Pulau Menjangan, Spot Diving Terindah di Bali Barat

Pulau Menjangan, Spot Diving Terindah di Bali Barat - Bali memang menyimpan berbagai pesona bagi siapa saja yang mengunjunginya. Ada berbagai wisata menarik mulai dari wisata budaya, wisata alam, hingga dengan wisata religi, semua tersedia di Bali. Tetapi terkadang bagi sebagian orang yang suka berwisata, Pulau Bali terasa membosankan karena hanya spot-spot tertentu saja yang dikunjungi.

Tunggu dulu, siapa sangka ternyata Bali masih mempunyai satu surga tersembunyi yang menawarkan panorama menakjubkan untuk Anda. Ya, surga ini adalah Pulau Menjangan. Pulau ini masih sangat alami dengan spot diving yang super amazing.

Lokasi Wisata Pulau Menjangan
Air Laut Biru Pulau Menjangan
Air Laut Biru Pulau Menjangan
Pulau menjangan berada di sebelah utara kawasan Taman Nasional Bali Barat yakni tepatnya di Desa Klampok, Kec. Grokgak, Kab. Buleleng, Bali. Berjarak sekitar 60 km dari Lovina. Membutuhkan waktu tempuh perjalanan kurang lebih 3 jam jika dari pusat wisata Kuta dan 4 jam perjalanan jika dari Denpasar.

Akses dan fasilitas menuju Pulau Menjangan
Keindahan Pulau Menjangan
Keindahan Pulau Menjangan
Nah, bagi Anda yang ingin menikmati keindahan pulau Menjangan ini harus lebih dulu terbang ke pulau Bali. Untuk bisa pergi ke Bali, Anda dapat memanfaatkan tiket promo maskapai penerbangan yang ada.

Baca juga: 9 Tempat Wisata di Bali yang Menarik

Bila dari Denpasar, Anda bisa mengambil rute perjalanan Denpasar – Tabanan – Selemadeng – Pupuan – Seririt – Menjangan dengan waktu tempuh sekitar 4 jam perjalanan, di dalam perjalanan Anda akan disuguhi pemandangan hijau dari sawah khas Bali dan laut yang biru.

Disarankan untuk menyewa mobil beserta sopirnya agar Anda memiliki waktu bersenang-senang lebih lama. Tapi bagi Anda yang ingin menggunakan transportasi umum, bisa memulai perjalanan dari Gilimanuk.

Untuk bisa mencapai pulau ini, Anda harus menyeberang dengan kapal motor (boat) selama kurang lebih 30 – 45 menit dari Pelabuhan Lalang. Nantinya selama di perjalanan, Anda akan disuguhi oleh pemandangan gunung api di Jawa Timur sampai Prapat Agung yang dipadukan dengan pemandangan laut biru yang jernih. Jangan khawatir, di Pelabuhan Lalang sudah tersedia fasilitas yang lengkap, seperti restoran, penginapan, bar dan lainnya.

Di Pelabuhan Lalangan juga tersedia berbagai paket diving komplit yang dapat Anda pilih sesuai dengan budget Anda. Harga paket ini sudah terdiri dari sewa kapal boat + guide + asuransi + sewa peralatan snorkeling. Dengan adanya paket wisata ini tentu sangat menguntungkan karena nantinya Anda tidak perlu lagi dipusingkan dengan urusan tawar menawar.

Biasanya rincian harga yang dipatok untuk sewa kapal berkisar Rp 400.000 –  Rp 600.000 per hari. Untuk peralatan snorkeling per orang antara Rp 40.000 –  Rp 50.000. Untuk harga tiket masuk Rp 2.500 per orang, sedangkan untuk asuransi, setiap orang akan dikenakan biaya Rp 4.000. Jika Anda ingin menyewa jasa pemandu, Anda harus mengeluarkan biaya sebesar Rp 100.000 per kelompok. Harga sewa kapal bisa lebih murah bila Anda menyewa gabungan dengan wisatawan lainnya.

Terdapat beberapa penginapan dan resort terdekat dari Pulau Menjangan yang bisa dijadikan pilihan seperti The Menjangan Resort, Mimpi Resort Menjangan, Pondok Sari Beach & Bungalow Resort dan Taman Sari Bali Resort and Spa. Dari keempat penginapan dan resort tersebut yang punya fasilitas terlengkap adalah The Menjangan Resort.

Tentang Pulau Menjangan
Rusa di Pulau Menjangan
Rusa di Pulau Menjangan 
Pulau ini adalah tempat sempurna dari keindahan panorama alam bawah laut dengan memiliki hamparan pasir putih yang masih alami dan keanekaragaman hayati laut yang sangat melimpah.

Asal nama Pulau Menjangan berasal dari bahasa Jawa yaitu "menjangan" yang artinya kijang atau rusa. Pada musim semi banyak sekali kawanan rusa liar yang berenang ke pulau ini dengan jarak tempuh 1,2 mil. Di pulau ini ada banyak rusa liar yang jumlahnya kian lama semakin menurun. Kemudian pemerintah menjadikannya sebagai Taman Nasional Bali Barat. Hal ini merupakan upaya dari pemerintah untuk membangun konservasi guna menjaga kelestarian rusa dan keanekaragaman hayati yang terdapat di pulau Menjangan ini.

