Pantai Kuta Bali, Pesona Pantai Pasir Putih dengan Sunset Indah

Pantai Kuta Bali, Pesona Pantai Pasir Putih dengan Sunset Indah - Salah satu ikon wisata Bali yang populer yaitu Pantai Kuta Bali. Popularitas pantai ini telah dikenal di berbagai komunitas mancanegara dan memberikan predikat yang begitu baik terhadap pesona pariwisata Indonesia. Lokasi pantai ini berada di Kecamatan Kuta, letaknya tidak jauh dari Denpasar yang merupakan ibukota provinsi Bali.

Sudah sejak puluhan tahun silam, pantai Kuta ini telah menjadi salah satu destinasi wisata utama ketika wisatawan mancanegara berlibur di Indonesia. Tak hanya terkenal dengan warna pasirnya yang putih bersih, Pantai Kuta Bali juga terkenal dengan pemandangan matahari terbenam (sunset) dan ombaknya yang cocok untuk kegiatan berselancar.
Pantai Kuta Bali
Pantai Kuta Bali
Dahulu di masa lampau, pantai Kuta ini adalah sebuah pelabuhan dagang. Pedagang-pedagang yang berasal dari luar pulau Bali datang ke pantai ini untuk melakukan transaksi dagang. Tak hanya itu, Pantai Kuta ini juga merupakan tempat habitat penyu hijau semenjak ratusan tahun silam.

Baca juga: 9 Tempat Wisata di Bali yang Menarik

Namun seiring dengan berjalannya waktu, jumlah dari satwa ini berkurang drastis hingga hampir punah. Sekarang ini, penyu hijau tidak lagi dijumpai di Pantai Kuta. Hewan-hewan ini sudah ditangkarkan di Pantai Tanjung Benoa dan termasuk ke dalam golongan hewan yang dilindungi.

Berbeda halnya sebelum tahun 1970-an, Pantai Kuta dulu hanyalah sebuah desa nelayan dengan tipikal pantai yang memiliki ombak indah. Di masa itu, hanya ada satu hotel saja di kawasan pantai ini, yaitu Kuta Beach Hotel. Tapi setelah 10 tahun kemudian? Pantai Kuta Bali mulai dikenal bahkan di kalangan internasional sebagai salah satu pantai dengan ombak dan pemandangan sunset paling indah di dunia.

Baca juga: 7 Tempat Wisata Pantai di Bali yang Paling Populer

Ya, sebagai salah satu tempat wisata Bali yang terkenal, di kawasan wisata Pantai Kuta Bali juga sudah di dukung dengan beberapa fasilitas penunjang dan infrastrukur yang memadai. Anda bisa menjumpai aneka pertokoan, restoran, pub, dan hotel di sepanjang jalan Kuta-Legian. Wahana-wahana pendukung pun turut hadir untuk menyempurnakan pengalaman wisata yang menyenangkan di kawasan pantai Bali ini.
Wisata Pantai Kuta Bali
Wisata Pantai Kuta Bali
Inilah salah satu sebab mengapa area wisata pantai Kuta sangat ramai dengan pengunjung wisata yang begitu kental. Tentu hal ini bertolak belakang dengan apa yang bisa Anda temui di Pantai Pandawa Bali, sebuah pantai yang menawarkan suasana tenang dengan nuansa pantai yang eksotis. Bila Anda ingin meresapi kedamaian di Bali, Anda bisa mencoba mengunjungi objek wisata Ubud Bali.

Baca juga: Pesona 5 Tempat Wisata di Ubud Bali yang Menarik

Di pantai Bali yang satu ini juga diadakan kegiatan yang bernama Kuta Karnaval biasanya setiap setahun sekali. Inilah salah satu even yang diminati banyak wisatawan. Umumnya, Kuta Karnaval tersebut diisi dengan beragam acara diantaranya seperti food festival, cultural paradise, hingga dengan fashion carnival. Selain itu, di kawasan pantai ini juga kerap dijadikan sebagai salah satu lokasi syuting untuk tayangan serial televisi.

Hal Menarik yang ada di Pantai Kuta Bali
Sebagai salah satu tujuan tempat wisata utama di Bali, wisata Pantai Kuta menyuguhkan Anda beraneka ragam aktivitas menarik, mulai dari sekedar hanya menyusuri pantai, berjemur, berenang, hingga dengan merasakan pijat tradisional Bali oleh masyarakat lokal. Nah, berikut adalah sejumlah hal menarik yang bisa Anda temukan di Pantai Kuta Bali.

1. Menikmati Sunset (Matahari Terbenam)
Pemandangan Sunset di Pantai Kuta yang Indah
Pemandangan Sunset di Pantai Kuta yang Indah
Inilah keistimewaan dari pantai Kuta yang hampir tidak pernah dilewatkan oleh para wisatawan, yakni pesona keindahan matahari terbenam (sunset) yang begitu menawan.

Sejak awal mula nama pantai Kuta ini dikenal oleh banyak kalangan penikmat perjalanan domestik hingga mancanegara, pemandangan sunset di pantai Kuta yang indah adalah momen yang paling dinanti. Tak heran apabila di sepanjang garis pantai ini akan ramai dipenuhi wisatawan saat waktu senja telah tiba.

