10 Tempat Wisata di Jakarta Timur yang Wajib Anda Kunjungi

10 Tempat Wisata di Jakarta Timur yang Wajib Anda Kunjungi - Bagi penduduk Jakarta dan sekitarnya, pergi berwisata tak harus sampai keluar kota. Memang ada banyak sekali tempat wisata di Jawa Barat yang menarik untuk dikunjungi, tapi bagaimana apabila anda hanya memiliki waktu terbatas atau malas untuk menempuh perjalanan jauh? Solusinya, anda bisa mencoba mengunjungi tempat wisata di Jakarta Timur. Nah, Apa saja tempat wisata di Jakarta Timur yang wajib dikunjungi? Berikut rangkumannya.

1. Taman Mini Indonesia Indah (TMII)
Taman Mini Indonesia Indah
Taman Mini Indonesia Indah
Taman Mini Indonesia Indah adalah tempat wisata terpopuler di Jakarta Timur. Taman ini memiliki luas area sekitar 150 hektar, TMII merupakan sebuah tempat wisata di Jakarta Timur yang menyuguhkan tema budaya Indonesia, sehingga dengan datang ke TMII, Anda bisa menikmati seluruh kebudayaan Indonesia hanya dalam satu waktu. Disini, Anda bisa melihat berbagai jenis rumah adat khas setiap daerah dan juga tempat ibadah setiap agama yang ada di Indonesia.

Tak hanya itu, Anda bisa melihat pakaian dan tarian daerah. Di TMII ini juga terdapat miniatur Indonesia dan berbagai jenis museum yang menarik. seperti museum transportasi, museum listrik, museum olahraga, museum serangga, dan lain-lainnya. Bila anda ingin merasakan suasana yang berbeda, TMII juga menyediakan sarana rekreasi diantaranya seperti istana anak-anak Indonesia, teater keong mas, kereta gantung, snowbay waterpark dan lainnya. TMII juga mempunyai berbagai jenis taman diantaranya taman kaktus, taman anggrek, taman burung, hingga dengan taman budaya Tionghoa.

2. Bumi Perkemahan dan Graha Wisata Cibubur (Buperta Cibubur)
Bumi Perkemahan dan Graha Wisata Cibubur
Bumi Perkemahan dan Graha Wisata Cibubur
Disebut juga dengan Buperta Cibubur,  Bumi Perkemahan dan Graha Wisata Cibubur ini merupakan alternatif sebuah tempat wisata di daerah Jakarta Timur yang sangat cocok untuk anda serta keluarga. Buperta Cibubur ini lokasinya berada di pinggir tol Jagorawi KM yang luasnya sekitar 210 hektar dan kontur hutan yang berbukit. Anda tentu akan merasakan kenyamanan di sini, karena suasana di sini sangatlah sejuk, alami, penuh dengan pemandangan hijau, dan masih asri sehingga cocok untuk berkemah atau kegiatan luar ruangan dengan kapasitas orang yang sangat banyak. Buperta Cibubur juga mempunyai danau dan pemandangan indah yang aman dari binatang buas. Tersedia beberapa sarana dan fasilitas yang bisa Anda nikmati di sini, seperti paintball, kolam renang, pemancingan, lapangan sepak bola, permainan air di danau, lapangan kegiatan, aula, air bersih, penyewaan alat-alat, tenda, penginapan kamar, taman lalu lintas, kafetaria, dan juga sarana ibadah.

3. Telaga Arwana Cibubur (TAC)
Telaga Arwana Cibubur
Telaga Arwana Cibubur
Telaga Arwana CIbubur merupakan sebuah taman yang tak hanya untuk rekreasi namun juga sebagai tempat edukasi. Taman ini terletak di Jl. Jambore, Cibubur. Karena lokasinya berada di dalam, Telaga Arwana Cibubur menjadi kurang dikenal. Walau begitu taman ini sangat cocok sebagai tempat rekreasi keluarga. Dengan orientasi kreatif dan edukatif, wisata Telaga Arwana Cibubur ini sangat cocok bagi Anda yang ingin berekreasi bersama anak karena disini Anda dapat mengenalkan alam kepada anak anda sambil menambah pengetahuan mereka. Berbagai fasilitas bisa Anda nikmati di sini, antara lain restoran dengan suasana pedesaan, floating donut, kolam pemancingan, permainan tangkap ikan, rumah keramik, kolam renang, wahana outbound, permainan ATV, flying fox dan juga wahana bajak sawah.

4. Kampung China Kota Wisata Cibubur
Kampung China Kota Wisata Cibubur
Kampung China Kota Wisata Cibubur
Sering kali Kota Wisata Cibubur ini padat akan pengunjung dari Kota Jakarta dan sekitarnya, apalagi pada saat akhir pekan. Sebenarnya Kota Wisata Cibubur adalah sebuah komplek perumahan dengan luas 8 hektar, akan tetapi memiliki fasilitas hiburan yang sangat unik serta menyenagkan. Salah satu diantaranya yaitu fasilitas wisata berbelanja di Kampung China Kota Wisata Cibubur. Tempat wisata yang satu ini adalah sejenis pasar, dibangun dengan suasana China serta menjual berbagai barang yang khas negara China dengan harga yang cukup murah. Tak hanya Kampung China, Kota Wisata Cibubur juga mempunyai sebuah Kampung Indonesia, Kampung Jepang, dan Kampung Eropa, walau tak seramai Kampung China. Di area Kota Wisata Cibubur terdapat juga tempat rekreasi anak yakni fantasy land.