Kegiatan yang bisa dilakukan di Pulau Menjangan
Pemandangan Pulau Menjangan yang Cerah
Pemandangan Pulau Menjangan yang Cerah
Apalagi yang bisa dilakukan di tempat wisata ini selain diving dan snorkeling? Rupanya Pulau Menjangan ini juga terkenal dengan wall-divingnya. Apa itu Wall-diving? Wall-diving adalah salah satu jenis kegiatan menyelam pada kedalaman tertentu dengan mengikuti lajur tebing bawah laut. Kedalaman tebing bawah laut di Pulau Menjangan dari 20 sampai 60 meter, bahkan bisa lebih.

Walaupun terkenal dengan wall diving-nya, Di Pulau Menjangan juga mempunyai banyak terumbu karang dengan kedalaman mulai 10 meter. Disana Anda akan menemukan banyak ikan jenis gorgonial fanfish. Kondisi perairan di Pulau Menjangan cukup tenang sehingga jarak pandang Anda dapat mencapai 50 meter pada waktu kondisi cuaca tertentu.

Pulau Menjangan ini dikelilingi oleh terumbu karang dengan berbagai bentuk dan formasi. Formasi batuan karang berkedalaman 60 meter ini membentuk gua kecil dan gua-gua besar yang mempunyai fungsi sebagai habitat terumbu karang diantaranya seperti karang lunak, kerapu besar serta belut moray. Nantinya Anda akan menemukan kakap kecil dan batfish yang berenang hilir mudik di dalam gua-gua kecil ini.

Dasar laut pulau Menjangan juga kaya dengan spesies barrel sponges dan sea fans dengan ukuran yang sangat besar. Pada lokasi kedalaman Pulau ini juga merupakan tempat hidup bagi spesies tuna, angelfish, gerombolan jackfish, batfish, penyu laut dan juga hiu. Sungguh indah bukan? Ada beberapa spot terkenal untuk diving yang seringkali dijadikan lokasi menyelam di Pulau Menjangan ini.

Eel gardens
Eeel gardens adalah spot diving yang berada di bagian barat Pulau Menjangan. Area ini juga sering disebut sebagai spot diving terbaik di Pulau Menjangan Bali. Terdapat banyak sekali kumpulan garden eel dan sea fans di spot yang satu ini. Kegiatan diving akan dimulai pada kedalaman dinding karang sekitar 40 meter yang kaya dengan gorgonia dan biota laut lainnya.

Secret Bay
Secret Bay adalah lokasi yang tepat untuk Anda para pecinta macro diving karena lokasi ini memiliki perairan cukup dangkal dengan aneka ragam terumbu karang dan mempunyai pasir berlumpur di dasar lautnya. Tak hanya itu, di pasir vulkanis ini hidup berbagai biota laut yang langka dan endemik. Lokasi diving ini adalah lokasi yang sangat alami dan masih belum banyak terjamah.

Hanya dengan kedalaman 10 meter, Anda sudah dapat menemukan nudibranch, shrimpfish, frogfish, seahorses, dragonets, lionfish, pipefish, udang laut, belut pita dan masih ada banyak spesies lainnya yang bisa Anda temukan. Tapi jika Anda ingin menikmati keindahan dari spesies-spesies tersebut, Anda harus menyelam di waktu yang tepat.

Waktu yang dianjurkan adalah ketika gelombang tinggi dan sirkulasi bulan berada pada posisi yang tepat pula. Disarankan bagi Anda untuk memakai pakaian selam (wetsuit) yang bagus karena suhu air di sini bisa lebih dingin jika dibandingkan perairan Bali lainnya.

Anchor Wreck
Anchor Wreck adalah lokasi diving yang dianjurkan bagi para penyelam yang sudah berpengalaman dan cukup profesional. Lokasi diving dengan kedalaman sekitar 45 meter ini menawarkan keunikan bangkai kapal yang sudah berkarat lengkap dengan jangkarnya. Menurut cerita masyarakat, kapal ini adalah kapal laut Belanda yang tenggelam pada abad ke- 19 saat Perang Dunia ke II.

Kapal ini juga disebut sebagai Kapal Anker atau Kapal Budak, karena kapal ini diduga mengangkut budak dari Bali menuju Jakarta. Anda akan menemukan peti dengan isi perabot-perabot keramik, apabila Anda menyelam ke kapal ini. Kondisi kapalnya pun juga telah ditumbuhi karang lunak dan penyu bahkan hiu yang sedang berenang.

Baca juga: 12 Tempat Wisata Terpopuler di Jakarta

Tips berkunjung ke Pulau Menjangan
Waktu terbaik untuk mengunjungi Pulau Menjangan adalah antara bulan April - November. Hal ini karena pulau Menjangan adalah pulau yang tidak berpenghuni, jadi ada baiknya Anda membawa bekal makanan dan minuman sendiri. Jangan lupa juga untuk membawa sunblock, baju ganti kalau perlu juga membawa obat.

Sebelum Anda memutuskan untuk diving atau snorkeling terlebih dulu siapkan peralatan-peralatan yang mendukung aktivitas tersebut. Anda juga bisa meyewa peralatan diving dan snorkeling di resort terdekat sebelum menyeberang di pulau Menjangan ini.

Karena waktu yang diperlukan untuk berkendara pulang pergi ke Denpasar sekitar 7 jam, disarankan Anda menginap semalam di sana. Tambahan, selain membawa perbekalan sendiri, bawa juga kantong plastik khusus untuk baju kotor dan plastik khusus untuk sampah makanan dan minuman. Jangan sampai keindahan Pulau Menjangan ini tercemar oleh sampah kita sendiri. Selamat berlibur !!

Posting Komentar untuk "Pulau Menjangan, Spot Diving Terindah di Bali Barat"