5 Tempat Wisata Terbaik di Pulau Madura

5 Tempat Wisata Terbaik di Pulau Madura - Madura adalah pulau yang masuk dalam kategori di provinsi Jawa Timur, Madura mempunyai 4 kabupaten yakni, kabupaten Bangkalan, Kabupaten Sumenep, Kabupaten Sampang, dan Kabupaten Pamekasan. Masing-masing kabupaten mempunyai berbagai tempat wisata menarik. Mungkin sebagian orang belum mengetahui tentang beberapa tempat wisata yang ada di Madura. Padahal tanpa kita sadari Madura juga memiliki potensi wisata yang besar, unik dan menarik, sangat disayangkan jika Anda tidak mencoba mengunjungi pulau ini dengan sejumlah tempat wisatanya. Ingin tahu info tempat wisata yang ada di Pulau Madura, berikut akan Saya uraikan sedikit mengenai tempat wisatanya.

1. Gili Labak
Gili Labak
Gili Labak
Gili Labak juga memiliki keragaman biota laut yang lumayan banyak, tempat yang juga kaya akan keindahan alam bawah lautnya, cocok untuk snorkeling ataupun diving. Walaupun ada beberapa lokasi yang sudah tampak kurang baik. tetapi masih bayak pula karang dan biota laut yang tingkat kesehatannya baik. Sayangnya, Anda harus membawa peralatan snorkeling ataupun diving sendiri, karena tidak ada penyewaan peralatan di kawasan Gili Labak. Walaupun infrastruktur penunjang wisata tergolong sangat kurang, namun sensasi pulau pribadi serta pesisir pantai yang alami akan tetap memuaskan hati para pengunjungnya.

2. Pantai Siring Kemuning
Pantai Siring Kemuning
Pantai Siring Kemuning
Pantai Siring Kemuning terletak di Kabupaten Bangkalan, dan bisa ditempuh mengguankan kendaraan roda dua selama lebih kurang 1 jam perjalanan. Lokasi pantai ini sejalur dengan arah menuju kerajinan batik yang berlokasi di Tanjung Bumi. Yang lebih disayangkan pantai ini belum dikelola secara lebih baik oleh pemerintah setempat. Hal ini dapat dilihat dari minimnya fasilitas umum yang digunakan di kawasan tempat wisata Pulau Madura ini. Bahkan ada beberapa pengunjung yang hendak menggunakan fasilitas kamar mandi, mereka terpaksa harus menumpang di rumah penduduk sekitar area pantai ini.

3. Gunung Geger
Gunung Geger
Gunung Geger
Sebenarnya Gunung Geger adalah bukit yang menjulang, terletak di Kabupaten Bangkalan. Tempat ini sangai cocok untuk Anda yang gemar berpetualang. Dapat Anda lihat di sini, pemandangan alam dan suasana hutan yang masih asri. Potensi tempat wisata ini adalah terdapat sebuah makam Potre Koneng (Putri Kuning) yang merupakan nenek moyang dari masyarakat Madura. Untuk mengunjungi lokasi wisata ini disarankan kepada para pengunjung supaya membawa kendaraan pribadi dengan kondisi yang kuat dan stabil karena akses jalan menuju tempat wisata ini cukup sulit.

4. Mercusuar Sembilangan
Mercusuar Sembilangan
Mercusuar Sembilangan
Mercusuar Sembilangan adalah salah satu tempat wisata Madura peninggalan Belanda yang berusia hingga ratusan tahun. Mercusuar ini didirikan oleh Belanda pada masa pemerintahan Raja Z.M Wiem III, dan aktif digunakan mulai tahun 1679. Dari sini Anda dapat melihat Pelabuhan Tanjung Perak, Selat Madura, Kota Gresik, dan Kabupaten Bangkalan. Memang tidak banyak orang yang mengetahui tempat wisata Madura, yang sebenarnya juga memiliki potensi wisata cukup besar, sama halnya dengan beberapa tempat wisata di daerah lainnya yang ada di Indonesia.

5. Pantai Lombang
Pantai Lombang
Pantai Lombang
Pantai Lombang merupakan pantai dengan keunikan tersendiri, di sekeliling pantai terdapat banyak pohon cemara udang seakan menambah keasrian pantai ini. Pantai ini terletak di Pulau Madura ujung timur, lebih tepatnya di Kabupaten Sumenep. Pantai Lombang cukup bersih, ditambah hamparan pasirnya yang luas berwarna kuning keemasan. Pantai Lombang dilengkapi lahan parkir yang luas, warung makan dan minuman di tepi pantainya, gazebo, dan kamar mandi.