11 Tempat Wisata Menarik di Cirebon

11 Tempat Wisata Menarik di Cirebon - Cirebon adalah sebuah wilayah di Provinsi Jawa Barat dan terletak di pesisir utara Jawa atau yang dikenal dengan jalur pantura (pantai utara). Karena lokasi geografisnya, Kota Cirebon ini menjadi salah satu jalur penghubung utama antara kota Jakarta – Semarang – Surabaya.

Cirebon dikenal dengan kerajinan batiknya dan menjadi salah satu kota penghasil kerajinan batik terbesar di pesisir Jawa. Cirebon tak hanya dikenal soal batik motif mega mendung yang telah menjadi andalannya. Potensi pariwisata di Daerah ini juga cukup besar. Berikut daftar tempat wisata di kota Cirebon yang sayang untuk anda dilewatkan.

1. Banyu Panas Palimanan
Banyu Panas Palimanan
Banyu Panas Palimanan
Banyu Panas Palimanan adalah salah satu tempat wisata Cirebon yang ramai dikunjungi pada setiap harinya terutama saat akhir pekan. Taman pemandian ini berlokasi di Ds. Palimanan Barat, Kec. Palimanan, Kota Cirebon. Lama perjalanan menuju lokasi wisata ini dapat ditempuh dalam waktu sekitar 25 – 30 menit perjalanan. Air yang ada di taman pemandian ini merupakan sumber air panas alami yang mengandung belerang dan dipercaya dapat menyembuhkan berbagai penyakit kulit.

2. Taman Sari Gua Sunyaragi
Taman Sari Gua Sunyaragi
Taman Sari Gua Sunyaragi
Taman Sari Gua Sunyaragi terletak di Kelurahan Sunyaragi, Kesambi. Nama dari taman ini sendiri berasal dari 2 kata bahasa Sansekerta, yaitu "Sunya dan Ragi", "Sunya" berarti sepi dan "Ragi" berarti raga. Dahulu lokasi ini digunakan oleh raja dan juga keluarganya sebagai tempat untuk mencari ketrenangan. Terdapat dua bangunan utama di Taman Sari Gua Sunyaragi, yaitu pesanggrahan dan gua. Terdapat beberapa ruangan di dalam pesanggrahan, seperti ruang tidur dan ruang rias. Yang paling menarik adalah bangunan gua yang apabila dari luar terlihat seperti candi.

3. Desa Wisata Cikalahang
Desa Wisata Cikalahang
Desa Wisata Cikalahang
Cikalahang adalah sebuah tempat wisata di kota Cirebon yang menjadi salah satu tujuan favorit keluarga.Desa Wisata Cikalahang terletak di Kecamatan Dukupuntang. Di sini anda bisa memuaskan hobi memancing anda dan juga berwisata kuliner. Terdapat banyak rumah makan dengan menu istimewanya, ikan bakar. Di sini anda juga dapat memancing sendiri ikan di kolam yang sudah di sediakan, sehingga dijamin ikan masih segar saat dimasak.

4. Telaga Remis
Telaga Remis
Telaga Remis
Telaga Remis adalah danau yang menawarkan suasana ketenangan berbalut dengan keindahan yang alami. Suasana sejuk dengan pemandangan pepohonan pinus menanbah rasa nyaman untuk melepas kepenatan. Tempat wisata ini berada di Desa Kaduela, Kecamatan Mandirancan, dengan jarak lebih kurang sekitar 37 km dan dapat ditempuh kira-kira 1 jam perjalanan dari pusat kota Kuningan. Telaga Remis terletak dilahan seluas 13 hektar untuk wilayah keseluruhan, dan luas danau hanya mencapai 3,25 hektar. Di sini juga terdapat wahana sepeda air yang bisa anda gunakan untuk berkeliling danau.

5. Keraton Kasepuhan
Keraton Kasepuhan
Keraton Kasepuhan
Keraton Kasepuhan dibangun pada tahun 1529 oleh Pangeran Mas Mochammad Arifin II, dan merupakan keraton kesultanan pertama yang ada di Cirebon. Selain sebagai keraton tertua, Keraton Kasepuhan juga merupakan keraton termegah dan paling terawat di kota Cirebon. Dikelilingi tembok bata berwarna merah, dan bangunan utamanya berwarna putih., dan terdapat singgasana sultan dan juga ruang tidur di dalam keraton ini. Di sini anda dapat melihat banyak benda pusaka milik sultan, dan sebuah Kereta Singa yang dikeluarkan hanya pada tanggal 1 Syawal Hijriah untuk dimandikan.

