10 Tempat Wisata Pulau Lombok yang Menarik

10 Tempat Wisata Pulau Lombok yang Menarik -  Pulau Lombok merupakan sebuah pulau yang terletak di sebelah timur Pulau Bali. Bagi Pulau Lombok sektor pariwisata merupakan sumber pendapatan yang paling peting hingga kebanjiran wisatawan di setiap harinya. Pulau Lombok sering digunakan sebagai tempat wisata alternatif dari Bali, Pulau Lombok menawarkan ragam tempat wisata yang tentunya tak kalah menarik dari Bali. Berikut tempat - tempat wisata di Pulau Lombok yang wajib anda kunjungi.

1. Pantai Senggigi
Pantai Senggigi
Pantai Senggigi
Pantai Senggigi merupakan salah satu wisata di Lombok yang paling ramai dikunjungi oleh para wisatawan. Pantai Senggigi terletak di bagian barat Pulau Lombok, Pantai Senggigi memiliki suasana yang sanagt mirip dengan Pantai Kuta Bali, Ombak yang tenang di Pantai Senggigi sangat cocok untuk berenang ataupun snorkeling. Memiliki garis pantai yang panjang, Di Pantai Senggigi Anda akan dimanjakan dengan indahnya pasir pantai dan juga air laut yang begitu jernih. Pantai Senggigi adalah salah satu obyek wisata di Lombok yang paling terkenal karena memiliki fasilitas penunjang wisata seperti hotel, bar, resto, sarana transportasi, dan lainnya.

2. Pura Batu Bolong
Pura Batu Bolong
Pura Batu Bolong
Pura Batu Bolong berlokasi di daerah Senggigi, Lombok. Pura Batu Bolong ini berada di atas batu karang yang berwarna hitam dan menjorok ke arah laut. Terdapat sebuah lubang di bagian tengah batu karang ini, maka dari itu pura ini di debut Pura Batu Bolong. Seperti halnya pada pura-pura umumnya di Bali, untuk bisa memasuki Pura Batu Bolong ini, Anda harus mengenakan kain berwarna kuning di pinggang. Pura Batu Bolong memiliki latar belakang pemandangan Gunung Agung dan Selat Lombok, sehingga sangat indah jika dijadikan tepat untuk berfoto-foto, terlebih pada saat matahari tenggelam.

3. Gunung Rinjani
Gunung Rinjani
Gunung Rinjani
Gunung Rinjani merupakan ikon wisata dan sekaligus tempat wisata di Lombok yang terkenal. Gunung ini memiliki ketinggian lebih dari 3,700 meter. Gunung Rinjani merupakan gunung berapi tertinggi kedua yang ada di Indonesia. Gunung Rinjani memiliki nilai spiritual tersendiri bagi penganut agama Hindu, karena dianggap sebagai tempat tinggal dari pada dewa. Pendakian adalah wisata favorit di Gunung Rinjani. Gunung ini juga dianggap sebagai gunung dengan pemandangan terindah di Asia, sehingga ada banyak orang yang mendaki gunung Rinjani untuk bisa menikmati pemandangan yang indah. Untuk bisa mencapai puncak Gunung Rinjani, dibutuhkan waktu beberapa hari, Oleh karena itu, sebaiknya Anda mempersiapkan dengan matang segala kebutuhan Anda.

4. Taman Narmada
Taman Narmada
Taman Narmada
Lokasi Taman Narmada berada sekitar 10 KM di sebelah timur kota Mataram tepatnya di Desa Lembuak. Taman yang memiliki luas kurang lebih 2 hektar ini dibangun oleh Raja Mataram Lombok pada tahun 1727. Dahulunya, taman ini dipergunakan sebagai tempat untuk istirahat dan tempat upacara, namun sekarang taman ini telah berganti fungsi menjadi sebuah tempat wisata. Hal yang unik dari Taman Narmada ini adalah desain tamannya yang merupakan replika mini dari Gunung Rinjani, selain itu ada juga sumber mata air dari Gunung Rinjani yang dipercaya bisa membuat awet muda jika dibasuh ke muka dan diminum airnya.

