10 Tempat Wisata di Provinsi Lampung yang Terkenal

10 Tempat Wisata di Provinsi Lampung yang Terkenal - adalah sebuah provinsi yang terletak di bagian paling selatan Pulau Sumatera. Pada tahun 1964 Lampung resmi menjadi salah satu provinsi di Indonesia. Ada banyak jenis tempat wisata yang ditawarkan oleh provinsi ini sehingga banyak mengundang wisatawan dari luar Lampung. Ingin tahu apa saja tempat wisata di lampung? berikut 10 tempat wisata di Lampung yang wajib dikunjungi?

1. Pantai Pasir Putih
Pantai Pasir Putih
Pantai Pasir Putih
Pantai Pasir Putih adalah salah satu tempat wisata di Lampung yang paling favorit karena cukup dekat dengan ibukota, sekitar 20 KM dari kota Bandar Lampung. Untuk menuju Pantai Pasir Putih ini Anda hanya membutuhkan waktu perjalanan sekitar 20 menit. Sesuai namanya, pantai ini memiliki pasir bewarna putih yang dilengkapi dengan pepohonan dan lautan biru. Tempat wisata ini juga dijadikan tempat wisata akhir pekan favorit bagi warga Bandar Lampung sehingga pada waktu akhir pekan, tempat ini ramai dikunjungi.

2. Teluk Kiluan
Teluk Kiluan
Teluk Kiluan
Teluk Kiluan adalah salah satu objek wisata di Lampung yang paling terkenal. Di Teluk Kiluan Anda bisa melihat lumba-lumba langsung di habitatnya. Waktu yang terbaik untuk melihat lumba-lumba di Teluk Kiluan adalah pada bulan April-September saat musim kemarau. Sebelum berangkat ketempat ini sebaiknya Anda bertanya dahulu pada pengelola homestay mengenai cuaca dan keberadaan lumba-lumba. Hal ini karena kemunculan lumba-lumba di Teluk Kiluan secara alami sangat dipengaruhi oleh cuaca.

3. Taman Nasional Way Kambas
Taman Nasional Way Kambas
Taman Nasional Way Kambas
Taman Nasional Way Kambas adalah salah satu taman nasional paling tua di Indonesia. Taman Nasional Way Kambas merupakan taman nasional yang difokuskan untuk pelatihan dan perlindungan gajah. Jadi, di Taman Nasional Way Kambas ini yang patut dilihat adalah gajahnya. Selain hewan gajah, Taman Nasional Way Kambas juga melindungi beberapa hewan lainnya yang hampir punah seperti harimau Sumatera dan badak Sumatera.

Lokasi taman ini sekitar 2 jam perjalanan dari kota Bandar Lampung. Untuk bisa masuk ke kawasan Taman Nasional Way Kambas, Anda harus memperoleh ijin terlebih dahulu. Cara memperoleh izinnya di gerbang masuk Taman Nasional Way Kambas. Di tempat ini Anda bisa melihat berbagai pertunjukan gajah, seperti sepak bola gajah, menaiki gajah, dan lain-lainnya.

4. Pulau Kubur
Pulau Kubur
Pulau Kubur
Mungkin pulau ini terdengar seram, namun sebetulnya Pulau Kubur adalah surganya bagi para pecinta kegiatan memancing. Menurut cerita dari warga setempat, pulau ini dinamakan Pulau Kubur karena dahulunya pulau ini dipergunakan untuk acara penaburan abu jenazah.

Pulau yang berlokasi di Teluk Lampung ini bisa Anda capai dengan menggunakan perahu kurang lebih 20 menit. Pada hari-hari biasa, Pulau Kubur ini relatif sepi, namun pada hari libur cukup banyak wisatawan yang datang memancing. Di sekitar Pulau Kubur Anda bisa melihat banyak ikan yang beragam karena juga ada banyaknya karang besar yang dijadikan habitat ikan di sekitar Pulau Kubur ini.

