12 Tempat Wisata di Cianjur yang Wajib Dikunjungi

12 Tempat Wisata di Cianjur yang Wajib Dikunjungi - Kabupaten Cianjur di provinsi Jawa Barat mempunyai topografi yang kebanyakan didominasi oleh pegunungan. Oleh karena itu, tidak heran bila daerah ini memiliki hawa yang sejuk. Kota penghasil beras pandan wangi ini, juga terkenal dengan makanan khasnya yang bernama tauco.

Dengan keindahan alam pegunungan yang dimilikinya, membuat Cianjur memiliki berbagai tempat wisata menarik meliputi wisata alam, budaya, keluarga dan lainnya. Penasaran? Apa saja tempat wisata di Cianjur yang wajib Anda kunjung. Berikut rangkumannya untuk Anda.
Tempat Wisata di Cianjur
Kebun Raya Cibodas
1. Kebun Raya Cibodas
Kebun Raya Cibodas berada di Kompleks Hutan Gunung Gede Pangrango tepatnya di Desa Cimacan, Cipanas, Cianjur. Kebun raya di kaki Gunung Gede ini didirikan tahun 1852 oleh Johannes Elias Teijsmann sebagai cabang dari Kebun Raya Bogor.

Kebun Raya Cibodas ini dimaksudkan sebagai koleksi bagi tumbuhan tropis dataran tinggi. Termasuk didalam koleksinya yaitu berbagai pohon besar yang dilindungi misal tumbuhan paku pegunungan, tusam dan tumbuhan runjung, hutan kaliandra, hutan alam, terdapat juga air terjun.

Selain itu berbagai fasilitas juga tersedia di kawasan ini, seperti lapangan parkir yang sangat luas, ruang informasi lengkap dengan dokumentasi Wana Wisata Cibodas, mushola, MCK umum, areal bermain anak-anak, pendopo, shelter, teater alam terbuka, dan juga camping ground yang luasnya mencapai 3 hektare yang mampu menampung hingga 200 tenda.

2. Curug Ciismun
Curug Ciismun adalah air terjun dengan nuansa pemandangan alam yang indah dan cantik. Air terjun Curug Ciismun mempunyai ketinggian yang lebih dari 50 meter. Derasnya aliran dari Curug Ciismun pasti akan membuat Anda ingin membasahkan tubuh dengan segarnya aliran air terjun sambil menikmati indahnya pesona alam Curug Ciismun.

Untuk bisa mencapai lokasi air terjun ini akan lebih dekat jika ditempuh dengan melewati pintu belakang dari Kebun Raya Cibodas. Lebih kurang sekitar 30 menit dengan berjalan kaki. Tetapi dengan berjalan kaki Anda bisa merasakan kesejukan alam sekitar. Pemandangan alam yang bernuansa hijau dengan daun pepohonan yang akan menemami setiap perjalanan Anda, ditambah kicauan burung akan membuat perjalanan anda menjadi berkesan dan terasa seperti menyusuri hutan belantara.

3. Curug Cikondang
Dari sekian tempat wisata di Cianjur, tak semua membahas tentang Gunung Padang. Terdapat juga wisata air terjun Curug Cikondang. Akses untuk menuju lokasi Curug Cikondang memang cukup sulit, namun panorama yang disuguhkan sungguh menawan. Curug Cikondang berada di Ds. Sukadana, Kec. Cempaka, Kab. Cianjur, provinsi Jawa Barat.

Curug Cikondang memiliki ketinggian hingga 50 meter yang terbentuk dikarenakan adanya tumpahan sungai yang jatuh dari tebing besar. Secara garis besar Curug ini indah, namun perlu pengelolaan yang lebih baik lagi dan akses menuju ke lokasi wisata ini harus diperbaiki sehingga wisatawan tidak kecewa dan urung untuk menuju ke Curug Cikondang karena akses jalannya buruk.

Baca juga: 13 Tempat Wisata di Jawa Barat dan Sekitarnya

4. Pantai Jayanti
Berwisata ke pantai Jayanti sangatlah mengesankan, Pantainya sangat bersih bebas dari pencemaran air laut dan belum terkontaminasi oleh sentuhan ‘racun’ kota. Lokasi yang masih jarang dari hunian para penduduk juga membuat pantai Jayanti ini terjaga keasrian alamnya. Pantai ini berlokasi di Cidaun Selatan. Lebih tepatnya berada di Ds. Cidamar, Kec. Cidaun, Cianjur Selatan, provinsi Jawa Barat, lebih kurang 143 km arah selatan pusat kota Cianjur, yang bisa ditempuh lebih kurang 4 jam.

Tak salah jika Anda memilih tempat wisata ini untuk tujuan liburan Anda. Lokasinya jauh dari beberapa kota besar seperti Bandung dan Jakarta, membuat momen berwisata Anda dengan keluarga berkesan.

5. Danau Leuwi Soro
Danau Leuwi Soro adalah sebuah danau dengan air yang bening dan pepohonan rindang dan indah yang memenuhi sekeliling area danau. Danau ini merupakan tempat yang tepat untuk berekreasi serta menghilangkan kepenatan dari segala rutinitas sehari - hari. Danau Leuwi Soro terletak di kec. Pagelara, berjarak lebih kurang sekitar 66 km dari pusat kota Cianjur.