2. Berselancar
Surfing di Pantai Kuta Bali
Surfing di Pantai Kuta
Pantai Kuta Bali juga mempunyai ombak laut yang sangat cocok bagi aktifitas berselancar. Di pantai ini seringkali diselenggarakan festival berselancar tingkat internasional. Anda bisa menyaksikan keahlian para peselancar meliuk-liuk di atas ombak di sepanjang pantai Kuta ini.

Memang pada umumnya, para peselancar ini sudah terampil dalam melewati ombak laut dengan papan selancarnya. Tetapi bukan berarti Anda tak bisa mencobanya. Kondisi Ombak di Pantai Kuta termasuk ramah bagi surfer kelas pemula.

Apakah Anda ingin belajar surfing? Jangan kuatir, disini ada banyak layanan yang telah siap mengajari Anda untuk bisa surfing di pantai ini. Instruktur akan mengajari Anda cara berselancar dengan simulasi di tepi pantai sebelum masuk ke dalam air. Anda pun juga akan diajari untuk mengenal arus dan ombak. Adapun beberapa tempat kursus selancar yang terkenal di antaranya adalah Rip Curl Surf School, Surfer Girl Surfing School dan Odysseys.

3. Berenang
Berenang di pantai Kuta merupakan salah satu kegiatan yang populer dan banyak dilakukan oleh wisatawan. Meskipun demikian, Anda juga perlu menjaga kehatian-hatian ketika berenang di pantai ini mengingat arus bawah pantai Kuta yang terbilang cukup kuat. Biasanya akan terdapat sejumlah bendera di tepi pantai ini dengan warna yang berbeda-beda sebagai penanda apakah area tersebut boleh digunakan untuk berenang atau tidak.

4. Berjemur
Berjemur di Pantai Kuta
Berjemur dan Bersantai di Pantai Kuta
Jika bosan hanya berjalan-jalan menyusuri tepian pantai? Tak ada salahnya mencoba kegiatan lainnya yakni berjemur. Berjemur di pantai Kuta adalah salah satu kegiatan yang disukai banyak wisatawan, khususnya wisatawan mancanegara. Selain berjemur di atas pasir, Anda bisa bersantai di atas kursi panjang yang telah disewakan bagi wisatawan di pantai ini. Tapi, Anda sebaiknya tetap menggunakan tabir surya ketika berjemur.

5. Bermain layang-layang
Kegiatan bermain layang-layang merupakan salah satu hal menyenangkan lainnya di Pantai Kuta, terutama bagi mereka yang datang bersama keluarga. Di sepanjang pantai, terdapat banyak toko kecil yang menjual layang-layang khas Bali dalam berbagai bentuk dan ukuran, seperti Bebean (bentuk Ikan), Janggan (bentuk burung) dan Pecukan (bentuk daun). Harga layangan yang ditawarkan juga bervariasi, tergantung ukuran dan bahannya.

6. Bali slingshot
Jika Anda belum pernah tahu dan ingin merasakan bagaimana sensasi dilemparkan ke udara dengan menggunakan sebuah ketapel raksasa? Bila Anda penasaran, bisa mencoba wahana pantai Kuta Bali yang satu ini. Ya, dengan slingshot tubuh Anda akan dilemparkan ke udara sejauh 52 meter melalui sebuah ketapel berukuran raksasa dan rasakan bagaimana sensasi jatuh dari ketinggian tersebut. Tentu adrenalin terasa dipacu dan membawa sensasi yang luar biasa. Pastinya fasilitas ini telah dirancang begitu aman.

Hotel di Pantai Kuta Bali
Ada banyak penginapan yang bisa Anda temukan di sepanjang jalan kawasan pantai ini, mulai dari kelas melati sampai dengan hotel berbintang lima. Anda dapat memilih hotel di Kuta bila ingin menikmati suasana malam yang romantis di pantai tersebut, lengkap disertai berbagai hiburan yang menarik yang terdapat di sana. Beberapa hotel dan resort yang terletak di dekat kawasan pantai Kuta, diantaranya adalah Aneka Beach Kuta, Maharani, Bali Bungalow, Alam Kulkul Boutique Resort dan Harris Resort.

Rute Perjalanan Menuju ke Pantai Kuta Bali
Pantai Kuta Bali yang Mempesona
Pantai Kuta di Bali
Pantai Kuta Bali berjarak kurang lebih 3 kilometer dari Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai. Bila Anda menempuhnya dari Denpasar, lokasi pantai ini hanya berjarak sekitar 10 km ke arah Barat. Selain bisa menggunakan transportasi umum, Anda juga dapat menyewa mobil untuk mencapai pantai Kuta.

Bila Anda menggunakan bus ke pantai ini, Anda harus turun di parkir sentral, kemudian dilanjutkan dengan naik shuttle menuju pantai. Bila Anda membawa kendaraan motor, satu hal yang perlu Anda pertimbangkan yaitu terbatasnya areal parkir di kawasan pantai Kuta Bali. Pada waktu tertentu, seperti tahun baru dan musim liburan, pemerintah setempat akan menutup akses kendaraan bermotor guna menghindari kemacetan di kawasan wisata pantai Kuta.

Posting Komentar untuk "Pantai Kuta Bali, Pesona Pantai Pasir Putih dengan Sunset Indah"