10 Daftar Tempat Wisata di Jawa Tengah dan Sekitarnya

10 Daftar Tempat Wisata di Jawa Tengah dan Sekitarnya - Membahas tempat wisata di Jawa Tengah tentu tak ada habisnya karena banyak tempat-tempat wisata menarik yang tak bakal bosan untuk dibahasnya. Tak hanya membahas tentang beberapa tempat wisata di Jawa Tengah, pastinya Anda juga ingin mengunjungi beberapa tempat wisata tersebut. Dengan berkunjung ke salah satu provinsi di Indonesia yakni, provinsi Jawa Tengah, Anda akan menemukan banyak tempat wisata yang dapat dijadikan destinasi wisata. Apa saja tempat wisata di provinsi Jawa Tengah yang menarik untuk Anda kunjungi? Simak ulasan berikut ini.

1. Candi Borobudur
Candi Borobudur
Candi Borobudur
Candi Borobudur merupakan tempat wisata di Jawa Tengah yang paling ramai dikunjungi para wisatawan dari berbagai penjuru. Candi Borobudur adalah sebuah candi Buddha terbesar di dunia tak heran banyak wisatawan yang tertarik dengan wisata religi dan  wisata budayanya. Candi ini terletak 40 Km di sebelah barat laut Yogyakarta, Koleksi relief Buddha yang dimiliki Candi Borobudur sangatlah lengkap. Candi Borobudur merupakan model mini dari alam semesta yang dibangun pada tahun 770 Masehi digunakan sebagai tempat untuk beribadah dan memuliakan Buddha.

Baca juga: Wisata di Indonesia - Wisata Candi Borobudur

2. Taman Wisata Air Panas Guci
Taman Wisata Air Panas Guci
Taman Wisata Air Panas Guci
Seperti halnya pemandian air panas alami yang lainnya, air panas yang ada di Taman Wisata Air Panas Guci juga dipercaya oleh warga bahwa air panas ini bisa menyembuhkan berbagai penyakit. Taman Wisata Air Panas Guci berlokasi di kaki Gunung Slamet, terletak di Tegal, Jawa Tengah. Untuk bisa mencapai lokasi tempat wisata ini, Anda harus menempuh perjalanan lebih kurang 40 Km dari Tegal, atau 30 Km dari Slawi. Tempat wisata dengan luas 210 hektar ini memiliki beberapa fasilitas, seperti penginapan, perkemahan, wisata hutan, kolam renang air panas, sampai lapangan tenis dan juga lapangan sepak bola.

3. Kepulauan Karimunjawa
Kepulauan Karimunjawa
Kepulauan Karimunjawa
Kepulauan Karimunjawa terletak di sebelah utara kota Jepara dan Semarang, dan terdiri dari 27 pulau, yang berpenghuni hanya 5 pulau saja. Kepulauan Karimunjawa merupakan salah satu tempat wisata Jawa Tengah yang terkenal aka keindahan laut dan pantainya. Selain wisata pantaiya, Anda juga bisa meikmati sensasi yang berbeda, yaitu berenang dengan hiu dan penyu di Kepulauan Karimunjawa.

Baca juga: Wisata Jepara - Wisata Kepulauan Karimunjawa

4. Dataran Tinggi Dieng
Dataran Tinggi Dieng
Dataran Tinggi Dieng
Dataran Tinggi Dieng merupakan kawasan gunung berapi raksasa yang memiliki beberapa kawah dan juga candi Hindu kuno. Dataran Tinggi Dieng berada sekitar 30 Km dari Wonosobo. Dataran tinggi ini memiliki ketinggian mencapai 2,000 meter. sehingga menyebabkan suhu di dataran ini yang sangat dingin hingga mencapai 15 derajat Celsius juga 10 derajat Celsius saat malam hari.

