5 Tempat Wisata Di Baturaden Paling Menarik

5 Tempat Wisata Di Baturaden Paling Menarik - Semarang dan Yogyakarta adalah kota yang terkenal dengan destinasi wisatanya yang favorit di kalangan wisatawan. Kedua kota tersebut masih kental akan lokasi bersejarah serta wisata budaya yang sangat menarik. Tak hanya kedua kota ini, di Jawa Tengah juga terdapat lokasi - lokasi wisata yang tak kalah menarik untuk dikunjungi, salah satunya adalah Baturaden.
Wisata Di Baturaden
Wisata Di Baturaden
Baturaden merupakan obyek wisata yang menawarkan keindahan panorama dari air terjun, perahu dayung, mini-train, dan juga kolam renang. Membahas tentang asal usul nama Baturaden sendiri, nama ini diambil dari sebuah legenda yang menceritakan tentang sepasang kekasih bernasib sial, seorang wanita bangsawan (Raden) dan seorang lelaki pelayan (Batur). Baturaden berada sekitar 14 Km utara kota Purwokerto. berlokasi lebih kurang 640 meter diatas permukaan laut dan 6 Km dari puncak Gunung Slamet, Kab. Banyumas, provinsi Jawa Tengah,

Baca juga: 10 Daftar Tempat Wisata di Jawa Tengah dan Sekitarnya

Akses Menuju Baturaden
Air Terjun Baturaden
Air Terjun Baturaden
Untuk menuju lokasi wisata ini, Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi, menyewa mobil, menggunakan taksi atau menggunakan transportasi umum lainnya. Jika menggunakan transportasi umum, Anda bisa naik angkutan kota mulai dari terminal Purwokerto jurusan Baturaden. Lalu turun di terminal lokawisata Baturaden. Jarak tempuh menuju Baturaden sekitar 15 Km dari kota Purwokerto, hanya membutuhkan waktu 15 menit apabila jalanan tidak sedang padat. Sebaiknya Anda lebih berhati-hati jika menggunakan kendaraan pribadi, sebab banyak jalanan yang menanjak dengan tingkat kemiringan 30 derajat.

Lokasi di Baturaden yang Menarik
Lokasi di Baturaden yang Menarik
Lokasi di Baturaden yang Menarik
Lokasi Baturaden sangatlah sejuk karena letaknya di lereng Gunung Slamet, tak heran saat liburan atau weekend banyak sekali di datangi pengunjung. Banyaknya jumlah wisatawan membuat pihak pengelola harus menyediakan berbagai fasilitas, diantaranya seperti penginapan, hotel dan camping ground.

Baca juga: 6 Tempat Wisata Terkenal di Gunung Kidul Jogjakarta

Berikut adalah beberapa lokasi wisata menarik di Baturaden yang patut Anda kunjungi:

1. Pancuran Pitu dan Pancuran Telu Baturaden
Pancuran Pitu Baturaden
Pancuran Pitu Baturaden
Pancuran Pitu dan Pancuran Telu Baturaden adalah sebuah pemandian air panas yang didalamnya mengandung belerang yang dipercaya bisa menyembuhkan segala penyakit. Suhu air di pemandian ini antara 60 hingga 70 derajat Celcius.

Pancuran Pitu dan Pancuran Telu Baturaden merupakan salah satu lokasi wisata terfavorit di Baturaden. Selain berendam sambil menikmati pemandangan pegunungan, Anda juga dapat merasakan pijat sulfur hanya dengan membayar 7.500 Rupiah saja tiap 15 menit.

2. Telaga Sunyi
Telaga Sunyi
Telaga Sunyi
Telaga Sunyi merupakan sebuah mata air yang jernih. dingin dan segar yang berada di pusat wisata Baturaden. Pengunjung yang datang ke telaga ini dilarang berenang atau mandi. Larangan ini memang sengaja diberlakukan untuk menjaga keselamatan para wisatawan.

3. Bumi Perkemahan

Selain terdapat pemandian air panas dan telaga, Baturaden juga memiliki bumi perkemahan atau camping ground yang seringkali digunakan sebagai lokasi outbond. Di tahun 2001, lokasi camping ground ini pernah digunakan sebagai lokasi Jambore Nasional Gerakan Pramuka.

4. Kaloka Widya Mandala
Kebun Raya Baturaden
Kebun Raya Baturaden
Kaloka Widya Mandala adalah sebuah kebun binatang yang juga difungsikan sebagai wisata edukasi. Di tempat ini terdapat berbagai spesies binatang berasal dari dalam maupun luar negeri, seperti ayam kate, ayam mutiara, cendrawasih, kelelawar, gajah, orang utan, elang, beruk, buaya, kaswari, rusa, ular, monyet, landak, sapi kaki lima, iguana, kambing kaki tiga dan satwa langka yang lainnya. Kaloka Widya Mandala diresmikan pada tanggal 17 mei 1995 oleh Bupati Kepala Daerah Tingkat II Banyumas bernama H. Djoko Sudantoko

5. Teater Alam Baturaden
Teater Alam Baturaden
Teater Alam Baturaden
Teater Alam Baturaden adalah salah satu lokasi wisata paling menarik karena Teater Alam Baturaden adalah sebuah bioskop berbentuk pesawat jenis Foxer 28 milik Garuda Indonesia, yang berdiri di atas tanah dengan luas 600 meter, tepat berada di samping pintu masuk lokawisata ini.

Bioskop ini tidak menayangkan film layar lebar atau menayangkan film Hollywood , akan tetapi menayangkan tentang alam dan juga budaya Indonesia, seperti halnya film cerita budaya TMII, tragedi tsunami, atau peristiwa Gunung Merapi. Durasi film ini berdurasi sekitar 10 hingga 15 menit. Untuk bisa masuk ke teater ini, Anda cukup mengeluarkan uang Rp 5.000 saja.

Posting Komentar untuk "5 Tempat Wisata Di Baturaden Paling Menarik"