6. Keraton Kanoman
Keraton Kanoman
Keraton Kanoman
Keraton Kanoman dibangun pada tahun 1588 oleh Sultan Badaruddin karena terjadi perselisihan tentang pewaris keraton. Jarak Keraton Kanoman hanya 600 meter dari Keraton Kasepuhan. Di sini anda dapat masuk museum yang banyak menyimpan benda peninggalan bersejarah, seperti piring cantik dari Eropa yang dikoleksi oleh sultan dahulu. Keraton Kanoman masih menjadi tempat tinggal keturunan ke-12 kesultanan, yakni Raja Muhammad Emiruddin dan keluarganya.

7. Masjid Agung Sang Cipta Rasa
Masjid Agung Sang Cipta Rasa
Masjid Agung Sang Cipta Rasa
Masjid Agung Sang Cipta Rasa disebut juga Masjid Agung Kasepuhan karena lokasinya berdekatan dengan Keraton Kasepuhan.Di halaman Masjid Agung Sang Cipta Rasa terdapat sumber yang disebut sama dengan sumur air zam-zam di Mekkah. Air dari sumur ini dipercaya dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit, jika diminum atau dipakai membasuh wajah. Yang unik dari Masjid ini adalah pintu masuk yang sengaja dibuat tidak tinggi sehingga setiap orang yang masuk Masjid harus merundukkan tubuhnya. Hal ini sebagai tanda penghormatan dan juga kesopanan saat masuk ke rumah ibadah.

8. Wanawisata Ciwaringin
Wanawisata Ciwaringin
Wanawisata Ciwaringin
Wanawisata Ciwaringin merupakan kawasan hijau yang menawarkan pemandangan dengan pepohonan yang rindang, terutama pohon kayu putih yang unik. Tempat wisata ini terletak di Desa Ciwaringin. Wanawisata Ciwaringin banyak dikunjungi pada hari Minggu. Di sini terdapat Danau Ciranca, bagi anda yang gemar memancing di sinilah tempatnya. Anda bisa membawa pulang ikan segar hasil tangkapan sendiri.

9. Taman Ade Irma Suryani Nasution
Taman Ade Irma Suryani Nasution
Taman Ade Irma Suryani Nasution
Taman Ade Irma Suryani Nasution adalah sebuah taman rekreasi terbesar di kota Cirebon. Awalnya, taman ini bernama Traffic Garden Cirebon. Lalu taman ini berganti nama menjadi Taman Ade Irma Nasution pda tahun 1966. Tempat wisata ini cocok dikunjungi bersama keluarga. Di sini terdapat tempat bermain anak dan juga kebun binatang mini. Selain itu lokasinya juga berdekatan dengan pelabuhan Cirebon, sehingga anda juga dapat menikmati keindahan pantai. Setiap hari minggu dan hari libur sering diadakan pertunjukan musik dan seni.

10. Kampung Batik Trusmi
Kampung Batik Trusmi
Kampung Batik Trusmi
Kegiatan berbelanja souvenir khas daerah sangat susah dipisahkan dari kegiatan para wanita. Di kota Cirebon juga mempunyai tempat yang menjual berbagai motif batik, jika anda ingin berbelanja batik khas kota Cirebon untuk oleh-oleh, anda bisa datang di Kampung Batik Trusmi, yang terletak di Kecamatan Pleret. Di tempat ini, anda bisa membeli batik secara ecer ataupun grosir. Harga yang ditawarkan juga lebih terjangkau.

11. Situ Sedong
Situ Sedong
Situ Sedong
Situ Sedong adalah sebuah waduk buatan sekaligus tempat wisata yang berada di Kecamatan Sedong. Cirebon. Tempat wisata ini ramai dikunjungi oleh keluarga pada saat akhir pekan. Selain melihat pemandangan, ada juga jenis permainan yang bisa Anda mainkan sambil bersantai bersama keluarga, seperti bebek air yang bisa anda gunakan untuk berkeliling danau. Waktu terbaik untuk datang di Situ Sedong adalah pada saat sore hari karena cuaca tidak terlalu panas, sehingga anda dapat menikmati suasana di tempat wisata ini lebih nyaman.