5. Monumen Pancasila Sakti
Monumen Pancasila Sakti
Monumen Pancasila Sakti
Lokasi dari Monumen Pancasila Sakti ada di Jln. Lubang Buaya, Jakarta Timur. Monumen Pancasila Sakti sendiri merupakan sebuah wisata sejarah yang dikenal dengan sebutan Lubang Buaya yang mana monumen ini bertujuan untuk mengenang G30S/PKI. Di sini juga terdapat sebuah  museum pengkhianatan PKI, sumur tempat pembuangan jenazah, dapur, museum paseban, rumah penyiksaan, pos komando, ruang teater, dan juga mobil yang digunakan pada saat G30S/PKI. Biaya tiket masuk tempat wisata ini cukup murah, hanya dengan Rp 5000 saja Anda sudah bisa menikmati wisata sejarah di sini sekaligus menambah pengetahuan.

6. Bursa Batu Aji dan Batu Permata (Jakarta Gems Center)
Bursa Batu Aji dan Batu Permata
Bursa Batu Aji dan Batu Permata
Terletak di daerah Jatinegara, tempat ini adalah sebuah tempat wisata belanja yang memamerkan batu aji dan juga permata terbesar di Asia dengan lebih dari 1,300 kios. Tak hanya wisatawan lokal yang berkunjung di tempat wisata ini, tetapi juga wisatawan mancanegara yang berniat berburu batu aji dan juga permata. Di sini juga ada beberapa kios yang membuat perhiasan dari batu mulia, jika Anda ingin menggunakan batu yang Anda miliki dijadikan sebagai bahan cincin atau perhiasan lainnya. Di sini menjual batu asli dan juga tiruan.

7. Cibubur Garden Dairy (Cibugary)
Cibubur Garden Dairy
Cibubur Garden Dairy
Cibubur Garden Dairy atau yang sering disebut dengan Cibugary berlokasi di Jakarta Timur, tepatnya di Pondok Ranggon Cipayung, Cibugary yaitu sebuah tempat wisata yang mengusung nuansa edukatif dan cocok bagi anak-anak. Di tempat wisata ini, Anda bisa melihat proses dari bagaimana caranya memerah sapi, serta pengolahan susunya. Di sini Anda bisa melihat sapi dan anak sapi, selain itu Anda juga bisa mencoba memberi makan sapi, memerah susu sapi, dan memandikan sapi. Ketiga kegiatan ini mempunyai daya tarik tersendiri khususnya bagi anak-anak. Tempat wisata ini ramai dikunjungi anak-anak sekolah, namun jika Anda ingin berkunjung bersama keluarga juga tidak masalah karena mengunjungi tempat ini tidak harus secara rombongan. Di sini juga memiliki fasilitas permainan anak dan saung untuk tempat beristirahat Anda.

8. Monumen perjuangan Jatinegara
Berbagai peristiwa yang dulu pernah terjadi di Jatinegara merupakan sebuah rangkaian perjuangan, seperti Pasar Macan atau Pasar Jangkrik, Pulomas, Kampung Melayu, Paseban, dsb. Mengenai ide dari pembuatan patung sendiri diprakarsai oleh Ali Sadikin yakni seorang Gubernur ibukota pada saat itu. Monumen ini bisa menjadi tujuan tempat wisata di Jakarta Timur yang wajib Anda kunjungi.

9. Museum Fauna Indonesia Komodo dan Taman Reptilia
Museum Fauna Indonesia Komodo dan Taman Reptilia
Museum Fauna Indonesia Komodo dan Taman Reptilia
Tempat wisata yang satu ini tidak kalah seru dengan tempat wisata Jakarta timur lainnya. Di Museum Fauna Indonesia “Komodo” dan Taman Reptilia ini Anda akan menjumpai replika hewan yang di awetkan. Terdapat juga beberapa hewan yang hidup sehingga membuat tempat wisata ini juga menjadi salah satu tempat wisata di Jakarta Timur yang paling diminati.

Baca juga: 12 Tempat Wisata di Jakarta Terpopuler

10. Museum Asmat
Museum ini didirikan dari gagasan Ibu Tien Soeharto. Tujuan didirikannya museum Asmat ini adalah untuk melestarikan serta mengomunikasikan hasil karya anak bangsa Indonesia yang mengagumkan agar bisa di nikmati oleh masyarakat dunia. Tentu tempat wisata ini bisa menjadi salah satu tujuan wisata anda saat berkunjung ke Jakarta Timur.

Posting Komentar untuk "10 Tempat Wisata di Jakarta Timur yang Wajib Anda Kunjungi"