisata Puncak ini semakin terlihat indah. Seringkali pengunjung mengabadikan momen-momen indah dengan latar hamparan hijau kebun teh dengan aktivitas para pemetik daun teh.

4. Taman Safari Indonesia
Taman Safari Indonesia
Taman Safari Indonesia
Taman Safari Indonesia adalah salah satu objek wisata puncak di Bogor yang terkenal. Lokasinya berada di Jl. Raya Taman Safari, Cisarua Puncak. Taman Safari adalah tempat wisata dengan pengenalan wawasan binatang yang hidup di alam bebas. Berbeda dengan kebun binatang pada umumnya, di Taman Safari Anda bisa melihat binatang di alamnya dari jarak dekat dengan menggunakan mobil, bahkan juga bisa berinteraksi secara langsung dengan binatang-binantang tersebut.

Koleksi hewan yang ada di Taman Safari berasal dari seluruh penjuru dunia, mulai dari gajah, rusa, komodo, jerapah, sampai dengan singa dan masih banyak hewan lain yang bisa anda jumpai di tempat ini. Selain fasilitas rute untuk melihat binatang, anda pun juga dapat menikmati fasilitas lainnya di Taman Safari, seperti area permainan, area pertunjukan, area bayi hewan, serta area berenang yaitu Safari Water Park.

5. Taman Nasional Gunung Gede Pangrango
Taman Nasional Gunung Gede Pangrango
Taman Nasional Gunung Gede Pangrango
Jika dari Jakarta, lokasi Taman Nasional Gunung Gede Pangrango berjarak sekitar 100 KM. Taman Nasional Gunung Gede Pangrango mempunyai kekayaan ekosistem yang luar biasa. Tempat ini merupakan rumah bagi hewan dan tumbuhan langka. Ada beberapa kegiatan menarik yang bisa Anda lakukan di sini seperti wisata alam, penelitian, pendidikan, dan pengamatan burung. Untuk wisata alam yang paling populer adalah pendakian gunung.

6. Telaga Warna
Telaga Warna
Telaga Warna
Telaga Warna merupakan salah satu tempat wisata di Puncak yang terkenal dan memiliki panorama yang indah. Objek wisata utama di tempat ini adalah sebuah danau dengan suasana alam yang asri dan tenang. Selain dapat menikmati keindahan pemandangan dan suasana yang asri, anda pun juga dapat bermain berbagai jenis permainan air di tempat ini, seperti sepeda air dan perahu rakit. Asal mula nama Telaga Warna berasal dari cerita yang mengatakan bahwa warna air di danau ini bisa berubah. Wisata Telaga Warna lokasinya berdekatan dengan restoran yang sangat terkenal di Puncak yaitu Rindu Alam.

7. Taman Riung Gunung
Taman Riung Gunung
Taman Riung Gunung
Taman Riung Gunung berlokasi di Jl. Raya Puncak Bogor, lokasinya berada setelah obyek wisata Gunung Mas atau sebelum Puncak Pass jika Anda dari arah Jakarta. Untuk harga tiket masuknya adalah 5 ribu Rupiah per orang.

Fasilitas yang tersedia di sini yaitu, wisata kebun teh (tea walk), restoran, kolam renang, tempat permainan anak-anak, sarana outbound, sampai dengan penginapan dan terapi ikan. Yang menarik, di tempat ini adanya villa milik Presiden Soekarno lengkap dengan barang peninggalannya, konon katanya dulu villa ini digunakan oleh Presiden Soekarno untuk berdoa dengan tenang.

8. Wisata Citamiang
Wisata Citamiang
Wisata Citamiang
Citamiang merupakan objek wisata Puncak Bogor yang cocok bagi Anda yang ingin menghabiskan waktu liburan dengan berbagai permainan di alam terbuka. Di Citamiang ini, Anda bisa bersantai bersama dengan keluarga dan teman-teman sambil menikmati suasana udara yang bersih dan sejuk.

Citamiang juga dikenal sebagai salah satu tempat wisata outbond di Puncak Bogor. Banyak komunitas melakukan aktivitas training di alam terbuka seperti berkemah, dan tracking. Kawasan wisata Citamiang mempunyai hutan pinus Puncak yang rimbun dan hamparan kebun teh yang luas. Oleh karena itulah wisata Ciatmiang memiliki pemandangan alam yang sangat indah dan menyegarkan.

9. Curug Panjang
Curug Panjang
Curug Panjang
Curug Panjang adalah kawasan wisata di Megamendung. Disini menawarkan keindahan air terjun dan sungai. Kegiatan paling menarik yang biasa dilakukan disini adalah river trekking atau menjelajah sungai. Tapi untuk Anda yang ingin melakukan aktifitas jelajah sungai, ada baiknya menggunakan sandal gunung dan membawa pakaian ganti. Jangan menggunakan sandal jepit atau sejenisnya karena area yang nantinya Anda lalui licin dan berbatu. Di kawasan Curug Panjang bukan hanya 1 air terjun saja yang bisa Anda nikmati, namun ada 4 air terjun yang indah.

10. Melrimba Garden
Melrimba Garden
Melrimba Garden
Melrimba Garden berada di Jl. Raya Puncak KM 87, Selain sebagai salah satu produsen tanaman hias yang terkenal, Melrimba Garden juga merupakan salah satu tempat wisata di Puncak dengan konsep taman natural. Dengan luas wilayahnya sekitar 5 hektar, menjadikan Melrimba Garden tempat yang cocok untuk wisata keluarga dengan keindahan alam.

Kunjungi juga: 13 Tempat Wisata di Bogor yang Bagus dan Menarik

Selain panorama alamnya yang mempesona, Di Melrimba Garden juga tersedia fasilitas penginapan, kebun petik buah strawberry, kolam pemancingan, lapangan rumput serba guna, sarana outbound, tempat permainan anak-anak, kebun teh, rumah kaca tanaman hias, hingga wahana permainan luar ruangan seperti ATV dan high rope. Bagi Anda yang membawa kendaraan, tak perlu khawatir tidak bisa parkir karena area parkir Melrimba Garden ini mampu menampung 250 mobil.