10 Info Tempat Wisata Terindah di Jepara

10 Info Tempat Wisata Terindah di Jepara - Beragam keindahan alam ditawarkan oleh sejumlah tempat wisata di Jepara, pesona pantainya yang begitu menarik, sangat sayang jika Anda lewatkan. Daerah yang terkenal dengan sentra penghasil ukiran kayu ini juga merupakan tempat kelahiran pahlawan nasional wanita Indonesia yang terkenal yaitu R.A. Kartini dengan gagasan emansipasi wanita Indonesia.

Beberapa landmark di Jepara berhubungan dengan RA. Kartini, seperti Pantai dan Museum Kartini. Selain itu, salah satu dari sejumlah tempat wisata paling terkenal hingga ke mancanegara yang ada di Jepara adalah Kepulauan Karimunjawa, merupakan sebuah destinasi wisata bahari yang memikat di Jawa Tengah. Seperti yang Anda ketahui, provinsi Jawa Tengah mempunyai berbagai destinasi yang mengagumkan. Karena letak geografis yang berada di posisi utara Pulau Jawa menjadikan Jepara memiliki sejumlah tujuan wisata pantai yang menarik.

Berikut adalah beberapa info tempat wisata di Jepara yang paling menarik dan wajib Anda kunjungi.

1. Taman Nasional Karimunjawa
Taman Nasional Karimunjawa
Taman Nasional Karimunjawa
Ini dia gugusan kepulauan yang memiliki sebanyak 27 pulau di Laut Jawa dengan jarak 83 km di arah barat laut kota Jepara, mempunyai luas area sebesar 107.225 ha. Kepulauan Karimunjawa juga merupakan sebuah cagar alam laut yang dilindungi dan sekarang ini disebut sebagai Taman Nasional Karimunjawa. Ya, Karimunjawa merupakan sebuah destinasi wisata yang sangat populer di Indonesia dan juga salah satu tempat wisata di Jepara yang terkenal. Disini, Anda bisa merasakan pengalaman wisata laut di Jawa Tengah.

2. Museum R.A. Kartini
Museum R.A. Kartini
Museum R.A. Kartini
Museum R.A. Kartini merupakan wisata sejarah di Jepara yang sangat mudah Anda temui, yang berada di sebelah utara alun-alun kota Jepara. Museun ini menyimpan berbagai koleksi benda-benda peninggalan R.A. Kartini. Selain itu juga ada foto- foto kakak kandung R.A. Kartini, yakni Drs. RMP. Sosrokartono, dan berbagai benda purbakala pada abad ke-7 di era Ratu Shima. Ratu Shima adalah seorang penguasa dari kerajaan Kalingga yang berada di daerah Keling Kab. Jepara pada masa itu.

3. Pantai Kartini
Pantai Kartini
Pantai Kartini
Pantai Kartini adalah salah satu tempat wisata paling menarik di Jepara. Tak heran pantai ini menjadi destinasi menarik wisata keluarga. Di sini, Anda akan menemui berbagai wahana permainan anak yang menarik, antara lain mandi bola, komedi putar, dan perahu arus, selain itu juga ada dermaga, dan aquarium kura-kura bisa Anda jumpai di pantai Jepara yang satu ini. Lokasi Pantai Kartini sangat strategis, yakni terletak di antara rute perjalanan wisata Kepulauan Karimunjawa dan Pulau Panjang.

4. Pulau Panjang
Pulau Panjang
Pulau Panjang
Pulau Panjang ini dikelilingi laut dangkal dengan dasar terumbu karang dan juga pantai berpasir putih. Air lautnya yang berada di sebelah selatan dan barat pulau ini cukup jernih dan tak berarus. Jadi bisa digunakan untuk tempat berenang, snorkeling, dan bermain kano. Pulau yang memiliki luas 19 ha ini bisa Anda tempuh dari dermaga di Pantai Kartini yang berjarak sekitar 2,5 km. Mengelilingi pulau dengan cara berjalan menyusuri pantai atau menyusuri jalan (paving block) sambil menikmati keindahan pemandangan adalah kegiatan menarik lainnya yang sering dilakukan oleh para wisatawan.