5. Menara Siger
Menara Siger
Menara Siger
Menara Siger merupakan bangunan indah dengan warna kuning yang sekarang ini menjadi ikon di Lampung. Berdiri di atas sebuah bukit, Menara Siger merupakan titik nol jalan lintas Sumatera yang telah menjadi salah satu tempat transit dan obyekt wisata di Lampung. Untuk memasuki kawasan Menara Siger, Anda harus membeli tiket masuk dan juga biaya parkir. Menara Siger ini merupakan sebuah bangunan kebanggan masyarakat di provinsi Lampung karena memiliki arsitektur tradisional khas provinsi Lampung.

6. Air Terjun Putri Malu
Air Terjun Putri Malu
Air Terjun Putri Malu
Terletak di wilayah Way Kanan, Air Terjun Putri Malu merupakan salah satu obyek wisata di Lampung yang mungkin anda jarang mendengar namanya. Nama unik Air Terjun Putri Malu berasal dari air terjunnya yang berbentuk sedikit bengkok sehingga memberi kesan seperti malu-malu. Air Terjun Putri Malu memiliki ketinggian sekitar 80 meter, dan dilengkapi dengan lingkungan yang asri dan juga sejuk. Banyak para pecinta alam yang berkunjung untuk menikmati Air Terjun Putri Malu, di sini anda dapat juga berfoto-foto ataupun berenang di danau yang ada di bawah Air Terjun Putri Malu.

7. Gunung Krakatau
Gunung Krakatau
Gunung Krakatau
Semua orang tentu sudah pernah mendengar gunung krakatau, Yang terletak di selat sunda. Gunung Krakatau adalah obyek wisata Lampung yang tak hanya menawarkan pemandangan pegunungan, tetapi juga wisata bahari. Dahulu Gunung Krakatau meletus pada tahun 1883, dan sa'at ini telah menjadi tempat wisata yang sangat terkenal.
Kini Gunung Krakatau menjadi daerah konservasi alam. Maka dari itu jika anda ingin memasuki area Gunung Krakatau, anda wajib memiliki izin dari balai konservasi Lampung.

8. Taman Wisata Lembah Hijau
Taman Wisata Lembah Hijau
Taman Wisata Lembah Hijau
Taman Wisata Lembah Hijau dibuka tahun 2006.  Taman Wisata ini memiliki lahan kurang lebih 30 hektar, Taman Wisata Lembah Hijau merupakan tempat wisata Lampung yang menyampaikan konsep cagar alam, adat, dan budaya. Dari 30 hektar, yang 80%nya adalah areal alami, lalu sisanya adalah bangunan. dengan taman rekreasi, kebun binatang mini, dan water boom,

Taman Wisata Lembah Hijau merupakan tempat wisata yang cukup lengkap dan mrnarik untuk wisata keluarga. Tarif tiket masuk Taman Wisata Lembah Hijau adalah Rp. 10,000 , dan untuk memasuki areal water boom, Anda harus mengeluarkan biaya tambahan untuk harga tiket sebesar Rp. 35,000 / orang.

9. Pantai Tanjung Setia
Pantai Tanjung Setia
Pantai Tanjung Setia
Pantai Tanjung Setia merupakan alternatif lain untuk para pecinta selancar yang mulai bosan berselancar di Pantai Pelabuhan Ratu. Menurut para peselancar yang sudah mencoba tantangan selancar di Pantai Tanjung Setia, Pantai Tanjung Setia ini memiliki salah satu ombak terbaik di dunia.
Lokasinya cukup jauh kurang lebih 270 KM dari Bandar Lampung. kira - kira membutuhkan waktu 6 jam untuk mencapainya. namun anda tak perlu khawatir, pecinta selancar tak akan kecewa!

10. Taman Purbakala Pugung Raharjo
Taman Purbakala Pugung Raharjo
Taman Purbakala Pugung Raharjo
Berlokasi di Desa Pugung Raharjo, Taman Purbakala Pugung Raharjo merupakan sebuah kompleks peninggalan kebudayaan masa lalu. Terletak sekitar 52 KM dari Bandar Lampung, Taman Purbakala Pugung Raharjo memiliki banyak koleksi peninggalan purbakala yaitu berupa kuburan batu, meja batu, batu mayat, altar batu dan lain-lainnya. Supaya tidak bosan, anda juga dapat mencoba wisata sejarah ini walaupun jenis wisata ini tidak begitu di minati anak muda zaman sekarang.