6 Tempat Wisata Terkenal di Gunung Kidul Jogjakarta

6 Tempat Wisata Terkenal di Gunung Kidul Jogjakarta - Yogyakarta juga memiliki wisata alam yang indah dan berkembang pesat, seperti yang ada di Gunung Kidul. Hal ini disebabkan Gunung Kidul memiliki potensi alam yang cukup banyak. Dari sejumlah tempat wisata di gunung kidul, yang paling menarik adalah pantai-pantainya. Hamparan pasir putih di sepanjang pantai juga menjadi pemandangan indah bagi penikmatnya. Selain pantai masih banyak tempat wisata alam yang menarik untuk dikunjungi, seperti air terjun, gunung, dan juga gua. Berikut adalah beberapa tempat wisata di Gunung Kidul yang menarik untuk Anda kunjungi.

1. Air Terjun Sri Gethuk
Air Terjun Sri Gethuk
Air Terjun Sri Gethuk
Air Terjun Sri Gethuk adalah sebuah air terjun yang indah, dan merupakan salah satu tempat wisata alam yang sayang jika Anda lewatkan saat berkunjung ke Gunung Kidul. Walaupun berada di daerah tandus pada musim kemarau, Air Terjun Sri Gethuk mampu memberikan penyegar bagi para pengunjungnya. Sungainya yang jernih dan dihimpit dua tebing. seakan membuat Anda sedang berada di grand canyon. Air terjun ini terletak di Desa Bleberan, Kec. Playen. Untuk biaya tiket masuk Rp. 2,000 per orang.

2. Gunung Api Purba Nglanggeran
Gunung Api Purba Nglanggeran
Gunung Api Purba Nglanggeran
Gunung Api Purba Nglanggeran adalah sebuah gunung berbentuk bongkahan batu besar, diperkirakan usia gunung ini mencapai 60 juta tahun. Di sini Anda dapat menyaksikan dari ketinggian gemerlap kota Jogja. Gunung Api Purba Nglanggeran juga merupakan lokasi yang tepat untuk melihat sunrise di yogyakarta.

3. Pantai Indrayanti
Pantai Indrayanti
Pantai Indrayanti
Pantai Indrayanti adalah pantai yang memberikan nuansa berbeda dengan pantai di Gunung Kidul yang lainnya. Pantai Indrayanti berpasir putih, berhiaskan bukit dengan batu karang dan air yang jernih. Saat memasuki Pantai Indrayanti, Anda juga bisa menikmati indahnya pantai-pantai yang lainya seperti pantai sundak, baron, kukup, dan yang lainnya. Karena 1 tiket masuk untuk semua kawasan mulai dari pantai indrayanti sampai pantai baron.

4. Gua Pindul
Gua Pindul
Gua Pindul
Gua Pindul berada di Desa bejiharjo, lebih kurang sekitar 12 Km dari Kota Wonosari. Di sini, Anda dapat berpetualang dengan menggunakan ban dan mengikuti arus sungai. Sungai ini mengalir lewat gua, Anda akan diajak menyusuri gelapnya perut bumi yang panjangnya mencapai 300 meter. Di dalam gua, Anda akan menjumpai stalagmit dan stalagtit, sangat menarik bukan? Kegiatan ini juga dikenal dengan cave tubing, karena kegiatan ini memadukan body rafting dan caving.

5. Pantai Ngobaran
Pantai Ngobaran
Pantai Ngobaran
Yang menjadi pemandangan menarik di Pantai Ngobaran, jika air sedang surut hamparan rumput laut akan nampak seperti sawah, apabila dilihat dari atas. Tapi jika Anda turun ke bawah, biota-biota laut yang bersembunyi dibalik batu karang juga akan terlihat. Tak hanya itu saja yang menarik dari pantai ini, budaya di pantai ini juga unik, yakni adanya tempat ibadah untuk 4 agama yang berdiri berdekatan.

6. Pantai Gesing
Pantai Gesing
Pantai Gesing
Pantai Gesing memiliki pasir putih yang bersih, suasananya masih sepi. Air lautnya yang dangkal
serta batu karang pada sisi kanan dan kiri pantai menambah kesan eksotisme Pantai Gesing. Di sini, Anda dapat bersantai sambil menikmati deburan ombak serta hembusan angin laut yang sejuk. Jalur menuju Pantai Gesing yang paling mudah yaitu melalui Imogiri – Panggang, lalu melanjutkan perjalanan ke arah timur sampai bertemu pohon beringin besar berada di Utara jalan, dan belok ke kanan sekitar 10 km.