Baca juga: 5 Tempat Wisata di Dieng - Wonosobo Paling Menawan

5. Museum Kereta Api Ambarawa
Museum Kereta Api Ambarawa
Museum Kereta Api Ambarawa
Dahulu, Museum Kereta Api Ambarawa adalah sebuah stasiun kereta api yang sangat berjaya pada masa itu. Namun sekarang sudah beralih fungsi menjadi museum. Museum ini berlokasi di pusat kota Ambarawa, lebih kurang 20 Km dari kota Semarang. Museum Kereta Api Ambarawa memiliki banyak koleksi kereta api yang unik dan juga lengkap, antara lain 21 kereta uap, telepon antik, perabotan antik, alat telegraf morse, dan bel antik. Salah satu koleksi kebanggaan Museum Kereta Api Ambarawa yaitu, kereta uap bergerigi dan hanya ada 3 di seluruh dunia.

6. Pantai Marina
Pantai Marina
Pantai Marina
Yang dimaksud Pantai Marina di sini bukanlah Pantai Marina di Batam, melainkan Pantai Marina Semarang. Pantai ini merupakan salah satu tempat wisata jawa Tengah yang ramai dikunjungi oleh wisatawan lokal, karena jaraknya hanya beberapa ratus meter saja dari Bandara Ahmad yani. Di Pantai Marina ini, Anda bisa bermain perahu, balapan mobil mainan, memancing, berenang, dan berjalan-jalan di area kebun buah naga.

7. Puri Maerokoco
Puri Maerokoco
Puri Maerokoco
Puri Maerokoco merupakan taman mini versi Jawa Tengah yang terletak di kota Semarang. Saat ini Puri Maerokoco telah menjadi tempat wisata yang memiliki nilai edukasi dan budaya, sehingga banyak para orang tua membawa anak-anak mereka ke tempat ini. Puri Maerokoco sering kali disebut sebagai cara mudah berkeliling Jawa Tengah. Selain rumah adat, Puri Maerokoco juga memiliki beberapa fasilitas wisata seperti kolam pemancingan, kereta, pasar apung, sepeda air, bianglala, perahu, dan yang lainnya. Puri Maerokoco buka dari jam 08.00 hingga jam 18.00 dengan harga tiket masuk Rp 10,000.

Baca juga: 10 Tempat Wisata di Semarang Jawa Tengah yang Terkenal

8. Desa Wisata Tlogoweru
Desa Wisata Tlogoweru
Desa Wisata Tlogoweru
Desa Wisata Tlogoweru berlokasi di DEemak Desa Wisata Tlogoweru terkenal dengan burung hantu yang jumlahnya sangat banyak. Dahulu burung hantu ini dikembangkan dengan tujuan mengurangi dan memberantas hama tikus yang kala itu merusak tanaman jagung. Selain berhasil memberantas hama tikus, burung hantu telah mengubah kawasan ini menjadi sebuah tempat wisata yang penuh inovasi. Selain Anda bisa melihat ratusan jenis burung hantu terbang bebas, di sini Anda juga bisa mengetahui bagaimana cara merawat burung hantu ini.

9. Pantai Kartini
Pantai Kartini
Pantai Kartini
Pantai Kartini adalah tempat transit juga penghubung untuk mereka yang berwisata ke Kepulauan Karimunjawa. Pantai Kartini berlokasi di Jepara, memiliki luas lebih dari 3 hektar. Pantai Kartini disebut sebagai pantai permandian karena  dipercaya dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit. Pantai Kartini juga memiliki beberapa jenis wahana permainan, diantaranya area kebun binatang, bermain anak-anak, penyewaan perahu, panggung hiburan, dan masih banyak lagi.

Baca juga: 10 Tempat Wisata Terindah di Jepara

10. Masjid Agung Jawa Tengah
Masjid Agung Jawa Tengah
Masjid Agung Jawa Tengah
Masjid Agung Jawa Tengah dibangun tahun 2001, dan diresmikan  tahun 2006. Masjid Agung ini merupakan masjid paling besar dan paling megah yang ada di provinsi Jawa Tengah. Bangunan masjid merupakan gabungan arsitektur Islam, Jawa dan Romawi. Fasilitas Masjid Agung Jawa Tengah antara lain, museum, Al Quran raksasa, studio radio, payung elektrik, dan lain sebagainya.