15 Tempat Wisata Menarik di Provinsi Sumatera Selatan

15 Tempat Wisata Menarik di Provinsi Sumatera Selatan - Sumatera Selatan adalah salah satu provinsi yang ada di Indonesia yang terletak di bagian selatan Pulau Sumatera. Provinsi yang beribukotakan Palembang ini. Secara geografis memiliki letak yang berbatasan dengan beberapa provinsi lain seperti Jambi di sebelah utara, propinsi Lampung di sebelah selatan, provinsi Kep. Bangka Belitung pada sebelah timur, dan Propinsi Bengkulu di sebelah barat.

Sumatera Selatan juga mempunyai beberapa tempat wisata yang unggulan dan termasuk beberapa wisata favorit di Indonesia. Wisatawan lokal ataupun asing yang selalu memadati kota Palembang padas setiap tahunnya sekedar ingin menikmati tempat-tempat wisata ini. Berikut adalah daftar tempat wisata Sumatera Selatan yang serng di kunjungi.

1. Jembatan Ampera
Jembatan Ampera
Jembatan Ampera
Sungai Musi yang merupakan salah satu sungai paling panjang di Indonesia. Kehidupan masyarakat sekitar tergambar di sungai Musi. Di atas sungai Musi membentang Jembatan Ampera yang begitu di kenal. Pada salah satu pinggiran sungai, terdapat Benteng Kuto Besak yakni salah satu tempat wisata sejarah. Apabila mnyusuri sungai Musi, terasa kurang jika tidak mampir ke Pulau Kemaro, yang merupakan delta sungai Musi. Pulau ini memiliki sejarah dan kisah yang legendaris.

2. Rumah Limas
Rumah Limas
Rumah Limas
Rumah Limas merupakan sebuah rumah tradisional khas Sumatera Selatan dengan segi arsitektur berbentuk panggung dan berbahan kayu, biasanya disebut juga rumah limas karena atapnya memiliki bentuk yang berupa limasan. Bangunannya bertingkat-tingkat dan memiliki filosofi budaya tersendiri pada setiap tingkatnya, masyarakat menyebut tingkat-tingkat ini sebagai bengkilas. Rumah Limas begitu luas dan seringkali di pakai untuk tempat hajatan atau acara adat. Luas rumah limas dari 400 sampai 1000 meter persegi. Bahan beberapa material lantai, dinding, serta pintu menggunakan bahan dari kayu tembesu.

3. Makam Ki Gede Ing Suro
Makam Ki Gede Ing Suro
Makam Ki Gede Ing Suro
Makam Ki Gede Ing Suro berlokasi di Kelurahan 1 ilir. Terdapat 8 buah bangunan berisi 38 kuburan dan diantaranya adalah kuburan Ki Gede Ing Suro yakni cikal bakal Raja-raja Palembang. Pada abad 16 menurut sejarah ada seorang bangsawan Jawa yang bernama Sido Ing Lautan datang di Palembang mengajak para pengikutnya. dan beliau digantikan oleh puteranya yaitu Ki Gede Ing Suro tahun 1552 dan mendirikan sebuah Kerajaan Palembang.

4. Hutan Wisata Punti Kayu
Hutan Wisata Punti Kayu
Hutan Wisata Punti Kayu
Hutan Wisata Punti Kayu terletak lebih kurang 7 km dari pusat kota dan ditetapkan sebagai hutan lindung sejak tahun 1998, dan dikelola oleh Dinas Kehutanan Provinsi Sumatera Selatan. Hutan Wisata dengan luas 50 ini juga terdapat sebuah area rekreasi keluarga serta menjadi tempat hunian monyet lokal. Tempat ini sangat cocok untuk Anda yang ingin menyegarkan pikiran pada akhir pekan. Di sini anak-anak juga bisa bermain menaiki gajah, melihat kebun binatang mini, mandi di kolam renang, atau sekedar duduk bersantai di antara pepohonan pinus. Yang lebih mengasyikkan, acapkali diadakan hiburan yang dimeriahkan oleh artis lokal maupun luar kota.

5. Masjid Agung Palembang
Masjid Agung Palembang
Masjid Agung Palembang
Masjid Agung Palembang terletak di Jalan K.H. Faqih Usman, mempunyai ukuran yang sangat luas hingga 5.520 meter persegi pada bangunan masjidnya saja, bentuknya sangat besar nan megah dan sering menjadi ikon sekaligus tempat wisata di Kota Palembang. Sama halnya dengan masjid agung di beberapa kota lain yang ada di Indonesia pada umumnya, Masjid ini dibangun pada pemerintahan Sultah Mahmud Badaruddin I dari tahun 1738 - 1748 dan mengalami 6 kali renovasi yang luas awalnya hanya 1.080 meter persegi menjadi 5,520 meter persegi. Arsitektur dari Masjid ini bergaya Cina pada kubahnya, bergaya Eropa pada elemen lainnya. Bahkan ada beberapa bahan yang diimpor langsung dari Eropa.

6. Goa Putri
Goa Putri
Goa Putri
Goa Putri berlokasi di Desa Padang Bindu. Untuk dapat mencapai lokasi Goa Putri dibutuhkan waktu sekitar 6 jam perjalanan dari kota Palembang. Dengan rincian perjalanan sekitar 5 jam ke Baturaja dan 1 jam menuju arah Goa Putri. Mengenai tarif transportasi cukup terjangkau. Oleh karena itu banyak para wisatawan yang gemar berkunjung di tempat wisata ini

7. Kebun Binatang Sriwijaya

Kebun Binatang Sriwijaya adalah salah satu tempat rekreasi warga Palembang dan daerah lain di Sumatera Selatan. Di tengah terbatasnya sejumlah tempat wisata keluarga yang ada di provinsi ini, sebenarnya kebun binatang ini bisa dijadikan pilihan menarik untuk berwisata keluarga karena lokasinya yang tidak terlalu jauh dari pusat kota.

