Menikmati Indahnya Sunset di Pantai Drini, Jogja

Menikmati Indahnya Sunset di Pantai Drini, Jogja - Tak salah jika dikatakan Daerah Istimewa Yogyakarta merupakan tempat yang selalu membuat para wisatawan terasa ingin datang kembali. Sebagai daerah yang kaya akan budayanya, Yogyakarta juga mempunyai banyak pantai indah yang tersembunyi.

Gunungkidul, adalah salah satu lokasi yang menyimpan banyak pantai indah nan eksotis. Sampai saat ini Gunungkidul adalah lokasi wisata favorit pengunjung yang ingin menghabiskan waktu liburan di pantai bersama kerabat terdekat. Ya, salah satu pantai menarik yang ada di Gunungkidul yaitu Pantai Drini.

Lokasi Pantai Drini
Indahnya Pantai Drini
Indahnya Pantai Drini
Pantai Drini berada di Desa Banjarejo, Kec. Tanjungsari, Gunungkidul, Jogja. Pantai Drini ini tepat berada di sebelah timur Pantai Baron. Apabila dari pusat kota Yogyakarta, jarak tempuh untuk bisa sampai ke Pantai Drini sekitar 60 km dengan lama waktu perjalanan sekitar 2 - 3 jam.

Baca juga: 7 Tempat Wisata di Jogja yang Terkenal

Akses Menuju Pantai Drini
Pantai Drini
Pantai Drini
Bagi Anda yang berasal dari luar Daerah Istimewa Yogyakarta, Anda bisa melakukan perjalanan udara menggunakan maskapai penerbangan. Atau bisa juga menggunakan jalur darat dengan kereta api.

Jika dari pusat kota Yogyakarta, Anda bisa mengambil rute Yogyakarta – Wonosari. Setibanya di Wonosari pilih jalur menuju Mulo. Dari pertigaan Mulo Anda jalan lurus saja menuju ke arah Pantai Baron. kurang lebih 1 km sebelum Pantai Baron akan ada pertigaan. Dari situ pilih lajur kiri menuju ke arah Pantai Drini.

Disarankan bagi Anda yang dari luar kota, ada baiknya menyewa mobil atau menyewa motor karena tidak ada transportasi umum yang mampu menjangkau wisata pantai Drini kecuali bus dari jurusan Yogyakarta – Wonosari. Tentunya dengan menyewa mobil atau motor, Anda juga lebih bisa nyaman dalam melakukan perjalanan.

Keistimewaan Pantai Drini
Keistimewaan Pantai Drini
Keistimewaan Pantai Drini
Pantai Drini adalah salah satu pantai yang istimewa di kalangan pantai di Gunungkidul karena pantai ini mempunyai sebuah pulau kecil yang berada di tengah-tengah pantai. Dengan adanya pulau ini membagi Pantai Drini menjadi 2 bagian, yaitu di sisi timur pantai yang lebih tenang dan di sisi barat pantai yang lebih garang. Hal ini membuat Pantai Drini seolah memiliki kepribadian ganda.

Baca juga; 6 Tempat Wisata Terkenal di Gunungkidul

Di sisi timur pantai akan ada barisan tebing yang berdiri kokoh seperti benteng yang menghadang ombak serta dipadukan dengan keindahan pulau karang. Batu karang yang kokoh dan menjulang membuat perairan pantai di sisi timur ini lebih tenang sehingga memungkinkan Anda bisa berenang dan mandi di laut asin yang hangat.

Sementara di sisi barat Anda dapat melihat jajaran perahu nelayan yang pulang dari berlayar mencari ikan. Di sisi barat ini ombaknya jauh lebih besar dan dijadikan jalur bagi para nelayan untuk melaut. Ketika siang hari, Anda bisa menikmati pemandangan banyak nelayan yang sedang menebar jaring ke laut.

Nah, pada bagian tengah pantai yang merupakan jalur untuk menuju Pulau Drini akan terdapat kumpulan pasir berwarna hitam yang sangat halus berpadukan dengan putihnya pasir pantai Drini. Menurut beberapa penelitian, pasir hitam ini adalah pasir yang berasal dari sungai bawah tanah yang bermuara di Pantai Drini.

Karena pulau ini banyak ditumbuhi oleh santigi (Pemphis acidula) oleh masyarakat sekitar tumbuhan ini biasa disebut Drini. Dan akhirnya pantai ini diberi nama Pantai Drini. Ketika air pantai mulai surut Anda bisa berjalan-jalan menyusuri pantai ke arah pulau lalu menaiki tangga untuk sampai diatas tebing pulau. Anda bisa melihat pemandangan keseluruhan dari pantai ini dari ketinggian tebing ini. Namun sayang, tumbuhan Drini disana sudah jarang lagi ditemukan.

Kegiatan yang Bisa Dilakukan di Pantai Drini
Pemandangan Pantai Drini yang Indah
Pemandangan Pantai Drini yang Indah
Anda bisa berjalan kaki menyusuri sisi timur pantai untuk melihat laut yang didalamnya terdapat koleksi aneka biota laut yang indah. Ada beberapa spesies ikan yang bisa ditemui di sini seperti Jambrong, Goby Pasir dan Sergeant Major yang saling berkejaran dan bersembunyi di sela-sela terumbu karang.

Karena ombaknya yang relatif tenang, di sisi timur pantai ini juga bisa Anda gunakan untuk mandi air laut hangat atau berenang bersama teman dan kerabat. Pastinya akan sangat mengasyikkan berenang di laut sambil menatap pemandangan langit biru yang luas.

Bagi Anda yang tidak ingin berenang, jangan khawatir, Anda bisa menikmati gulungan ombak dan birunya langit di gazebo yang sudah disediakan oleh pihak pengelola. Duduk-duduk dan bersantai di bawah gazebo sembari menikmati pemandangan langit biru dan minum es kelapa muda adalah cara refreshing yang jarang bisa didapatkan di tempat lain. Namun, untuk bisa menggunakan gazebo ini Anda harus membayar biaya sewanya yaitu seharga Rp 10.000,-.

Salah satu pemandangan yang sayang untuk dilewatkan dari Pantai Drini adalah sunrise (matahari terbit). Bahkan di Pantai Drini sudah disediakan gardu khusus untuk para wisatawan yang ingin menikmati matahari terbit tersebut. Disarankan bagi Anda yang ingin melihat pemandangan langka ini untuk menginap. Ada beberapa pilihan penginapan yang bisa digunakan untuk tempat bermalam.

Tak hanya itu, Anda juga bisa membeli makanan di warung-warung yang ada di tepi pantai. Biasanya menu makanan yang disediakan adalah berupa aneka olahan seafood dengan harga yang relatif terjangkau untuk semua kalangan. Terdapat juga tempat khusus bagi Anda yang ingin memasak seafood sendiri.

Karena Pantai Drini ini terbilang masih alami, sebaiknya Anda juga ikut menjaga kebersihannya caranya dengan tidak membuang sampah sembarangan. Oleh karena itu, bawalah kantong plastik sendiri yang khusus untuk membuang sampah. Selamat berlibur.

Posting Komentar untuk "Menikmati Indahnya Sunset di Pantai Drini, Jogja"