7 Tempat Wisata Paling Menarik di Pacitan Jawa Timur

7 Tempat Wisata Paling Menarik di Pacitan Jawa Timur - Pacitan merupakan sebuah kabupaten, yang terletak di ujung barat daya Jawa Timur, lebih kurang sekitar 270 Km dari kota Surabaya. Untuk menuju Pacitan, akan memakan waktu sekitar 5 - 6 jam perjalanan. Secara geografis, Pacitan berbatasan dengan Samudera Hindia dan dikelilingi oleh pegunungan kapur (karst).

Pacitan juga memiliki daya tarik wisata alam yang menawan karena kontur wilayah yang dikelilingi oleh pegunungan. Di sini, Anda akan menjumpai banyak pantai-pantai indah yang bisa Anda kunjungi. Selain itu juga terdapat goa-goa yang akan memberi kesan menarik dalam kunjungan wisata Anda. Memiliki goa yang berjumlah cukup banyak, Pacitan juga mempunyai julukan Kota 1001 Goa. Wisata alam Pacitan ini sangat cocok bagi Anda yang gemar menjelajah alam. Beberapa tempat wisata Pacitan diantaranya adalah:

1. Pantai Klayar
Pantai Klayar
Pantai Klayar
Pantai Klayar adalah sebuah pantai dengan hamparan pasir putih, yang juga memiliki batu karang seperti Sphinx, seruling laut, karang bolong, serta air mancur alami dengan tinggi 10 meter. Pantai ini terletak di Kec. Donorojo, lebih kurang 35 Km dari Pacitan, dengan waktu tempuh sekitar 60 menit perjalanan.

2. Pantai Teleng Ria
Pantai Teleng Ria
Pantai Teleng Ria
Pantai Teleng Ria merupakan salah satu tempat wisata di Pacitan yang ramai akan pengunjung. Untuk menuju lokasi Pantai Teleng Ria hanya menempuh waktu 5 menit dari kota pacitan. Hamparan pasirnya begitu mempesona, tak heran banyak pengunjung yang datang menghabiskan waktu liburannya di tempat wisata ini. Ombak laut di Pantai Teleng Ria juga relatif tenang, cocok untuk berenang atau sekedar bermain di tepian pantainya.

3. Sungai Maron
Sungai Maron
Sungai Maron
Di Pacitan. Anda juga bisa menikmati keindahan “Green Canyon”, yakni Sungai Maron yang berlokasi di Ds. Maron. Untuk dapat menikmati pesona Sungai Maron ii, Anda bisa menyewa perahu penduduk untuk berkeliling menyusuri sungai sepanjang 4,5 Km ini. Pesona dari tempat wisata ini adalah panorama alamnya yang bisa Anda nikmati saat menyusuri sungai. Paduan dari harmoni alam akan sangat menambah eksotiknya Sungai Maron.

4. Goa Gong
Goa Gong
Goa Gong
Goa Gong berada di Desa Bomo, Goa Gong merupakan sebuah goa yang cukup dalam diantara gua-gua yang ada di sekitarnya. Goa Gong adalah salah satu goa yang terkenal dari beberapa tempat wisata Pacitan. Di dalam goa terdapat sebuah batu, dan apabila batu ini dipukul akan berbunyi seperti Gong saat ditabuh. Untuk menuju lokasi goa cukup mudah melalui jalan setapak. Nama Goa Gong sendiri berkaitan erat dengan salah satu nama alat musik gamelan Jawa, yakni gong.

5. Pantai Watu Karung
Pantai Watu Karung
Pantai Watu Karung
Pantai Watu Karung Pacitan adalah sebuah pantai yang terkenal dengan ombaknya yang cukup menantang, sehingga menjadikan pantai ini sebagai tempat surfing berkelas dunia di Pacitan. Pada tahun 2009, peselancar Indonesia yakni Rizal Tanjung yang saat itu mengajak Bruce Irons, juara Rip Curl Pro Search 2008 menjajal ombak di Pantai Watu Karung. Terasa kurang jika Anda para peselancar tidak mencoba ganasnya ombak Pantai Watu Karung Pacitan.

6. Goa Tabuhan
Goa Tabuhan
Goa Tabuhan
Goa Tabuhan Pacitan merupakan sebuah goa di Pacitan yang memiliki karakter magis. Goa ini berlokasi di Dsn. Tabuhan, Ds. Wereng, Pacitan. Nama Goa Tabuhan sendiri berasal dari kata tabuh, yang berarti membunyikan. Anda bisa menikmati alunan musik gamelan Jawa di dalam goa ini, dengan instrumen berasal dari stalagmit dan stalatit di dalam goa ini.

Baca juga: 14 Tempat Wisata di Jawa Timur yang Terkenal

7. Pemandian Banyu Anget
Pemandian Banyu Anget
Pemandian Banyu Anget
Pemandian Banyu Anget Pacitan berada sekitar 15 Km dari pusat kota, yang sangat mudah ditemui.
Air di pemandian ini berasal dari sumber air panas Tirto Husodo Pacitan. Ada banyak kolam di pemandian ini. Di sini tersedia juga 4 kolam untuk pemandian, kolam renang untuk anak, 2 kolam renang untuk dewasa, dan juga kolam sumber air panas.