11 Tempat Wisata yang Wajib Dikunjungi di Sumatera Utara

11 Tempat Wisata yang Wajib Dikunjungi di Sumatera Utara - Sumatra Utara adalah tempat wisata yang sangat menarik perhatian para wisatawan asing ataupun lokal. Tentu tempat wisata sumatra utara ini akan menjadi suatu pengalaman menarik yang dapat Anda ceritakan kepada keluarga dan teman. Di pulau Sumatra ini banyak sekali pilihan objek wisata yang bisa Anda pilih, karena Pulau Sumatera sangat luas sekali dan merupakan pulau terbesar ke-6 di dunia, maka tidak heran jika pulau ini banyak menyimpan tempat-tempat wisata yang bisa Anda jadikan tujuan wisata ketika liburan maupun di waktu senggang.

1. Air Terjun Sipiso-piso
Air Terjun Sipiso-piso
Air Terjun Sipiso-piso
Letak Air Terjun Sipiso-piso dekat dengan Desa Tongging, Sumatera Utara. Kata piso ini berasal dari kata pisau karena air terjunnya deras bagaikan pisau yang tajam. Air Terjun Sipiso-piso merupakan salah satu air terjun yang paling tinggi di Indonesia.

2. Danau Toba
Danau Toba
Danau Toba
Danau Toba adalah danau vulkanik terbesar di kawasan Asia Tenggara. Danau Toba dikenal karena ukurannya yang besar dan memiliki keunikan berupa adanya sebuah pulau di tengah Danau Toba. Panjang Danau ini sekitar 100 KM dan lebar sekitar 30 KM. Danau Toba juga merupakan tempat wisata di Sumatera Utara yang paling terkenal, sehingga Anda tidak perlu khawatir jika ingin menginap di Danau ini karena di sepanjang tepian Danau Toba banyak sekali ditemukan penginapan.

3. Hillpark Sibolangit / Green Hill City
Hillpark Sibolangit / Green Hill City
Hillpark Sibolangit / Green Hill City
Hillpark Sibolangit berlokasi di Desa Suka Makmur Sibolangit, Deli Serdang. Tempat ini adalah sebuah taman rekreasi yang memiliki banyak sekali jenis permainan. Hillpark Sibolangit merupakan salah satu taman permainan terbesar di Sumatera yang memiliki luas sekitar 20 hektar. Hillpark Sibolangit ini berada di daerah pegunungan dengan ketinggian sekitar 550 meter di atas permukaan laut sehingga mempunyai udara yang lumayan sejuk.

4. Tangkahan
Tangkahan
Tangkahan merupakan daerah yang masih termasuk dalam Taman Nasional Gunung Leuser. Sumatera Utara. Di tempat ini memiliki udara yang sejuk dengan tanah yang berbukit, dan hutan tropis yang sangat rindang. Tangkahan sangat cocok bagi para pecinta alam, karena banyak kegiatan yang bisa anda lakukan di sini. Seperti , terkking, berenang, bermain di air terjun, menaiki gajah, atau masuk ke goa kelelawar.

5. Danau Lau Kawar
Danau Lau Kawar
Danau Lau Kawar
Danau Lau Kawar berlokasi di kaki Gunung Sinabung, Sumatera Utara. Dengan warna airnya yang biru, Danau Lau Kawar mempunyai luas 200 hektar,dan lebih kecil dari Danau Toba. Meskipun lebih kecil dari Danau Toba, suasana yang asri dan pepohonan yang hijau di kaki gunung ini memiliki daya tarik tersendiri sehingga tak kalah menarik dari Danau Toba. Sering di jumpai grup yang sedang berkemah sembari beristirahat sa'at mendaki Gunung Sinabung. Anda juga bisa melihat orang - orang yng sedang memancing di tengah danau dengan menaiki perahu kecil.

6. Air Terjun Telaga Dwi Warna Sibolangit
Air Terjun Telaga Dwi Warna Sibolangit
Air Terjun Telaga Dwi Warna Sibolangit
Air Terjun Telaga Dwi Warna Sibolangit, dengan ketinggian sekitar 100 meter, ini memiliki keunikan tersendiri jika dibandingkan dengan air terjun lain, yakni memiliki 2 warna. warna tersebut adalah warna putih yang ke abu- abuan dan biru muda yang di sebabkan karena kandungan belerang dan juga fosfor yang dimilikinya. Untuk mencapai lokasi Air Terjun Telaga Dwi Warna Sibolangit, anda harus melewati hutan , maka sebelumnya persiapkanlah diri anda.

7. Pulau Samosir
Pulau Samosir
Pulau Samosir
Pulau Samosir merupakan pulau yang terdapat di tengah Danau Toba berada pada ketinggian 1,000 meter di atas permukaan laut. Para wisatawan dapat menyeberangi Pulau Samosir dengan menggunakan kapal ferry, atau menggunakan jalur darat. Anda bisa menikmati pemandangan alam yang sangat indah di Pulau Samosir, Selain itu juga dapat menikmati wisata sejarah, budaya dan kuliner Batak, sampai dengan permandian air panas.

8. Bukit Gundaling
Bukit Gundaling
Bukit Gundaling
Bukit Gundaling merupakan salah satu obyek wisata Sumatera Utara yang berlokasi sekitar 60 KM dari pusat kota Medan. Berada pada ketinggian lebih dari 1,500 meter di atas permukaan laut dan terletak di pinggir kota Berastagi, Suasana Bukit Gundaling serupa dengan puncak. Yang unik dari Bukit Gundaling yaitu anda bisa menikmati pemandamngan dua gunung berapi di puncak Bukit Gundaling.

9. Danau Siombak
Danau Siombak
Danau Siombak
Danau Siombak merupakan sebuah danau dengan luas sekitar 40 hektar, terletak di Kelurahan Paya Pasir, Medan, Provinsi Sumatera Utara. Warga Medan sangat memfavoritkan Danau Siombak sebagai pilihan wisata akhir pekan. Terutama mereka yang ingin memancing sambil bersantai. Selain itu juga terdapat kawasan bermain anak dengan berbagai jenis permainan air, sehingga menjadikan Danau Siombak cocok untuk tempat wisata di akhir pekan warga Medan.

10. Air Terjun Sigura-gura
Air Terjun Sigura-gura
Air Terjun Sigura-gura
Air Terjun Sigura-gura terletak di Kabupaten Toba Samosir, Air Terjun ini adalah air terjun tertinggi di Indonesia yang memiliki ketinggian sekitar 250 meter. Letaknya yang dekat dengan Danau Toba, membuat kawasan wisata air terjun Sigura-gura menjadi banyak dikunjungi wisatawan. Biasanya para wisatawan menyempatkan diri berkunjung ke air terjun ini bersamaan dengan mengunjungi Danau Toba. Selain mendapat kunjungan dari wisatawan dalam negeri, Air Terjun Sigura-gura juga banyak dikunjungi wisatawan dari luar negeri.

11. Pantai Lagundri dan Pantai Sorake
Pantai Lagundri
Pantai Lagundri
Pantai Sorake
Pantai Sorake
Kedua pantai ini masih berada dalam 1 garis pantai di Kecamatan Teluk Dalam, Nias Selatan, Sumatera Utara. Pantai ini sangat terkenal karena ombaknya yang terbilang besar dan sangat disukai oleh para peselancar dari berbagai belahan dunia. Jika Anda tidak bisa berselancar, jangan khawatir karena di kedua pantai ini banyak sekali terdapat pelatih selancar yang bisa mengajari Anda. Selain itu, Anda juga tidak perlu bingung mencari penginapan karena ada puluhan penginapan di sepanjang pantai ini.