8. Arung Jeram Sungai Manna
Arung Jeram Sungai Manna
Arung Jeram Sungai Manna
Arung Jeram Sungai Manna merupakan tempat wisata yang menawarkan tantangan arung jeram dengan tingkat kesulitan yang bervariasi. Sungai manna terletak di Kecamatan Tanjungsakti, sekitar 40 km dari kota Pagaralam. Sungai ini cukup lebar pada bagian awalnya, sedangkan 15 Km berikutnya jalur sungainya sempit, arusnya pun juga cukup deras dan bergemuruh, sehingga cukup menantang bagi Anda yang menggemari olah raga ini. Jalur sungai yang begitu jeram dengan dinding batuan padas pada pinggiran sungai, ditambah arus yang membentuk cekungan dan juga arus memutar. Dari kanan kiri terlihat tebing-tebing yang menawarkan pemandangan alam hutan hujan tropis.

9. Wisata Danau Ranau
Wisata Danau Ranau
Wisata Danau Ranau
Wisata Danau Ranau cukup menarik untuk di kunjungi, karena kawasan ini masih asri serta jauh dari polusi. Wisata danau Ranau terletak di Kampung Lombok, Kec. Sukau, Kab. Lampung Barat. Danau ini diresmikan pada tahun 2007 oleh Bupati Lam-bar, yang dilengkapi dengan fasilitas Hotel bertaraf Bintang 3 berfasilitas lengkap. cocok untuk tempat wisata keluarga besar anda.

10. Bukit Siguntang
Bukit Siguntang
Bukit Siguntang
 Bukit Siguntang merupakan sebuah tempat bersejarah Kota Palembang. Bukit Siguntang begitu rimbun dan asri dan merupakan titik tertinggi di Kota Palembang yang menyimpan banyak cerita dan misteri. Sepanjang mata memandang hanya terlihat sejumlah pohon rindang, kursi dan gazebo yang dibangun di sekeliling Bukit Siguntang. Kesan angker akan terasa saat menuju ke puncak bukit karena Anda akan melihat sebuah makam pertama (makam dari Panglima Tuan DjungDjungan) dari 7 makam yang terdapat di bukit ini,

11. Gunung Dempo
Gunung Dempo
Gunung Dempo
Gunung Dempo adalah sebuah gunung yang mempunyai ketinggian hingga 3,195 meter, dan memiliki kawasan hutan Dipterokarp Bukit hutan Montane serta Hutan Ericaceous atau yang disebut hutan gunung. Gunung ini terletak pada perbatasan provinsi Sumatera Selatan dan Bengkulu. Untuk bisa mencapai desa terdekat, Anda harus terlebih dahulu mencapai kota Pagar Alam, lebih kurang 7 jam perjalanan darat dari Palembang. Dari Palembang tersedia banyak bus yang menuju arah Pagar Alam, salah satunya bus Dharma Karya.

12. Benteng Kuto Besak
Benteng Kuto Besak
Benteng Kuto Besak
Benteng Kuto Besak merupakan bangunan peninggalan kerajaan yang menjadi salah satu tempat wisata Kota Palembang, Sumatera Selatan. Benteng Kuto Besak dibangun pada tahun 1776-1803 Masehi pada saat pemerintahan Sultan Muhammad Badaruddin. Usia bagunan ini mencapai ratusan tahun, sehingga membuat tempat wisata ini menjadi sangat menarik dengan nilai sejarah yang tinggi. kemegahannya masih terlihat dari benteng dengan tinggi mencapai 9,9 meter, panjang 288,75 meter dan lebar 183,75 meter. Apalagi tebalnya mencapai 1,99 meter. Di setiap sudut benteng ini terdapat benteng pertahanan, salah satunya yang ada di sebelah barat laut, memiliki ukuran lebih besar dari ketiga benteng pertahanan lainnya.

13. Candi Bumi Ayu
Candi Bumi Ayu
Candi Bumi Ayu
Candi Bumi Ayu merupakan candi peninggalan Hindu dari aliran Siwa yang terkenal dengan situs candi-candinya. Hasil penggalian dari para arkeolog, komplek daripada Candi Bumi Ayu merupakan candi Hindu terbesar di luar Jawa, dari penemuan tersebut juga disimpulkan bahwa candi-candi ini adalah tiruan Candi Prambanan yang ada di Jawa Tengah. Tempat Wisata Candi ini terletak di Desa Bumiayu, Kec. Tanah Abang, Muara Enim.

14. Air Terjun Bidadari
Air Terjun Bidadari
Air Terjun Bidadari
Air Terjun Bidadari bisa menjadi rekomendasi tujuan wisata Anda yang mungkin Anda akan berkunjung ke Kab. Lahat. Air Terjun Bidadari memiliki keunikan dan keindahan yang akan membuat Anda kagum dan tidak bosan menikmati wisata alam ini. Cobalah untuk berwisata ke pedalaman di Sumatera Selatan, karena di sini banyak hal-hal menarik yang dapat anda temui.

15. Air Terjun Karang Dalam

Selanjutnya menuju ke Air Terjun Karang Dalam, membahas keindahan alam Sumatra Selatan khususnya Kab. Lahat tak akan ada habisnya. Namun sayang, keindahan alam ini kurang dikenal publik, sehingga tidak banyak jumlah wisatawan yang mengetahui betapa eksotisnya pesona alam Sumatra Selatan, salah satu di antaranya adalah Air Terjun Karang Dalam.