5. Pantai Bandengan (Pantai Tirto Samudro)
Pantai Bandengan
Pantai Bandengan
Pantai Bandengan merupakan sebuah pantai dengan air yang sangat jernih dan bersih. Pantai ini terletak di sebelah utara kota Jepara, lebih kurang 7 Km dari pusat kota Jepara. Selain airnya yang jernih, Pantai Bandengan juga mempunyai hamparan pasir putih yang sangat indah. Di sini, Anda juga bisa menikmati panorama sunset. Ada banyak kegiatan yang bisa Anda lakukan di pantai ini, seperti volley pantai, berkemah, dan sepeda santai. Lokasi wisata yang satu ini juga sering dijadikan sebagai ajang permainan motor cross dan juga festival layang-layang tingkat regional, nasional serta internasional.

6. Air Terjun Songgolangit
Air Terjun Songgolangit
Air Terjun Songgolangit
Air Terjun Songgolangit memiliki panorama alam yang indah serta udara yang segar, itulah yang menjadi daya tarik dari Air Terjun Songgolangit. Selain itu juga terdapat banyak kupu-kupu berwarna-warni yang begitu cantik. Berada di Ds. Bucu, Kec. Kembang, berjarak sekitar 30 Km dari arah utara kota Jepara. Ketinggian dari Air Terjun Songgolangit ini hingga 80 meter dan memiliki lebar sekitar 2 meter. Dinamakan “songgolangit” karena apabila dilihat dari bawah, seolah air terjun ini tampak sedang menyangga horizon langit.

7. Benteng Portugis
Benteng Portugis
Benteng Portugis
Benteng Portugis merupakan cagar budaya yang dilindungi hingga saat ini, mempunyai panorama alam yang begitu memikat , ditambah suguhan pemandangan bukit, hamparan batuan sedimen yang unik serta panorama pantai yang sangat indah. Benteng Portugis dibangun di atas bukit batu yang berlokasi di pinggir laut, pada bagian utara benteng berhadapan persis dengan Pulau Mondoliko.

8. Pantai Teluk Awur
Pantai Teluk Awur
Pantai Teluk Awur
Pantai ini berjarak sekitar 5 km jika dari pusat kota Jepara. Pantai Teluk Awur adalah salah satu objek wisata di Jepara yang menarik. Biasanya para wisatawan melakukan aktifitas berenang dan bermain air laut untuk menikmati keindahan pantai ini. Untuk memasuki Pantai Teluk Awur ini, Anda tidak akan dikenakan biaya alias gratis. Dengan kondisi air lautnya yang bersih dan jernih membuat pantai yang ada di Jepara ini banyak disukai wisatawan sebagai destinasi wisata saat akhir pekan.

9. Pulau Mandalika
Pulau Mandalika
Pulau Mandalika
Pulau Mandalika merupakan pulau kecil yang berada di laut jawa yakni di sebelah utara laut utara Jawa Tengah. Pulau Mandalika berjarak 2 Km dari utara Desa Ujung Watu, Kabupaten Jepara. Untuk menuju Pulau Mandalika ini Anda dapat menggunakan perahu nelayan dengan waktu sekitar 30 menit. Pulau ini juga berada 2 Km dari bibir pantai atau 500 meter dari lokasi tempat wisata Tebing Benteng Portugis yang terletak di pesisir pantai Ujung Watu.

10. Pantai Bondo (Pantai Ombak Mati)
Pantai Bondo
Pantai Bondo
Pantai Ombak Mati atau lebih dikenal dengan Pantai Bondo ini terletak di Desa Bondo, Kecamatan Bangsri, Kabupaten Jepara. Sesuai namanya, dinamakan Pantai Ombak Mati karena ombak di pantai ini hampir tidak ada. Pantai Bondo atau Pantai Ombak Mati ini adalah salah satu objek wisata alternatif yang dapat Anda kunjungi jika sedang berada di Jepara. Suasana pantai ini cukup sepi dan tenang. Anda bisa menikmati keindahan pantai Bondo ini tanpa harus mendengar hiruk-piruk wisatawan lainnya.