6. Pantai Sereg
Pantai Sereg berlokasi di Kec. Sindangbarang berjarak sekitar 110 km dari pusat Kota Cianjur, 220 km dari Kota Jakarta dan 175 km dari Kota Bandung.

Pantai Sereg ini terbilang pantai yang alami karena belum tersentuh oleh pembangunan sarana dan prasarana kepariwisataan. Alamnya yang indah juga turut ditunjang oleh keberadaan masyarakat lokal yang ramah dan keragaman makanan tradisional.

7. Curug Citambur
Salah satu wisata air terjun atau curug yang berada di Kabupaten Cianjur ini menyajikan panorama yang menyenangkan. Curug ini sangatlah indah karena merupakan air terjun kurang lebih 40 meter, air yang turun sebagian menjadi uap dan embun sehingga lokasi di sekitar curug terasa sejuk. Curug Citambur berada di Kecamatan Pasirkuda. Jaraknya sekitar 65 km dari kota Cianjur.

8. Gunung Gede Pangrango
Gunung Gede yang masuk dalam kawasan Taman Nasional Gede Pangrango juga salah satu objek wisata alam yang menarik di Cianjur. Tempat wisata ini banyak dikunjungi oleh wisatawan baik domestik maupun mancanegara.

Gunung yang memiliki ketinggian 1.000 - 3.000 mdpl ini berada di tiga wilyah kabupaten yaitu Kabupaten Bogor, Cianjur dan Sukabumi. Kegiatan favorit yang biasa dilakukan di Gunung Gede adalah pendakian dan berkemah.

Disampingnya terdapat Gunung Pangrango yang jika dilihat dari kejauhan akan nampak seperti segitiga runcing sedangkan Gunung Gede terlihat seperti bentuk kubah. Kedua gunung ini masuk dalam kawasan Taman Nasional Gunung Gede-Pangrango (TNGP). Terdapat Beberapa lokasi wisata menarik disekitar kawasan Gunung Gede Pangrango diantaranya Air terjun Cibeureum, Telaga Biru, Puncak Kawah Gunung Gede, Air Panas, Kandang Batu dan Kandang Badak serta Alun-alun Suryakencana.

9. Bumi Perkemahan Mandala Kitri
Nah, bagi Anda yang suka kegiatan camping, pergi ke Bumi Perkemahan Mandala Kitri dapat menjadi pilihan yang tepat. Tempat wisata ini berlokasi di sebuah kawasan pintu masuk Kebun Raya Cibodas. Kawasan camping di Bumi Perkemahan Mandala Kitri ini meliputi Kebun Raya Cibodas, Gunung Gede-Pangrango, Gunung Putri dan Gunung Gegerbentang. Selain itu, Anda juga bisa melakukan kegiatan watersport atau kegiatan air di Sungai Cikundul dan Waduk Cirata serta sungai Citarum.

10. Taman Bunga Nusantara
Ingin bisa menikmati indahnya bunga-bunga yang sedang mekar? Datang saja ke Taman Bunga Nusantara yang berada di daerah Puncak Bogor. Disini, Anda bisa menemukan beraneka macam Bunga dengan aneka warna dan bentuk. Lokasi Taman Bunga Nusantara ini berjarak sekitar 100 km dari Jakarta dan sekitar 90 km dari Bandung. Taman Bunga ini mengoleksi lebih dari 300 varietas bunga dari seluruh penjuru dunia.

Taman Bunga Nusantara terletak di sisi jalur menuju Puncak, Bogor yakni tepatnya berada di Desa Kawung Luwuk, Kec. Sukaresmi (Cipanas), Kabupaten Cianjur. Selain bisa menjumpai taman bunga yang luasnya 23 hektar, juga terdapat tempat rekreasi, restoran, parkir dan lainnya.

Baca juga: 10 Tempat Wisata di Puncak Bogor Paling Menarik

11. Situs Gunung Padang
Situs Gunung Padang berlokasi di Kampung Gunung Padang dan Kampung Panggulan tepatnya berada di Desa Karyamukti Kec. Campaka, Cianjur. Situs Gunung Padang merupakan situs megalitik terbesar di Asia Tenggara yang berbentuk punden berundak. Di kalangan warga setempat, situs ini dipercaya sebagai bukti usaha Prabu Siliwangi membangun istana dalam waktu semalam.

12. Tirta Jangari
Tirta Jangari berlokasi di desa Bobojong Kec. Mande, berjarak 17 km dari Kota Cianjur. Tirta Jangari merupakan bagian dari Waduk Cirata yang membendung Sungai Citarum. Waduk Cirata menggenangi tiga wilayah kabupaten yakni Kabupaten Cianjur, Purwakarta, dan Kabupaten Bandung.

Tempat wisata ini menawarkan wisata alam mulai dari sekedar melihat bendungan, melihat aktivitas warga sewtempat di jaring terapung, berkeliling danau dengan perahu hingga melakukan kegiatan memancing. Selain bisa melihat jaring terapung dan budidaya ikan, disini Anda juga bisa mencoba menikmati hidangan berupa ikan bakar oleh sebuah rumah makan terapung.

Posting Komentar untuk "12 Tempat Wisata di Cianjur yang Wajib Dikunjungi"