5. Air Terjun Sendang Gile
Air Terjun Sendang Gile
Air Terjun Sendang Gile
Air Terjun Sendang Gile berlokasi di Lombok Utara, jaraknya dari kota Mataram sekitar 60 KM atau 3 jam perjalanan. Terletak di Desa Senaru, Air Terjun Sendang Gile adalah awal pintu masuk pendakian Gunung Rinjani. Karena mempunyai sumber air yang sama dengan air yang ada di Taman Narmada,  penduduk setempat percaya bahwa air di Air Terjun Sendang Gile dapat membuat awet muda jika di gunakan untuk mandi atau sekedar membasuh muka saja.  Jika anda ingin mencoba menikmati air awet muda di Air Terjun Sendang Gile, Anda harus menempuh sekitar 200 anak tangga terlebih dahulu.

6. Danau Segara Anak
Danau Segara Anak
Danau Segara Anak
Danau Segara Anak adalah salah satu obyek wisata di Lombok yang wajib anda kunjungi, terlebih untuk para pecinta wisata alam. Terletak di kawah Gunung Rinjani, Sampai sekarang Danau Segara Anak diyakini sebagai bagian dari laut yang terpecah ke atas pada sebuah pulau. Dikarenakan warna air danau yang berwarna biru, sama seperti warna air laut.

7. Gili Trawangan
Gili Trawangan
Gili Trawangan merupakan pulau terbesar dari kelompok 3 pulau gili. Gili Trawangan merupakan pulau paling ramai dikunjungi di antara 3 pulau gili lain. Pulau ini di kenal sejak tahun 1980 saat sekelompok backpacker menemukan pulau yang indah ini.

Tidak ada kendaraan bermotor di pulau ini, namun di pulau ini tersedia banyak sepeda yang disewakan jika anda ingin menjelajah pulau ini.sehingga untuk dapat menjelajah pulau ini, Banyak kegiatan yang bisa anda lakukan, seperti snorkeling, selancar, menyelam, dan yoga.

8. Pantai Kuta Lombok
Pantai Kuta Lombok
Pantai Kuta Lombok
Pantai Kuta tak hanya ada di Bali, melainkan juga terdapat di Lombok. Terletak di Desa Kuta, 56 KM dari kota Mataram, Lombok, Di Pantai Kuta Lombok memiliki pasir yang sangat halus sehalus merica, maka dari itu penduduk setempat menyebut pantai ini , pantai merica.

Pantai Kuta Lombok merupakan salah satu obyek wisata di Lombok yang paling indah, bahkan merupakan salah satu tempat wisata terindah di Indonesia sebab masih jarang dijamah oleh manusia. Wisata utama pantai ini yaitu selancar karena ombaknya merupakan salah satu yang terbaik di dunia. kegiatan yang bisa anda lakukan di Pantai Kuta Lombok seperti : menyelam, memancing, snorkeling, berkuda, dan lain-lainnya.

9. Pantai Sire
Pantai Sire
Pantai Sire
Pantai Sire terletak di Lombok Utara berjarak sekitar 35 KM dari kota Mataram. Pantai Sire merupakan tempat wisata Lombok yang patut dikunjungi karena menawarkan keindahan pantai yang sangat eksotik. Anda bisa melihat Gunung Rinjani dari pantai Sira jika cuaca cerah. Dengan garis pantai hampir sekitar 4 KM,

Pantai Sire menyediakan beragam aktifitas wisata seperti berenang, bermain kano, snorkeling, dan juga memancing. Jika Anda lupa tidak membawa peralatan untuk aktifitas berwisata, tidak perlu khawatir sebab di pinggir Pantai Sire terdapat banyak penyewaan alat-alat penunjang wisata.

Baca juga: Inilah 10 Tempat Wisata Pantai di Lombok yang Terkenal Indah

10. Hutan Monyet Pusuk
Hutan Monyet Pusuk
Hutan Monyet Pusuk
Hutan Monyet Pusuk termasuk bagian dari kawasan Gunung Rinjani, Lombok. Hutan ini terletak di puncak Gunung Rinjani dan dijadikan habitat dari ratusan monyet. Jika Anda melakukan perjalanan di sekitar Hutan Monyet Pusuk ini, sebaiknya berhati-hatilah ketika berkendara, karena seringkali monyet-monyet ini bermain di tengah jalan.

Biasanya Hutan Monyet Pusuk juga menjadi tempat istirahat sekaligus tempat wisata bagi wisatawan yang ingin menuju Air Terjun Sendang Gile. Jika Anda membawa bekal makanan, monyet-monyet ini akan berusaha mengambilnya, ada baiknya jangan melawan monyet-monyet ini karena monyet ini bisa saja marah.